Panselnas.Menpan.Go.Id ~ Panitia CPNS itu Panselnas dan Situs resmi Panselnas merupakan subdomain dari Menpan yang beralamat di Menpan.Go.Id dan disini kami akan coba jelaskan secara singkat langkah mudah dalam melakukan pendaftaran CPNS 2016 maupun pengumuman CPNS 2016 bagi yang masih bingung melakukannya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah percaya terlebih dahulu bahwa pendaftaran online yang akan dilakukan merupakan hal mudah untuk dilaksanakan karena disini akan diberikan 5 langkah mudah yang dimaksud agar pengunjung semua mudah dalam memahaminya.

Secara garis besar pendaftaran CPNS online 2016 di Panselnas.menpan.go.id hampir sama seperti dulu kala mendaftar tes masuk PTN online, tentu masih ingat caranya bukan? Namun yang membedakan cara pendaftaran keduanya adalah situs online tempat mendaftar dan juga tahapan dalam mendaftar.

cpns 2016


Jika dalam tes pendaftaran masuk PTN itu hanya dilakukan di satu website saja maka perlu diketahui bahwa dalam pendaftaran tes CPNS 2016 di Panselnas.menpan.go.id itu ada 2 tahap yang harus dilalui, apa sajakah itu? Perhatikan penjelasannya hingga selesai.

Info terbaru : Rincian formasi CPNS 2016

Adapun 5 Langkah Mudah Pendaftaran CPNS di Panselnas.Menpan.Go.Id secara ringkasnya sebagai berikut.
  1. Registrasi awal untuk dapatkan username dan password di Regpanselnas.menpan.go.id
  2. Login di web SSCN.BKN.go.id menggunakan username dan password tersebut.
  3. Ikuti prosedur pendaftaran secara benar hingga cetak kartu tanda registrasi online.
  4. Melengkapi berkas dan pengiriman via kantor pos.
  5. Verifikasi kelulusan data oleh BKD tempat mendaftar.
Nah jika sampai disini sudah mengerti tentang langkah mudah dalam melakukan pendaftaran online tes CPNS 2016 mulai dari di website online Panselnas.menpan.go.id hingga selesai, namun jika dirasa masih kurang maka kami jelaskan lebih lanjut dibawah.

Selain pendaftaran CPNS maka di website Panselnas.menpan.go.id juga merupakan tempat pengecekan pengumuman kelulusan online CPNS 2016 tentunya setelah pelaksanaan ujian tes CPNS dengan sistem CAT selesai dilaksanakan di seluruh daerah penyelenggara tes CPNS 2016.

Cara cek pengumumuman kelulusan CPNS 2016 di website Panselnas.menpan.go.id maupun di sscn.bkn.go.id berbeda dengan cara pendaftaran online CPNS 2016 karena untuk mengetahui apakah kita lulus atau tidak tinggal login menggunakan username dan password yang telah terdaftar.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat pengumuman CPNS keluar adalah pastikan terlebih dahulu bahwa sebelumnya masuk passing grade karena daftar nama yang akan keluar dalam pengumuman CPNS adalah nama-nama pemilik ranking teratas sesuai dengan jumlah formasi yang dibutuhkan dari setiap jurusan yang dibuka dalam tes seleksi CPNS 2016.

Kami rasa untuk cek pengumuman CPNS 2016 tidaklah terlalu sulit dan seperti janji di awal tadi bahwa kami akan berikan penjelasan lebih lanjut mengenai pendaftaran CPNS 2016 dalam 5 langkah mudah yang dijelaskan diatas adalah sebagai berikut.

1. Registrasi awal di Regpanselnas.menpan.go.id

Hal pertama yang harus dilakukan adalah langsung mengunjungi Regpanselnas.menpan.go.id, setelah terbuka akan tampil beberapa kolom isian yang harus diisi oleh peserta yakni NIK atau nomor induk KTP Nama lengkap, email, tempat lahir, tanggal lahir, Instansi, password, comfirm password, kode sekuriti, input kode sekuriti.

Isi saja semua kolom dengan data identitas diri yang benar lalu lakukan pengecekan sedikitnya sekali untuk memastikan semua data adalah benar kemudian lanjut ke pengisian kode sekuriti dalam form input yang ada dan langkah terakhir adalah klik tombol kirim.

Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah password yang didaftarkan haruslah mudah diingat bila perlu boleh disamakan dengan password yang biasa digunakan karena jika sampai lupa akan mengganggu pendaftaran online CPNS di tahap berikutnya.

2. Pendaftaran tahap kedua di web SSCN.BKN.go.id

Ini merupakan lanjutan dari poin pertama setelah mendapatkan username (nomor KTP/identitas diri) dan password melalui email setelah pengiriman data pada perdaftaran awal maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah login di web BKN yang beralamat di sscn.bkn.go.id menggunakan username dan password tersebut.

Setelah berhasil masuk ke halaman pendaftaran maka pengunjung akan menemukan isian formulir yang lebih banyak jika dibandingkan pada web regpanselnas.menpan.go.id dan kesemua kolom dalam formulir pendaftaran di SSCN BKN harus juga diisi dengan benar demi kelancaran hingga pelaksanaan ujian tes CPNS yang diikuti.

Mengenai kejelasan lebih lanjut silahkan langsung menuju website resminya sscn.bkn.go.id dan disana akan ada banyak kolom isian data yang tentunya tak begitu sulit diisi hanya saja sebagai pedoman sebaiknya sebelum melakukan pengisian data sebaiknya menggunakan ijazah lulusan terakhir.

3. Cetak kartu tanda registrasi online CPNS

Jika tahapan poin 2 telah dilaksanakan dengan baik kemudian calon peserta akan diberikan pilihan daerah tempat tujuan pendaftaran CPNS, dan pada akhir bagian pendaftaran terakhir adalah cetak kartu tanda registrasi pendaftaran CPNS 2016.

Berhasil dicetaknya kartu tanda registrasi online ini maka berhasil juga pendaftaran tahap online yang dilakukan oleh calon peserta tes CPNS 2016. Dan tinggal 2 langkah lagi untuk menyelesaikan pendaftaran CPNS 2016 secara sempurna.

4. Kirim berkas Pendaftaran CPNS via Kantor Pos

Sebelum pengiriman via kantor pos yang merupakan hampir tahap akhir dalam menyelesaikan pendaftaran CPNS 2016 secara keseluruhan yang perlu dan wajib dipersiapkan adalah kelengkapan berkas tes CPNS.

Dalam berkas yang harus disiapkan ini disesuaikan dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenpan & RB untuk daerah masing-masing karena setiap daerah akan berbeda persyaratan satu sama lain.

Persyaratan yang berbeda itu merupakan persyaratan khusus sedangkan persyaratan umum di semua daerah adalah sama, lebih lanjut mengenai persyaratan umum maupun persyaratan khusus ini telah dituliskan pada ulasan sebelumnya.

Adapun alamat yang harus dituju oleh calon peserta tes CPNS 2016 adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat dengan jangka waktu penutupan sesuai dengan pengumuman pendaftaran yang telah keluar sebelumnya.

Lihat juga : Bukaan CPNS 2016

5. Verifikasi kelulusan data

Berkas yang telah diserahkan ke BKD melalui kantor pos akan diperiksa oleh panitia penyelenggara tes untuk di verifikasi kelulusan datanya untuk diputuskan apakah lulus sebagai peserta tes CPNS 2016 ataukah tidak.

NB :
Jika dalam pelaksanaan pendaftaran ada terdapat kesalahan baik itu penulisan NIK dan yang lainnya namun terlanjur terkirim maka bisa lapor ke email panselnas@menpan.go.id  untuk bisa melakukan perbaikan data.

Hal lain yang tak kalah pentingnya bahwa momen tes CPNS kerap digunakan oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan dengan melakukan penipuan bisa mengatasnamakan panitia seleksi dengan iming-iming bisa meluluskan menjadi PNS dengan syarat sejumlah uang.

Lihat juga info passing grade atau ambang batas nilai CPNS 2016.
Description
: Panselnas.Menpan.Go.Id Langkah Mudah Pendaftaran CPNS dan Akses Pengumuman
Rating
: 4.5
Reviewer
: sinyubi
ItemReviewed
: Panselnas.Menpan.Go.Id Langkah Mudah Pendaftaran CPNS dan Akses Pengumuman