CPNS Honorer K2 ~ Ini Jadwal CPNS Honorer K2 diangkat Menjadi CPNS 2017/2018|| berikut info pengangkatan honorer k2 menjadi CPNS terbaru 2017/2018 | Kabar gembira mengenai hasil demo pada honorer K2 beberapa waktu yang lalu berhasil memaksa Menpan mengeluarkan keputusan yang menguntungkan tenaga honorer karena seperti yang diharapkan semua tenaga honorer K2 akan diangkat sebagai CPNS secara bertahap mulai 2016 hingga tahun 2019 yang akan datang.

honorer k2

Info Honorer K2 Terbaru 2017/2018

Nah memang permasalahan honorer k2 ini cukup pelik, selain jumlahnya yang banyak demikian juga pengangkatannya secara otomatis akan bebenturan dengan UU ASN sejak peraturan itu disahkan, namun saat ini ada kabar yang cukup menyegarkan bagi tenaga honorer k2 karena di tahun 2017 UU ASN akan direvisi.

Malah ini bukan sekedar wacana melainkan prosesnya tengah berjalan bahkan kini sudah masuk pada proses pengesahan yang sebelumnya sudah disetujui DPR, selengkapnya di Revisi UU ASN disetujui tapi belum disahkan.

Lalu apa keunutngannya bila Revisi UU ASN ini disahkan? Poin pentingnya adalah honorer k2 bisa diangkat menjadi CPNS tanpa tes, ya kembali ke tempo dulu saat tenaga honorer diangkat secara besar-besar dan saat UU ASN belum diberlakukan.

Baru-baru ini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengajukan usul inisiasi untuk merevisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Arif Wibowo menyebut revisi ini adalah kabar gembira bagi pegawai honorer.

"Jadi begini, poin terpenting perubahan ini adalah, pertama, untuk menyelesaikan urusan tenaga honorer, PTT (pegawai tidak tetap), harian lepas, dan lain sebagainya. Pegawai yang bekerja di instansi pemerintah yang di atas 5 tahun yang statusnya tidak jelas diharapkan problem tersebut selesai," ujar Arif saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (20/12/2016).

Sebelumnya, aturan mengenai PNS mengacu pada UU Pokok Kepegawaian No 43 Tahun 1999. Kemudian aparatur sipil negara diatur lebih spesifik dalam UU ASN No 5 Tahun 2014.

"Memang honorer sejak dahulu menjadi pijakan untuk menjadi PNS, tetapi pemerintah melakukan rekrutmen dengan mekanisme tes yang di luar kemampuannya," imbuh Arif.

Menurut dia, mekanisme tes yang selama ini dilakukan tak sesuai dengan posisi pegawai honorer tersebut. Sehingga sudah hampir pasti pegawai honorer kesulitan lulus tes.

"Untuk mentransformasikan mereka jadi PNS tanpa perlu tes. Semua orang bertanya, kenapa enggak perlu tes? Kalau tesnya seperti kemarin, sudah pasti mereka enggak lulus. Sebagian akan pensiun. Karena itu, negara harus menghargai jerih payah mereka, bahwa itu kesalahan masa lalu, aspek yang lain, negara harus hormati," ungkap Arif.

Arif juga berpendapat bahwa keunggulan para pegawai honorer itu sebetulnya adalah kesetiaan mereka untuk mengabdi. Sehingga tak perlu tes untuk menjadikan mereka sebagai PNS.

"Mereka kan mengabdi sudah lama, bahkan ada yang sudah hampir memasuki masa pensiun," kata Arif. Info terbaru CPNS 2017 tentang revisi UU ASN silahkan Lihat Jadwal Terbaru Honorer K2 2017.

Dalam draf revisi UU ASN yang diperoleh detikcom, memang tak disebutkan secara rinci soal mekanisme tes. Di situ hanya disebutkan bahwa pemerintah harus mengangkat pegawai honorer jadi PNS dalam Pasal 131A sebagai berikut:

Pasal 131A


(1) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak yang bekerja terus-menerus dan diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan tanggal 15 Januari 2014, wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 90.

(2) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi data surat keputusan pengangkatan.

(3) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama dan bekerja pada bidang fungsional, administratif, pelayanan publik antara lain pada bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, dan pertanian.

(4) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan mempertimbangkan masa kerja, gaji, ijazah pendidikan terakhir, dan tunjangan yang diperoleh sebelumnya.

(5) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak diangkat menjadi PNS oleh pemerintah pusat.

(6) Dalam hal tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak, tidak bersedia diangkat menjadi PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus membuat surat pernyataan ketidaksediaan untuk diangkat sebagai PNS.
Update terbaru untuk honorer k2 adalah audiensi atau pertemuan dengan Menpan, info cek link di bawah ini (baca juga info penting lain hingga selesai).
Sebanyak 440 ribu pegawai baru akan memenuhi tempat yang kosong di setiap instansi berasal dari tenaga honorer k2 selanjutnya bagaimana mengenai prosedur pengangkatan jalur khusus honorer k2 ini serta kapan dimulai jadwal CPNS honorer K2 tahun 2017/2018 maka disini cpns2016.com coba menemukan informasi terbaru dan hasil pencarian akan dituliskan secara singkat disini dalam "Ini Jadwal CPNS Honorer K2 diangkat Menjadi CPNS 2017/2018".

cpns honorer k2


Pengangkatan CPNS Honorer K2 secara bertahap akan menimbulkan persaingan

Sesuai dengan keputusan Menpan yang telah keluar ditambah pertimbangan banyaknya jumlah tenaga Honorer K2 yang akan diangkat maka secara bijak pengangkatan akan dilaksanakan secara bertahap mulai dari tahun 2016 hingga 2019 artinya pada bukaan CPNS 2016 yang akan datang akan berlangsung beberapa jenis formasi yakni CPNS pelamar umum 2016 dan juga CPNS tenaga honorer K2 2016 dan khusus jalur Honorer K2 2016 akan belangsung cukup ketat, tentu semua ingin menjadi CPNS secepatnya, lalu bagaimana prosedur pengangkatannya itu?

Pertimbangan lainnya bahwa tenaga honorer K2 akan diangkat sebagai CPNS 2016 langsung tanpa syarat itu karena memang jasa pengabdian para honorer ini sudah banyak baik di instansi maupun lainnya dan masing-masing dibedakan berdasarkan masa kerja, silahkan cek Info lengkapnya atau bisa masuk ke Pendaftaran.

Kemungkinan lain yang bisa diutamakan adalah umur dari tenaga honorer K2 tersebut karena yang sudah berusia lebih dari 35 tahun akan diprioritaskan dibandingkan dengan tenaga honorer K2 yang masih muda oleh karena itu ada syarat-syarat khusus agar bisa menjadi CPNS melalui jalur honorer K2 tahun 2016, simak terus infonya di cpns2016.com

Prosedur CPNS Honorer K2 dari awal hingga diangkat

Saat ini pihak yang berwenang mengangkat tenaga honorer K2 maupun pihak terkait lainnya tengah fokus menyelesaikan teknis pengangkatan semua honorer ini yakni mulai dari tata cara dan prosedur pengangkatan hingga penyelesaian proses pengangkatan keseluruhan tenaga honorer K2.

Berikut pernyataan Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpan & RB pada 16 September yang lalu kepada GoRiau :
"Sekarang kita akan menggodok road map dulu, baru setelah itu perumusan landasan hukum dan verifikasi harus dilakukan."
Artinya di bulan September hingga Oktober Kemenpan & RB tengah menggodok road map untuk CPNS Honorer K2 terlebih dahulu, apa itu road map? Road map bisa diartikan sebagai penyusunan rincian rencana kerja hingga mencapai tujuan yang dalam hal ini adalah rencana mengenai pengangkatan CPNS Honorer K2 mulai tahap pertama di tahun 2016 hingga nanti tahap akhir pada tahun 2019 yang akan datang, cek prosedur lainnya di Lowongan Kerja CPNS.

Jika road map ini bisa diselesaikan secepatnya maka selanjutnya adalah melakukan perumusan hukum sebagai dasar pertimbangan pengangkatan CPNS melalui jalur honorer K2 ini baru dilanjutkan dengan verifikasi terkait pengesahan rencana yang akan dilakukan.

Jadwal dan Waktu dimulai Pengangkatan CPNS jalur HONORER K2

Pebukaan CPNS jalur Honorer K2 baru bisa dimulai jika proses verifikasi yang telah dijelaskan diatas sudah selesai dilaksanakan, artinya pemberkasan paling cepat dimulai pada bulan November dan Desember 2015 nanti sedangkan NIP akan keluar pada bulan Januari 2016 termasuk gaji pertama yang diterima oleh CPNS Honorer K2 yakni 80% dari gaji pokok 100% sebagai PNS karena statusnya masih CPNS.

Untuk gaji CPNS yang diangkat dari jalur honorer K2 akan dimasukkan dalam RAPBN 2016 sehingga jika tidak ada halangan tenaga honorer K2 sudah mulai menerima gaji di bulan Januari 2016 kalaupun ada diangkat sebelum waktu tersebut misalnya bulan November maupun Desember maka baru bisa memperoleh gaji mulai awal tahun 2016.

Hingga saat ini pengangkatan itu masih terkendala dengan mana saja yang perlu diangkat terlebih dahulu karena proses pengangkatan CPNS honorer K2 yang berjumlah total 440 ribu orang itu dilakukan secara bertahap, keputusan itu akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Dan jika semua bisa berjalan lancar maka jadwal rencana tenaga honorer K2 diangkat menjadi CPNS adalah sebagai berikut.
  • Bulan September - Oktober 2015 : Penyusunan road map oleh Kemenpan & RB
  • Bulan Oktober 2015 : Perumusan Landasan hukum dan Verifikasi
  • Bulan November - Desember : Sudah mulai pengangkatan di beberapa daerah untuk Honorer K2 terpilih.
  • Bulan Januari 2016 : NIP dan Gaji pertama keluar. Bisa langsung cek jadwal CPNS.
Namun sayang tampaknya rencana diatas tidak bisa terwujud bahkan kini kabaranya tidak ada tes CPNS 2016. Isu terbaru yang tengah marak beredar adalah tentang akan diadakannya demo lagi oleh Honorer K2 tanggal 10 Februari mendatang, benarkah demikian? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Description
: Ini Jadwal CPNS Honorer K2 diangkat Menjadi CPNS 2017/2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: sinyubi
ItemReviewed
: Ini Jadwal CPNS Honorer K2 diangkat Menjadi CPNS 2017/2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.