CPNS2016.com ~ sscn.bkn.go.id ~ Pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id | Info terbaru CPNS 2017 mengenai jadwal pendaftaran di bulan Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember, lebih lanjut untuk semua bukaan tahun ini yang memang menjadi buruan oleh banyak orang, oleh karenanya simak berita itu secara lengkap disini dalam Pendaftaran CPNS 2017 Penjelasan Cara Login sscn.bkn.go.id dan Permasalahan NIK.

~~ Penerimaan CPNS 2017 resmi dibuka, situs SSCN BKN aktif Mulai 1 Agustus 2017, Pukul 10.00 WIB hingga 31 Agustus 2017 pukul 16.00 WIB ~~


Kabar gembira, akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba karena hari ini Menpan menyatakan akan membuka lowongan CPNS 2017 yang akan berlangsung mulai 01 - 31 Agustus 2017, situs resmi pendaftarannya ada sscn.bkn.go.id

Ada banyak pertanyaan terkait info website pendaftaran CPNS yakni sscn bkn yang sudah masuk ke waktu pendaftaran namun ternyata masih belum aktif, nah jawabannya adalah Pendaftaran Online CPNS di sscn.bkn.go.id Mulai Pukul 10.00 WIB Tgl 1 Agustus, seperti itulah yang dimuat oleh situs resmi BKN.

Sudah waktunya melakukan pendaftaran CPNS 2017

Akhirnya waktu yang ditunggu telah tiba dan kini tinggal melakukan proses pendaftaran online di situs pendaftaran CPNS yakni sscn.bkn.go.id agar bisa ikut dalam persaingan menjadi PNS 2017, namun sebelum melakukan pendaftaran ada mekanisme yang harus diikuti yakni, seperti yang tercantum pada gambar berikut.


Dari bagan tampak jelas bukan proses pendaftaran online CPNS 2017 di situs resmi sscn.bkn.go.id? Bila memang masih bingung mari simak penjelasan singkatnya sebagai berikut.

Dimulai dari :
    Langkah 1 adalah Akses situs sscn bkn atau kunjungi http://sscn.bkn.go.id/

Oh iya situs ini baru bisa diakses pada tanggal 1 Agustus mulai pukul 10.00 WIB jadi harap bersabar ya bila belum waktunya.

Langkah 2 adalah Simak informasi pendaftaran yang ada di situs lalu pilih menu "Pendaftaran" kemudian masukkan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga dan Pengisian alamat email yang aktif.

Ingat ya poin penting dari langkah kedua ini adalah Nomor NIK dan email aktif.

Langkah Ketiga, cek email untuk login di situs menggunakan username dan juga password yang diberikan oleh BKN melalui email.

Langkah Keempat adalah Pelamar mengisi biodata, memilih instansi dan memilih formasi sesuai dengan instansi.

Nah untuk langkah ini sebaiknya tentukan keputusan pemilihan formasi sebelum proses pendaftaran online sehingga pada saat pendaftaran berlangsung sudah bisa langsung lakukan pendaftaran CPNS hingga selesai.

Langkah terakhir adalah mencetak kartu peserta dari pendaftaran online SSCN BKN.

Info Tambahan cek 5 Poin Penting Pendaftaran CPNS

Penerimaan CPNS 2017 : Diutamakan untuk Lulusan Terbaik

Menjadi seorang PNS haruslah memiliki pengetahuan dan integensi yang tinggi. Dengan merekrut pegawai yang berintegen tinggi, maka sudah bisa dipastikan kinerja yang mereka lakukan akan lebih maksimal. Untuk beberapa PNS ditahun-tahun sebelumnya memang banyak terjadi kecurangan. Seperti cara masuknya saja yang tidak melalui tes CPNS yang resmi. Sebagian dari mereka melalui jalur sogokan yang juga dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, penerimaan Pegawai Negri Sipil ditahun ini hanya diperuntukkan untuk lulusan yang terbaik saja. Nah, bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS di tahun 2017 ini, maka anda haruslah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Dengan mempelajari berbagai ilmu dan pengatahuan, maka akan peluang untuk menjadi PNS akan lebih besar. Dengan begitu, anda akan lebih mudah tanpa ada rintangan yang berlebih.

Untuk pembukaan lowongan CPNS 2017 sendiri memang masih belum ditentukan secara resmi. Namun untuk prediksinya sudah mulai beredar dibeberapa media baik itu media formal maupun media non formal. Namun, anda perlu berhati-hati, karena tidak semua informasi yang disajikan oleh beberapa media itu benar adanya. Anda perlu mencari informasinya lebih detail di berbagai sumber, sehingga dari situ anda bisa mendapatkan informasi yang tepat seputar CPNS 2017 ini.

~~ Cek Langkah Pendaftaran Online CPNS ~~

Pengumuman Resmi CPNS 2017 Oleh Menpan

Berikut pernyaataan Menpan Terbaru tertanggal Selasa, 11 Juli 2017, yang membuka lowongan CPNS adalah CPNS MA 2017 dan juga CPNS Kemenkumham 2017, dengan jumlah hingga mencapai 19 orang yang bakal menjadi PNS.

"Formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri atas 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dalam konferensi pers di Jakarta.

Selain itu diberi juga kesempatan bagi yang berprestasi penyandang cumlaude semasa kuliah dulu, ini merupakan bukaan CPNS jalur khusus.

"Untuk lulusan cumlaude kuotanya sebanyak 468 orang, sedangkan putra dan putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang," jelas Asman.

Dia menjelaskan, formasi CPNS untuk MA berjumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam. Sedangkan formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari penjaga lembaga pemasayarakatan (lapas) hingga analis keimigrasian. Lihat Info CPNS Polsuspas 2017.

"Kuota untuk penjaga lapas mencapai 14.000, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer," ujar Asman.

Sedangkan untuk analis keimigrasian disiapkan 2.278 kursi bagi sarjana dari berbagai jurusan, antara lain hukum, sosial politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer dan bahasa asing.

Berdasarkan keterangan Kementerian PANRB, informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs :
  1. https://www.menpan.go.id, simak penjelasannya di Panselnas Menpan
  2. https://sscn.bkn.go.id, simak penjelasan SSCN BKN
  3. https://www.mahkamahagung.go.idCPNS Mahkamah Agung 2017
  4. http://badilum. mahkamahagung.go.id
  5. http://badilag.mahkamahagung.go.id
  6. http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
  7. http://cpns.kemenkumham2017.go.id, Simak di CPNS Kemenkumham
Berikut poin-poin penting dalam mengikuti seleksi CPNS 2017 :
Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1-31 Agustus.

Ketentuan Perencanan Jadwal CPNS Hingga Pengumuman

Meski belum ada jadwal resmi yang diumumkan oleh pemerintah mengenai pembukaan dan penerimaan CPNS 2017, namun untuk ketentuan perencanaannya memang sudah bisa diprediksikan. Pemprediksian ini ditentukan berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya. Jika memang Proses perencaan penerimaan CPNS tahun 2017 ini dilakukan mulai dari awal tahun dan akan dilaksanakan di akhir tahun, maka ketentuannya akan seperti dibawah ini. Simak informasi selengkapnya.

1. Bulan Januari hingga Maret 2017 : Akan dilakukan pengusulan formasi oleh daerah kepadan Menpan dan BKN.
2. Bulan April hingga Juni 2117 : Akan dilakukan proses verifikasi berdasarkan analisa jabatan masing-masing pegawai.
3. Bulan Juli 2017 : Akan dilakukan proses persetujuan jumlah formasi dan kuota di seluruh Indonesia.
4. Bulan Agustus hingga Desember : Akan dilaksanakan proses pelaksanaan tes CPNS 2017 dan juga pengumumannya.
5. Bulan Januari 2018 : Akan Dilaksanakan Proses Penerimaan NIP bagi para Pegawai Negri Sipil baru yang telah lulus tes  CPNS 2017.

Perencanaan ketentuan Jadwal CPNS 2017 diatas tentunya tidak bersifat pasti dan masih bisa berubah. Proses Penerimaan CPNS 2017 tidak selalu berjalan seperti tahapan yang telah dijabarkan diatas. Halini dikarenakan, untuk tahun 2017 penerimaan CPNS berdasarkan kebutuhan dimasing-masing daerah saja. Sebelum diadakan penerimaan CPNS 2017 nanti, terlebih dahulu akan dilakukan pendataan jumlah pegawai pensiun di seluruh indonesia. Setelah itu, baru penyesuaian penerimaan pegawai baru akan ditentukan. Jika, proses ini bisa berjalan lebih cepat, maka kemungkinan besar pembukaan lowongan CPNS baru akan segera di lakasanakan.

Untuk bisa mengetahi bagaimana informasi lebih lanjut menganai penerimaan CPNS 2017 secara resminya, anda bisa menunggu informasi lebih lanjut dari kami. Jadi, jangan lupa sering mengecek beberapa postingan terbaru dari kami mengenai informasi seputar CPNS 2017.
Demikian tadi sedikit ulasan mengenai Penerimaan CPNS 2017 yang bisa kami sajikan untuk anda semua. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk anda mengenai CPNS 2017.

Persyaratan CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung

A). Dokumen persyaratan bagi Dokter Spesialis, Dokter dan Sarjana (S1) terdiri dari :
  • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam ( format Surat Lamaran dapat diunduh dilaman : http://sscn.bkn.go.id/ )
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
  • Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah Asli.
  • Surat pernyataan harus , diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam ( format Surat Lamaran dapat diunduh dilaman : http://sscn.bkn.go.id/ )
  • Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar)


Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : http://sscn.bkn.go.id/ dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d 31 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB)

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi adsministrasi dapat mencetak kartu tanda peserta ujian secara online melalui laman : http://sscn.bkn.go.id/ dimulai pada tanggal 6 September 2017 s.d 9 September 2017.
  
B). Dokumen persyaratan bagi lulusan D-III dan SLTA/Sederajat terdiri dari :
  • Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam ( format Surat Lamaran dapat diunduh dilaman : http://sscn.bkn.go.id/ )
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
  • Fotokopi Ijazah / STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah / STTB.
  • Fotokopi Ijazah SD, Ijazah SLTP, dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau Asli Surat keterangan dari kelurahan / kepala desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua Khusus untuk pelamat Putra/putri Papua dan Papua Barat.
  • Surat pernyataan harus , diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp.6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam ( format Surat Lamaran dapat diunduh dilaman : http://sscn.bkn.go.id/ )
  • Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman : http://sscn.bkn.go.id/ dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Pendaftaran Online dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 s.d 26 Agustus 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB)

Setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO.BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju (daftar PO.BOX terlampir).

Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat.

Setidaknya ada 2 poin yang akan dijelaskan secara lengkap disini dengan penerapan di kondisi lancar hanya butuh 5 menit saja, yakni :
  1. Cara Login di sscn.bkn.go.id Sampai Cetak Kartu Lengkap
  2. Cara Pengaduan NIK Bermasalah saat Mendaftar di sscn.bkn.go.id

Untuk itu silahkan simak informasi selengkapnya di bawah ini, baca detail untuk info yang lebih jelas, masing-masing akan disampaikan tahap demi tahap. Namun sebelumnya pastikan telah membaca info lebih lanjut tentang Pendaftaran CPNS 2017 dan mengunjungi situsnya Panselnas Menpan.

Cara Login di sscn.bkn.go.id Sampai Cetak Kartu Lengkap

Intro : Anda salah satu pelamar CPNS di KEMENKUHAM atau Mahkamah Agung, tapi belum mendaftarkan diri anda karena tidak tahu caranya? Simak cara login di sscn.bkn.go.id 

Jika anda berniat dan ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, anda harus segera menyiapkan data diri anda dan mengikuti seleksi administrasi bertaraf nasional yang diadakan secara online di sscn.bkn.go.id. Tetapi, jika anda belum bisa mendaftarkan diri anda karena belum paham, kami akan menyampaikan informasi lengkap kepada anda terkait pendaftaran online hingga cara log in di sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran diri berbasis online ini menjadi tahap awal seleksi yang disebut dengan seleksi administrasi yang harus anda lakukan. Seleksi administrasi ini bersifat terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia yang berminat dan ingin menjadi CPNS.

Simak info lainnya tentang Langkah Pendaftaran Online CPNS 2017, berikut info lanjutan mengenai Pendaftaran CPNS 2017 Penjelasan Cara Login sscn.bkn.go.id dan Permasalahan NIK.

Panduan Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar dan lengkap

Pendaftaran online CPNS secara online akan segera berakhir di bulan Agustus ini. Kesempatan anda sebagai CPNS bisa di raih terutama bagi yang masih bekerja secara honorer, maupun fresh graduate atau bagi siapapun yang berminat untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Seleksi CPNS menjadi langkah awal bagi anda agar dapat menjadi bagian karyawan pemerintahan secara resmi. Untuk memulainya, anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Jika anda belum mengetahui bagaimana Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar, maka kami disini akan membantu anda untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Berikut adalah panduan yang kami berikan dengan lengkap

1. Masuk terlebih dahulu ke portal pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

Sebagai pengantar, situs resmi tersebut akan menuntun anda kepada berbagai informasi yang anda butuhkan dalam proses pendaftaran CPNS. Beranda situs resmi tersebut juga akan langsung menampilkan berbagai fitur lengkap yang anda perlukan seperti pengumuman, jadwal dan persyaratan, alur pendaftaran, helpdesk dan pengaduan, Frequently Asked Question (FAQ) dan fitur lain yang anda butuhkan di beranda situs resmi CPNS tersebut.


2. Ketahuilah dengan lengkap Menu Login Yang Ada

Cara login di sscn.bkn.go.id terdapat di tampilan beranda. Letak fitur login berada di pojok kanan atas jika anda membuka situs resmi tersebut di computer atau laptop. Jika anda menggunakan handphone, anda dapat mengklik gambar yang menampilkan tiga garis yang bertumpuk disebelah pojok kanan atas. Lalu setelah anda klik, Letak login berada di bawah fitur call center. Baik di computer atau handphone, isi dari situs resmi tersebut tidak ada yang beda. Yang membedakan hanya tata letak fitur – fitur tersebut.

3. Mengisi data diri sebelum proses log in

Cara login di sscn.bkn.go.id akan diawali dengan mendaftarkan diri anda dihalaman pendaftaran. Anda tidak dapat melakukan proses log in, jika sebelumnya anda belum mendaftarkan diri anda. Di halaman beranda, anda bisa memilih menu pendaftaran. Halaman selanjutnya akan meminta anda untuk mengisi data diri. Di tahap ini, anda hanya mengisi data diri yang diperlukan agar anda mendapatkan akun yang kemudian bisa anda gunakan untuk memasuki aplikasi pendaftaran CPNS tersebut.
4. Melakukan Log in pertama kali

Jika anda sudah menyelesaikan mengisi data diri anda di halaman sebelumnya, maka anda sudah berhasil mendapatkan akun yang mencakup NIK dan password. Anda telah tercatat menjadi salah satu CPNS yang akan mengikuti seleksi administrasi. Setelah itu anda akan diarahkan ke pengisian form biodata peserta dan data lainnya menjadi tanda bahwa anda sudah terdaftar di database panitia untuk mengikuti pendaftaran CPNS. Jika anda tidak bisa melakukan proses log in, maka anda dapat mencocokkan kembali data diri anda yang berisi NIK dan password anda.

5. Pengisian form biodata peserta tahapan yang dilakukan setelah log in

Pada tahap ini, form biodata ini hadir untuk mengupload data diri anda sebagai pelamar CPNS. Anda harus megisi biodata diri anda dengan benar dan asli. Data diri pada tahap ini menampilkan nama, tempat dan tanggal lahir, email, dan lain sebagainya disesuaikan dengan data diri yang terpajang di ijazah dan ktp. Setelah itu, anda dapat meng klik tombol simpan untuk menyimpan data yang telah anda lengkapi sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah klik daftar.


Pengisian biodata pada saat pendaftaran, memang terlihat seperti berulang-ulang. Namun, jika anda lebih memahami dan teliti, data tersebut memiliki isi yang berbeda-beda. Data yang sebelumnya anda isi ditujukan ke alamat yang berbeda. Data sebelumnya akan dikirimkan kepada panitia penyelenggara CPNS. Namun, data biodata pelamar ini akan langsung dikirimkan ke instansi yang anda tuju. Instansi ini pun akan meminta data yang berbeda sesuai dengan yang dibutuhkan instansi tersebut. Silahkan Akses Formulir Pendaftaran Online CPNS 2017.

6. Memilih instansi yang terkait

Pemilihan instansi merupakan cara anda untuk memilih instansi mana yang anda minati ketika akan menjai CPNS. Instansi menjadi pilihan yang penting karena harus disesuaikan dengan minat dan keinginan anda. Dan perlu diingat oleh anda, anda dapat memilih instansi yang sudah membuka pendaftaran dan kesempatan memilih instansi hanya 1 kali dalam satu periode. Maka, jika anda ingin memilih instansi yang berbeda, anda dapat memilih instansi di periode yang berbeda. Setelah itu, akan ada notifikasi yang memberi tahu pada anda, bahwa anda dapat melanjutkan ke halaman portal selanjutnya. Jika anda mengalami kesalahan pada saat pengisian instansi, anda tidak bisa memperbaiki instansi mana yang anda minati.

7. Masuk ke halaman riwayat

Pada tahap ini, log in kembali dengan memasukkan NIK dan password seperti sebelumnya. Lalu, anda masuk ke halaman riwayat. Di halaman riwayat, anda akan diminta untuk mengupload dokumen dan foto diri anda. Kartu ujian hanya bisa dicetak jika anda telah dinyatakan lulus dengan verifikasi data anda serta menjadi tanda bahwa anda telah menyelesaikan tahap-tahap yang dilalui.

8. Terakhir adalah Cetak Kartu

Jika anda telah menyelesaikan form pendaftaran SSCN dengan benar, anda akan melanjutkan proses ke bagian cetak kartu. Tetapi jika anda belum menyelesaikan pengisian formulir, sebaiknya anda menunda terlebih dahulu untuk mencetak kartu yang akan digunakan di seleksi selanjutnya. Kartu yang akan anda cetak adalah salah satu bukti bahwa anda telah menyelesaikan berbagai tahapan administrasi yang diminta di situs sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran diri dan melakukan cara login di sscn.bkn.go.id menjadi langkah sangat penting sebagai CPNS dan menjadi langkah awal dalam mengikuti seleksi administrasi. Jika di suatu saat, ketika anda log in anda memiliki kendala atau hambatan seperti NIK tidak ditemukan, atau NIK tidak sesuai maka sebelum anda melakukan pengaduan, langkah yang lebih tepat adalah anda menelusuri di Frequentlys Asked Question. Dalam FAQ, biasanya memberikan informasi seperti kendala-kendala yang dihadapi pelamar saat melakukan pendaftaran atau log in. Tetapi jika anda tidak bisa menemukan jawaban, anda bisa melakukan pengaduan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga info yang kami berikan dapat membantu anda melakukan pendaftaran CPNS dengan lancar. Selamat berjuang ditahap selanjutnya dan semangat terus ya.

Cara Pengaduan NIK Bermasalah saat Mendaftar di sscn.bkn.go.id

Intro : Sudah daftar menjadi salah satu CPNS melalui perndaftaran online tapi anda terhadap NIK? lihat cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id

Bekerja di bagian pemerintahan dan ikut berkontribusi memberikan jasa untuk masyarakat menjadi tujuan bagi masyarakat Indonesia. Pada saat ini, sedang diberlangsungkan pendaftaran CPNS berbasis online hingga akhir agustus 2017 mendatang. Jika anda telah mendaftarakan diri anda di situs resmi pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id. Namun, suatu ketika anda sadar bahwa anda melakukan kesalahan karena tidak terlalu teliti atau tidak terlalu berhati-hati, sehingga menyebabkan kendala pada pengisian data terutama NIK, anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id. Anda dapat langsung bertanya atau melakukan pengaduan terkait kendala yang sedang Anda hadapi dengan sesegera mungkin.

Mekanisme lengkap  untuk cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id
Untuk melakukan langkah pengaduan NIK anda yang bermasalah tidaklah begitu sesulit yang anda bayangkan. Anda diharuskan mengikuti beberapa langkah administrasi ulang secara urut seperti ketika anda pertama kali melakukan pengisian formulir pendaftaran. Walaupun langkah yang harus disesuaikan tergolong cukup banyak, namun hal ini harus anda lakukan karena untuk mengkonfirmasikan kevalidan data yang anda input sebelum nantinya test CPNS ini akan berlangsung.

Mari cek secara seksama langkah-langkah berikut yang sudah kami siapkan untuk panduannya.

1. Buka terlebih dahulu website sscn.bkn.go.id 

Anda dapat membuka website resmi terlebih dahulu sebelum melakukan aduan karena terdapat kesalahan pada saat anda mendaftarkan diri. Lalu, website tersebut akan menampilkan beranda dan menampilkan fitur yang dibutuhkan oleh anda.

Jika anda sudah pernah masuk ke beranda, dan tidak bisa daftar atau log in, anda lebih baik memilih fitur Frequently Asekd Questions (FAQ). Namun, jika anda belum pernah mendaftarkan diri sebelumnya anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu.

2. Pilih menu Pendaftaran atau log in

Langkah kedua yang anda perlukan adalah masuk ke halaman pendaftaran atau log in. Jika anda memasuki halaman pendaftaran, anda akan langsung ditujukan kepada pengisian NIK, KK dan code captcha. Jadi anda log in dan harus memasukan NIK dan password anda yang telah didaftarkan sebelumnya.

Berbeda saat anda memilih log in. Jika anda memilih log in, halaman browser anda akan menampilkan permintaan data diri anda untuk mendapatkan akun agar bisa masuk ke aplikasi sscn.bkn.go.id. Anda tidak perlu khawatir jika anda sudah bisa log in menggunakan NIK dan password yang anda miliki. Biasanya, kendala permasalahan NIK atau KK yang tidak sesuai berada pada tahap awal atau pada saat pendaftaran.

3. Pengisian pada data awal

Tahap ini memang awal untuk dilakukan ketika anda belum mendapatkan akun. Biasanya pengaduan seperti ketidak cocokan NIK atau KK sering sekali terjadi pada saat para pelamar melakukan pendaftaran diri di awal. Anda harus melakukan pengisian data dengan benar, asli apa adanya dan dapat dipertanggung jawabkan. NIK, dan KK yang anda masukkan, akan disesuaikan dengan database kependudukan atau database catatan sipil Republik Indonesia. Jika ada pelamar diketahui telah melakukan kecurangan atau tidak mengisi dengan benar, maka akan dinyatakan gugur dalam tahap seleksi administrasi ini. Jadi pesan kami untuk anda ketika melakukan pengisian data haruslah yang kedua kami ini sudah benar dan sesuai dengan data anda.

4. Permasalahan Penyesuaian NIK atau KK yang tidak ditemukan

Saat anda melakukan pendaftaran namun terjadi kendala pada penyesuai NIK, maka anda harus mengecek ulang karena tidak bisa Nomor Induk dan KK tidak ditemukan didatabase yang dimiliki oleh panitia. Jika telah terjadi hal ini, cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id adalah memilih helpdesk dan bantuan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu anda dapat memilih tabel yang menunjukan adanya kendala seperti NIK atau KK tidak ditemukan atau data tidak sesuai.

Setelah anda memasuki halaman ini yang berasal dari fitur helpdesk dan pengaduan, dan juga anda telah memlih tables NIK atau KK tidak ditemukan, selanjutnya anda akan ditampilkan dengan memasukan kembali data diri yang diperlukan seperti Nomor induk kependudukan, Nama tempat tanggal lahir, nomor kartu keluarga yang sesuai dengan KTP anda saat ini. Dan terakhir adalah kode captcha.

5. Jika sudah berhasil dalam mengatasi kendala yang berhubungan dengan NIK atau KK

Setelah anda mengisi data – data yang sesuai di hepdesk, halaman browser anda akan menampilkan proses seleksi selanjutnya. Proses seleksi selanjutnya tidak berbeda dengan yang lainnya seperti mengisi data diri pelamar dan formulir pendaftaran sscn. Dalam tahap ini, kendala yang anda hadapi terkait NIK dan KK telah selesai di hadapi.

6. Kendala pada log in

Jika anda juga memiliki kendala pada saat login, hal yang dapat anda lakukan adalah mengecek ulang kartu informasi yang telah anda cetak dan berisi tentang info data diri anda di sscn. Anda akan melihat adanya perbedaan dari username tidak sesuai dengan username  yang berada didalam kartu ujian. Maka, anda harus mengisi data diri anda dengan benar sesuai dengan data diri yang telah anda daftarkan sebelumnya.

7. Menggali Lebih Jauh Frequently Asked Questions (FAQ)

Alangkah lebih baiknya anda lebih jauh lagi menggali menu FAQ yang sudah disediakan, anda dapat melihat berbagai pertanyaan dan jawaban yang biasanya dialami oleh para pelamar. Jika anda mengalami kendala, selain kendala NIK atau KK tidak ditemukan, atau kendala pada log in, anda dapat mencari pertanyaan dan jawaban sesuai dengan kendala yang anda alami seperti anda telah salah memilih instansi, atau anda ingin memperbaiki data yang sebelumnya anda daftarkan. Dalam FAQ ini semua jawaban terhadap kendala yang anda hadapi akan anda dapatkan.

8. Hubungi Call center jika kendala anda belum juga teratasi

Jika anda telah melakukan pengisian data kembali namun tetap halaman website tersebut menyatkaan bahwa NIK dan KK tidak ditemukan, maka anda dapat menghungi call center yang telah ditampilkan pada halaman call center. Situs tersebut menampilkan call center yang akan membantu anda menyelesaikan kendala jika anda tidak dapat menemukan jawaban yang ada dalam FAQ. Anda dapat menelponnya atau melakukan pengaduan melalui media sosial, whatsapp ataupun sms. Cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id bisa segera anda atasi dengan langkah ini.

Info Tambahan, bisa cek Alur Pendaftaran CPNS 2017

Tentunya cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id tidak sulit untuk dilakukan bukan? Pastinya terdapat berbagai cara untuk anda, jika anda mengalami kendala dalam NIK online CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id. Mengingat pentingnya pendaftaran cpns akan segera berakhir di bulan Agustus 2017, maka anda harus secara semaksimal mungkin dalam melakukan pendaftaran diri. Jadi, jika anda mengalami kendala, anda bisa langsung bertanya dan melakukan pengaduan kepada panitia CPNS. Semoga berhasil dan lancer dalam seleksi administrasi tersebut dan sukses untuk anda.
Description
: Sscn.bkn.go.id Cara Pendaftaran CPNS 2017 Online KumHAM dan MA Tgl 1-31 Agustus
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Sscn.bkn.go.id Cara Pendaftaran CPNS 2017 Online KumHAM dan MA Tgl 1-31 Agustus

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.