www.cpns2016.com | Kabar terbaru CPNS telah mulai terdengar bahkan sempat dikabarkan bahwa di tahun 2018 mendatang, pendaftaran CPNS dibuka untuk daerah disesuaikan dengan jumlah yang pensiun.

Lamanya moratorium membuka angka pensiun menjadi tinggi sedangkan penggantinya belum ada, hingga tahun 2018 menurut perhitungan akan ada 220 ribu orang PNS yang pensiun kemudian lowongan CPNS Daerah yang dibuka 50% dari jumlah tersebut yakni 110 ribu orang.

cpns 2018

Bila memang ada bukaan CPNS 2018 maka yang kini menjadi pertanyaan adalah Kapan penyelenggaraannya dan bagaimana cara Pendaftaran CPNS 2018 tersebut? Maka disini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Jadwal Update dan Cara Pendaftaran CPNS 2018 Bukaan Daerah.

Perlu digaribawahi bahwa penerimaan CPNS 2018 tidak bisa dilakukan untuk semua daerah melainkan memang khusus daerah yang pertumbuhan pegawainya minus.

“Sesuai kebutuhan. Kita memang tidak menerima yang sebesar jumlah PNS pensiun. Kami tetap mengacu pada pertumbuhan minus,” ungkap Asman di kantornya pada Selasa (14/11/2017).

Selain itu juga Menpan Asman sempat menyinggung mengenai proses bukaan CPNS 2018 yang memang sudah masuk pada tahap persiapan, tepatnya tengah persiapan syarat-syarat bagi daerah yang akan membuka formasi CPNS 2018 termasuk di dalamnya penggunaan anggaran.

“Selain kementerian dan lembaga, untuk syarat-syarat formasi pemerintah daerah pun sedang kita persiapkan sekarang. Syarat bagi daerah yang akan kita berikan formasi, salah satunya tidak boleh belanja pegawainya di atas 50 persen,” jelas Asman.

Patokan dari perekrutan CPNS 2018 adalah ketersediaan anggaran di daerah, sebab kebijakan pembatasan penerimaan CPNS yang dikenal dengan kebijakan moratorium menetapkan daerah yang boleh melakukan perekrutan CPNS adalah yang belanja pegawainya tidak lebih dari 50% APBD, artinya memang pendaftaran CPNS 2018 tidak diperkenankan melebihi jumlah pegawai yang pensiun.

“Ini lagi kita hitung kemampuan keuangan, kemudian usulan masing-masing kementerian dan pemerintah pusat juga pemerintah daerah. Nanti kita lihat prioritasnya, dan baru akan ketemu angkanya. Kami harap nggak lebih dari jumlah yang pensiun,” kata Asman lagi.

Formasi daerah yang akan dibuka yaitu yang benar-benar dibutuhkan secepatnya, ditambah dengan kekurangan kuota bukaan CPNS 2017 dikarenakan peserta yang lulus tidak memenuhi jumlah kebutuhan dalam instansi.

“Kita meminta kepada daerah untuk mengisi formasi yang betul-betul dibutuhkan, seperti guru, tenaga medis, dan infrastruktur. Bidang apa saja yang jadi konsentrasinya? Itu yang kita prioritaskan,” ucap Asman.

Mengenai prosesnya masih sama dengan bukaan CPNS sebelumnya yakni menggunakan sistem CAT karena memang belajar dari pengalaman itu tes CPNS berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti dengan sistem yang lebih terbuka, transparan dan akuntabel serta minim kecurangan.

“Alhamdullilah kemarin lancar, walaupun di sana-sini masih ada keluhan secara teknis. Overall, untuk pelaksanaan tesnya fair,” kata Asman.

Fakta Dibalik Dibukanya Pendaftaran CPNS 2018


Ternyata dibalik pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2018 ada beberapa fakta menarik di belakangnya. Penasaran apa saja faktanya ? Simak ulasan berikut.

Tahun 2017 akan segera berakhir, yang mana itu berarti pembukaan lowongan pekerjaan menjadi seorang CPNS 2018 akan segera dibuka. Hal ini tentu kabar yang sangat menggembirakan bagi para lulusan universitas yang hendak mencari pekerjaan dalam bidang kenegaraan seperti menjadi seorang pegawai negeri sipil ini.

Namun sebelum anda mendaftarkan diri anda menjadi peserta ujian cpns pada tahun 2018 ada beberapa fakta menarik seputar pembukaan pendaftaran cpns pada tahun 2018 yang perlu anda simak. Anda penasaran bukan apa saja fakta-fakta tersebut ? Langsung saja anda simak ulasan selengkapnya berikut ini.

5 Fakta Menarik Dibalik Dibukanya Seleksi CPNS 2018

  1. Pemda Diperlobehkan Membuka Lowongan Namun Dengan Syarat
Pada pembukaaan lowongan CPNS 2018 tahun depan, pemerintah pusat ternyata memberikan izin untuk pemerintah daerah untuk membuka lowongan dan menerima para calon pegawai negeri sipil baru. Namun begitu tetap ada persyaratan yang harus dilakukan oleh pemda setempat. Persyaratan tersebut salah satunya adalah belanja pegawai baru yang diterima tidak boleh mencapai angka 50% dari anggaran pendapatan belanja milik daerah atau biasa juga disingkat APBD.

  1. Pemda Hanya Di Izinkan Membuka Lowongan Yang Spesifik
Maksud dari pemerintah daerah hanya diizinkan untuk membuka lowongan cpns dengan kriteria yang lebih spesifik adalah, pemda hanya diperbolehkan untuk menerima calon pegawai negeri sipil yang memang jabatannya sedang kosong dan sedang sangat dibutuhkan oleh daerah tersebut. Yang mana kebanyakan dari persyaratan ini adalah lowongan untuk tenaga medis, guru dan juga yang lain sebagainya yang berkaitan erat dengan infrastruktur daerah.

  1. Diperuntukan Juga Untuk Formasi Yang Belum Terisi Pada Tahun 2017
Jadi pembukaan pendaftaran CPNS 2018 ini tidak hanya karena ada alasan seputar banyaknya jumlah pegawai negeri sipil yang memutuskan pensiun pada tahun 2017 namun juga karena adanya banyak formasi pada tahun 2017 yang belum terisi. Maksud dari posisi yang belum terisi ini adalah adanya pekerjaan kosong yang seharusnya diisi oleh seorang pns seperti pelatih anjing BNN, petugas perpustakaan dan juga lain sebagainya.

  1. Dibukanya Pendaftaran CPNS Tahun 2018 Karena Banyak PNS Yang Pensiun
Seperti yang telah kami ulas sebelumnya bahwa penyebab utama dari dibukanya pendaftaran cpns pada tahun 2018 ini karena banyaknya pegawai negeri sipil yang memutuskan pensiun pada tahun 2017. Total pns yang pensiun pada tahun 2017 ini mencapai 220 ribu orang. Karena jumlah yang banyak tersebutlah pemerintah sangat memerlukan tenaga kerja baru guna menunjang administrasi pemerintahan pada tahun 2018. Dan dengan dibukanya pendaftaran cpns pada tahun 2018, peluang anda untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil menjadi terbuka lebar.

  1. CPNS Yang Akan Diterima Hanya Sekitar 110 Ribu Orang
Menurut menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Birokrasi Reformasi atau biasa juga disingkat dengan PANRB, Asman Abnur mengatakan bahwa walaupun ada sekitar 220 orang pegawai negeri sipil yang pensiun pada tahun 2017 namun untuk penerimaan cpns pada tahun 2018 hanya mencapai maksimal 50% dari jumlah pegawai negeri sipil yang memutuskan pensiun pada tahun 2017. Belum dijelaskan alasan rinci mengapa hanya diserap 50% dari jumlah total pns yang pensiun pada tahun 2017.


Sudah mengerti bukan apa saja fakta-fakta yang ada dibalik dibukanya kembali pendaftaran CPNS 2018 ? Dengan mengetahui fakta-fakta ini rasa penasaran anda seputar alasan pembukaan lowongan cpns pada tahun 2018 ini sudah terjawab bukan ?

Dari keterangan tersebut hampir bisa dipastikan bahwa penerimaan CPNS 2018 akan segera berlangsung, nah mungkin sobat CPNS2016.com bertanya-tanya kira-kira daerah mana saja yang akan membuka lowongan CPNS 2018 tersebut.

11 Daerah Buka CPNS 2018

Dari penelusuran kami dan pemantauan update informasi terbaru mengenai bukaan CPNS 2018 bahwa setidaknya ada 11 daerah yang telah mengajukan formasi dan menyelesaikan sistem administrasi menjelang bukaan CPNS 2018 yakni :

1. CPNS 2018 Kabupaten Bulukumba

Dikutip dari Berita Bulukmba bahwa pihak BKKDD Bulukumba telah mengusulkan sebanyak 2.130 orang untuk perekrutan CPNS tahuh ini, terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis dengan jumlah formasinya adalah 1.861 tenaga Guru SD/SMP, 196 tenaga kesehatan dan 73 tenaga teknis.

2. CPNS 2018 Kabupaten Soppeng

Berdasarkan informasi dari Kata SULSEL 2017, menurut Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng pada 20 November 2017 lalu bahwa usulan formasi yang telah dikirimkan ke Kemenpan berjumlah 1083 orang terdiri dari 47 Formasi hanya saja keputusan bisa tidaknya Kabupaten Soppeng melakukan perekrutan CPNS 2018 harus menunggu surat perinta BKN.

3. CPNS 2018 Kabupaten Ciamis

Melalui Sekretaris BKPSDM Kabupaten Ciamis dijelaskan bahwa ada kekurangan pegawai namun pihaknya tidak bisa memutuskan untuk melakukan penerimaan CPNS 2018 karena semua itu wewenang dari pemerintah pusat, total kebutuhan pegawai saat ini adalah 3.334 orang dan telah diajukan formasi CPNS sebanyak 1.415 orang.

4. CPNS 2018 Kabupaten Meranti

Berikut pernyataan Sekretaris BKD Kabupaten Meranti:

"Formasinya kami ajukan ke Kementrian PAN RB pada 5 Mei 2017 lalu. Kekurangan PNS yang dilaporkan sebanyak 1.187 namun idealnya yang paling mendesak sebanyak 874,".

"Per Oktober 2017, jumlah PNS di Meranti hanya 3.310 orang. Jumlah itu pasti akan berkurang, sebab tahun ini dipastikan ada 84 PNS yang pensiun dan tahun 2018 mendatang jumlah PNS yang pensiun sebanyak 70 orang," ujarnya.

Lebih rinci formasi yang telah diajukan ke Kementrian PAN RB adalah sebagai berikut:
Guru SD: 483 orang, 
Guru SMP: 266 orang, 
Tenaga Kesehatan untuk RSUD: 170
Tenaga Kesehatan untuk Puskesmas: 119
Tenaga teknis untuk Dinas Perhubungan: 55 orang
Tenaga teknis untuk Dinas PU: 94 orang.
Total CPNS yang diajukan oleh Pemkab Meranti berjumlah 1.187 orang. 

5. Ada 7 CPNS 2018 Daerah Lainnya silahkan cek di CPNSNews.com

Description
: Pendaftaran CPNS 2018 Bukaan di 11 Daerah / Kabupaten
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS 2018 Bukaan di 11 Daerah / Kabupaten

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.