CPNS 2017 | [Update] Jadwal CPNS 2017 ~ Bila sebelumnya diberitakan bahwa tidak ada penerimaan CPNS secara umum maka kami akan berbagi tentang info jadwal CPNS di tahun 2017 terbaru baik itu lowongan maupun formasi dan kuota, bagaimana ya informasinya serta lowongan yang akan dibuka baik itu formasi lengkap di masing-masing daerah maupun kuota CPNS yang diperlukan, semua akan coba dibahas disini dalam Jadwal CPNS 2017 Lowongan Terbaru Formasi dan Kuota.

#1. Berikut info Jadwal CPNS 2017 terbaru

Poin pertama yang akan disampaikan yakni tentang jadwal CPNS 2017, tampaknya di tahun 2017 kebijakan moratorium itu akan tetap berlaku oleh karenanya sulit untuk bisa memprediksi kapan jadwal CPNS 2017 itu dilaksanakan.

Namun demikian bukan berarti tes CPNS itu tidak ada karena menurut informasi tes CPNS tahun 2017 akan tetap dibuka hanya saja diperuntukkan bagi bidang yang tengah kosong akibat pegawai yang pensiun dan hanya untuk daerah tertentu.

jadwal cpns 2017

Tidak semua daerah bisa mengadakan bukaan tes CPNS 2017 sebab dibeberapa daerah jumlah PNS yang ada membebani keuangan yang ada karena tidak seimbang antara penerimaan keuangan daerah dengan pengeluaran untuk belanja pegawai.

Belum lagi jumlah pegawai di seluruh Indonesia akan dikurangi secara otomatis dengan cara mempertahankan jumlah pensiun harus lebih besar dibandingkan jumlah yang direkrut, setidaknya ada lebih dari seratus ribu orang yang pensiun setiap tahun.

Apapun yang terbaru mengenai jadwal bukaan CPNS 2017 maka kami telah merangkumnya di Jadwal Penerimaan CPNS 2017. Namun bila ingin menemukan info lebih lanjut mengenai Formasi CPNS 2017 maka simak info selanjutnya dibawah ya.

#2. Formasi CPNS 2017 umum dan khusus, berikut rinciannya
#2. Formasi CPNS 2017 umum dan khusus, berikut rinciannya

Berbeda dengan tahun-tahun terdahulu, maka untuk sekarang penyesuaian formasi dan kuota bakal CPNS yang direkrut tidak lagi dalam jumlah besar hanya untuk menggantikan beberapa formasi dari total jumlah yang pensiun.

Berdasarkan perhitungan Menpan yang disampaikan beberapa waktu lalu bahwa hingga tahun 2020 akan ada 752.271 pegawai yang pensiun masing-masing dengan rincian sebagai berikut.
  1. PNS 2016 sebanyak 122.515 orang akan pensiun, 
  2. Tahun 2017 ada 132.815 orang, 
  3. Tahun 2018 sebanyak 156.349 orang, 
  4. Tahun 2019 sebanyak 156.050 orang, 
  5. dan Tahun 2020 mencapai 184.542 orang.
Jumlah itu akan dipertahankan semaksimal mungkin agar nantinya CPNS tetap dalam status zero growth hingga jumlah di masing-masing daerah itu benar-benar ideal. Tentang info terbaru yang dibutuhkan oleh daerah maka simak info terbaru Formasi CPNS 2017.

Permasalahan lain mengenai CPNS atau pegawai ASN ini adalah tidak merata pembagian di wilayah tempat tugas, bisa ditemui dimanapun bahwa daerah-daerah apalagi yang tergolong daerah terpencil terdapat sedikit pegawai sebagai contoh saja yang kecil yakni sekolah dasar, dimana masih ditemui khususnya daerah terpencil yang sekolahnya hanya memiliki 1 guru yang PNS, bahkan guru tersebut merangkap sebagai kepala sekolah.

Sedangkan yang ironis adalah ketika di kota terutama sekolah unggulan akan banyak penumpukan pegawai bahkan sulit membagi tugas oleh jumlah yang banyak itu, untuk itu perlu perhitungan yang lebih mendalam melalui analisa jabatan jika suatu daerah ingin melakukan perekrutan CPNS mulai tahun 2017. Selanjutnya

#3. Info CPNS 2017 dari Pendaftaran hingga Pengumuman
#3. Info CPNS 2017 dari Pendaftaran hingga Pengumuman

Masih simpang siurnya kabar bukaan CPNS membuat para pencari info CPNS bingung terhadap info CPNS 2017 yang valid dan hingga hari ini (jika belum ada perubahan) tes CPNS 2017 masih belum pasti. Kalaupun pengadaan CPNS 2017 benar-benar diadakan maka perencanaan proses penerimaan itu direncanakan sejak awal tahun dan akan dilaksanakan pada akhir tahun, dan pada umumnya proses itu dilaksanakan sebagai berikut.
  • Januari hingga Maret 2017 pengusulan formasi oleh daerah kepadan Menpan dan BKN
  • April hingga Juni 2017 proses verifikasi berdasarkan analisa jabatan.
  • Juli 2017 merupakan proses persetujuan jumlah formasi dan kuota
  • Agustus - Desember 2017 merupakan proses pelaksanaan tes dan pengumuman.
  • Januari 2018 penerimaan NIP bagi CPNS baru yang lulus tes.
  • cek Info CPNS 2017
Namun tidak selalu prosesnya berjalan sesuai dengan tahapan diatas melainkan kini sistem penerimaan CPNS 2017 lebih fleksibel sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah saja, lebih baik lagi tentang perhitungan kekurangan pegawai berlangsung lebih cepat karena tiap daerah telah tergabung dalam kumpulan data e-formasi yang secara otomatis melakukan kalkulasi data pegawai.

#4. Info Jalur Khusus Penerimaan CPNS 2017

Belum ada kejelasan tentang info bukaan CPNS malah setiap info yang akan keluar mengenai CPNS 2017 sangat dinantikan oleh banyak orang namun ternyata update yang keluar kurang sesuai harapan karena tidak mengabarkan tentang kapan jadwal CPNS 2017 itu dilaksanakan.

Sebagai pengalaman saja kami terus memburu info terbaru mengenai lowongan dan tidak ada satu pun yang mengabarkan info pasti CPNS, setidaknya hingga saat ini. Adapun kabar-kabar yang berani menuliskan tentang kapan pelaksanaan CPNS itu tidak semuanya benar karena memang kini yang menjadi pusat perhatian adalah kabar hoax baik dari jadwal CPNS hingga cara daftar yang pada akhirnya berujung pada penipuan.

Kemudian dari beberapa informasi yang kami tangkap mengenai bukaan CPNS 2017 bahwa memang ada bukaan untuk jalur khusus CPNS, apa saja itu? setidaknya ada 3 lowongan yang otomatis ada setiap tahun terutama tahun 2017 ini karena tidak terikat dengan kebijakan moratorium.

Adapaun 3 jalur khusus yang dimaksud adalah
Adapaun 3 jalur khusus yang dimaksud adalah

  • CPNS 2017 jalur penyandang disabilitas
  • CPNS 2017 untuk honorer K2
  • CPNS 2017 untuk sekolah ikatan kedinasan..
#4.1 CPNS 2017 Jalur Penyandang Disabilitas

Guna menjalankan amanah Pancasila mengenai keadilan sosial maka pegawai dengan status PNS tidak memandang secara fisik melainkan lebih kepada kompetensi yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan, salah satunya jalur khusus CPNS yang dibuka tahun 2017 untuk penyandang disabilitas.

Sebagai contoh saja Jakarta bahwa saat ini ada sekitar 1% dari total PNS yang ada adalah PNS dengan status penyandang disabilitas dan mereka mampu bekerja dengan baik sehingga jalur khusus di CPNS 2017 bisa diperuntukkan bagi penyandang disabilitas ini.


Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kalimantan Barat, Zamhari Abdul Hakim menyambut baik dengan rencana dari Kemenpan RB dalam mengalokasikan kuota bagi penyandang disabilitas dalam penerimaan CPNS.

Ia menilai adanya kesempatan itu sebagai bentuk pemberdayaan bagi penyandang disabilitas sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 8 tahun 2016.

Bahkan pemerintah setempat pun sudah mengeluarkan peraturan daerah guna pemenuhan hak bagi penyandang disabiltias. Baik itu tingkat provinsi maupun kabupaten kota.

“Dengan adanya wacana itu kami menerima dengan baik. Kami berharap semua pemerintah kabupaten kota bisa mengimplementasikan itu pada penyandang disabilitas bukannya tertutup,” ucapnya.

Zamhari memastikan jika kompetensi yang dimiliki penyandang disabilitas tidak kalah mumpuni. Karena itu ia berharap jika pun wacana itu terealisasi, pemberian kesempatan ini lebih dilakukan pada semua penyandang dengan kualifikasi pendidikannya.

“Saya harap tuna rungu juga punya kesempatan yang sama. Mereka selama ini belum disentuh. Kemampuan mereka juga tidak kalah misalnya dalam bidang komputer. Dan itu bisa saja diuji,” katanya.

Zahmari berharap pemerintah juga membuka ruang bagi penyandang disabilitas yang tidak memenuhi kualifikasi penerimaan CPNS.

Sebab syarat penerimaan CPNS paling tidak tamatan SMA dan sarjana.

“Kami berharap tamatan pendidikan di bawah itu juga bisa diakomodir,” harap Zamhari.

#4.2 CPNS Jalur Honorer K2

Honorer K2 akan berkesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS 2017 bilamana RUU ASN revisi telah terbit dan pada saat ini statusnya telah disetujui oleh DPR, untuk penjelasan lebih lanjut simak di Ini Jadwal CPNS Honorer K2.

#4.3 CPNS 2017 Jalur Sekolah Ikatan Kedinasan

Sekolah ikatan dinas di tahun 2017 mendapatkan tempat khusus dalam penerimaan CPNS 2017 yakni langsung dapat menjadi PNS, info cek di [Update] Jadwal CPNS 2017, terima kasih.
Description
: [Update] Jadwal CPNS 2017 Lowongan Terbaru Formasi dan Kuota
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: [Update] Jadwal CPNS 2017 Lowongan Terbaru Formasi dan Kuota