CPNS Kemenkes 2017-2018 ~ Penerimaan CPNS 2017 periode ke-2 telah dibuka dan ada 61 Instansi yang akan menerima pegawai baru termasuk Kemenkes atau Kementerian Kesehatan, nah apa saja info terkait mengenai hal itu berikut kami akan ulas dalam "cpns.kemkes.go.id CPNS Kemenkes 2017-2018 Cara Pendaftaran Online", mari disimak.

cpns.kemkes.go.id


Tahapan dan Syarat Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017 (Kementrian Kesehatan)

Saat ini pendaftaran Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017 telah dibuka, pasti banyak orang yang bercita-cita ingin mejadi PNS. Nah, bagi anda yang ingin menjadi PNS bisa di Kemenkes bisa langsung melihat beberapa hal yang berhubungan dengan Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017 agar anda bisa mengetahui informasinya lebih detail.

Bagi anda yang ingin mendaftar sebagai CPNS bisa melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan kegiatan perekrutan CPNS ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan lengkap nya berikut ini:

Tahapan pendaftaran CPNS Kemenkes 2017

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melihat formasi yang lowongan Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017 terlebih dahulu. Informasi speutar alokasi CPNS nantinya bisa dilihat pada website resminya, yaitu www.sscn.bkn.go.id/ atau website resmi Kementerian Kesehatan yaitu https://cpns.kemkes.go.id/.

2. Langkah selanjutnya adalah anda harus mendaftarkan diri anda langsung secara online di website penerimaan CPNS Kemenkes 2017 di www.sscn.bkn.go.id/. Anda harus mengikuti semua alur yang diberikan hingga anda mendapatkan username dan password. Selain di website tersebut, anda juga bisa langsung mendaftar di website Kementerian Kesehatan yaitu https://cpns.kemkes.go.id/.

3. Selanjutnya anda harus mengirimkan berkas yang dibutuhkan dan terkait dengan pendaftaran CPNS Kemenkes 2017 ini. Jangan lupa bahwa anda perlu melakukan persiapan yang cukup banyak untuk memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan ini.

4. Setelah itu ada tahapan seleksi administrasi, jadi anda perlu menunggu pengumuman apakah anda lolos ke tahapan tes atau tidak. Jika berkas-berkas anda meyakinkan, dan lengkap anda hanya perlu berdoa agar bisa lolos ke tahapan selanjutnya karena tidak ada yang tahu hasilnya bagaimana.

5. Anda perlu mencetak kartu SKD untuk mengikuti tes yang dilakukan di masing-masing regional yang anda pilih. Anda bisa memilih tempat tes anda dimanapun anda inginkan, jadi tidak perlu di tempat terdekat dari rumah anda, sangat memudahkan bagi anda yang berada di luar kota bukan?

6. Tahapan selanjutnya adalah mengikuti tes SKD yang dilakukan pada regional terdekat anda, jadi persiapkan diri anda untuk mengikuti tes yang satu ini. Ada banyak hal yang perlu anda ingat bahwa Kemenkes tidak hanya mencari orang yang pintar saja, tetapi Kementerian Kesehatan Indonesia juga orang yang memiliki pengetahuan umum yang tinggi.

7. Setelah pengumuman kelulusan SKD, anda masih perlu mendaftarkan diri kembali untuk mengikuti SKB dan melakukan tes seperti sebelumnya. Barulah setelah lolos tes yang satu ini anda bisa dikatakan sudah menjadi PNS, meskipun begitu anda perlu melakukan 1x pendaftaran lagi.

8. Pendaftaran ulang CPNS yang lolos di tahapan SKB, jadi anda masih harus daftar ulang kembali pada tahapan ini. Selanjutnya aka nada pemberkasan yang perlu dilakukan pada setiap instansi sesuai peminatan yang dilakukan sebelumnya.

9. Bekerja adalah tahapan terakhir yang akan membutuhkan waktu cukup panjang, karena itulah anda perlu menikmati tahapan ini karena inilah awal dari anda terjun menjadi PNS. Ada banyak sekali orang yang mendaftar untuk menjadi PNS, tapi yang diterima hanya ratusan orang saja, karena itulah anda perlu melakukan pekerjaan dengan penuh semangat.
Jadwal Kegiatan Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017

Jika anda ingin tahu jadwal lengkapnya lebih jelas, silahkan cek gambar di bawah ini, tetapi sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan sehingga anda perlu melihat di website resminya juga.

cpns.kemkes.go.id merupakan situs website yang mengelola pelayanan kepegawaian di bidang Kementerian Kesehatan di Indonesia. CPNS Kemkes merupakan kepanjangan dari Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan, yang memiliki visi sebagai Pelayanan administrasi kepegawaian yang prima di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Sedangkan misi yang disusun yaitu, pertama, menjamin ketersediaan dan pemerataan tenaga kesehatan, baik di dalam jumlah maupun dalam jenis di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kedua, meningkatkan penyelenggaraan administrasi mutasi kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan. Ketiga, meningkatkan fungsi koordinasi pelayanan administrasi kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan, dan keempat menerapkan sistem reward and punishment pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Tahapan Seleksi dan Pelaksanaan Ujian 
a. Seleksi Administrasi
1) Panitia akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas pendaftaran dan validasi terhadap isian print out pendaftaran dengan dokumen yang dilampirkan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan.
2) Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada
Website Kementerian Kesehatan dan selanjutnya peserta harus melakukan cetak kartu peserta ujian secara mandiri melalui website Kementerian Kesehatan tersebut.
3) Jadwal dan tempat pelaksanaan ujian akan tercantum pada kartu peserta ujian.

b. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
1) Ujian SKD melalui sistem CAT dilaksanakan di 7 regional provinsi lokasi ujian pada tanggal 16 s.d 25 Oktober 2017;
2) Peserta yang berhak mengikuti ujian SKD adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi;
3) Peserta harus datang 120 menit sebelum pelaksanaan ujian untuk dilakukan verifikasi kartu ujian dan tidak ada toleransi keterlambatan sesuai dengan jadwal sesi yang telah ditentukan;
4) Peserta ujian diwajibkan membawa Kartu Peserta Ujian yang telah dicetak secara mandiri;
5) Peserta ujian hanya diperbolehkan membawa alat tulis dan KTP;
6) Tas, alat komunikasi, kamera dalam bentuk apapun, dan lain-lain harus dititipkan kepada panitia.
7) Pelamar dinyatakan lulus ujian SKD berdasarkan nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk selanjutnya dapat mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang.

c. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
1) Peserta yang berhak mengikuti ujian SKB adalah peserta yang dinyatakan lulus seleksi ujian SKD dengan jumlah paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD;
2) Untuk mengikuti SKB, maka peserta yang dinyatakan lulus ujian SKD harus melakukan daftar ulang dan mencetak kartu peserta ujian secara mandiri pada portal Kementerian Kesehatan.
3) Jadwal dan tempat pelaksanaan ujian akan tercantum pada kartu peserta ujian.
4) Seleksi Kompetensi Bidang terdiri dari substansi jabatan menggunakan CAT, penilaian Executive Brain Assesment (EBA) dan penelusuran rekam jejak serta wawancara.

a) Penempatan Unit Pelaksana Teknis Rumah Sakit dan Balai.
(1) Untuk jabatan dokter/dokter gigi ahli pertama dengan kualifikasi dokter umum/dokter gigi/spesialis.
 Substansi jabatan menggunakan CAT, bobot 40%
 Penilaian EBA, bobot 20%
 Penelusuran rekam jejak terkait kualifikasi jabatan dimaksud, bobot 40%
(2) Untuk jabatan dokter/dokter gigi ahli pertama dengan kualifikasi dokter umum/dokter gigi dan jabatan lainnya.
 Substansi jabatan menggunakan CAT, bobot 60%
 Penilaian EBA, bobot 20%
 Penelusuran rekam jejak terkait kualifikasi jabatan dimaksud, bobot 20%

b) Penempatan Unit Pelaksana Teknis Kantor Kesehatan Pelabuhan.
 Substansi jabatan menggunakan CAT, bobot 40%
 Penilaian EBA, bobot 20%
 Penelusuran rekam jejak terkait kualifikasi jabatan dimaksud, bobot 40%

c) Penempatan Unit Pelaksana Teknis Poltekkes
 Wawancara, bobot 50%
 Penilaian EBA, bobot 30%
 Penelusuran rekam jejak terkait kualifikasi jabatan dimaksud, bobot 20%

Tugas Pokok cpns.kemkes.go.id 

Dalam mengemban tugasnya sebagai pelayan masyarakat, dalam websitenya di cpns.kemkes.go.id memiliki beberapa tugas pokok. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 1144 Tahun 2010 Pasal 28 menyebutkan bahwa Biro Kepegawaian memiliki tugas untuk melaksanakan pengelolaan kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian pengadaan, bagian mutasi, bagian pengembangan pegawai, serta bagian umum dan kesejahteraan pegawai. Dalam alamat web CPNS kemenkes tersebut dijelaskan secara detail bagian tugas-tugas yang dilakukan.

Sebelumnya cek Alur Pendaftaran CPNS Kemenkes 2017-2018

Sub Bagian Pegawai di Kemenkes

Bagian pengadaan pegawai di Kemenkes dibagi menjadi beberapa sub-sub bagian. Sub bagian penyusunan formasi dan kebutuhan pegawai memiliki tugas untuk melaksanakan penyusunan perencanaan kebutuhan dan formasi pegawai negeri sipil, pegawai tidak tetap, dan penugasan khusus serta evaluasi penempatan. Sedangkan untuk sub bagian pengangkatan pegawai negeri sipil memiliki wewenang untuk melakukan seleksi dan pengangkatan pegawai negeri sipil, serta sub bagian pengangkatan pegawai tidak tetap dan penugasan khusus memiliki tugas untuk melakukan seleksi dan pengangkatan pegawai tidak tetap dan penugasan khusus.

Laman cpns.kemkes.go.id juga menerangkan tugas pokok bagian mutasi yang memiliki tugas untuk melaksanakan urusan mutasi bagi pegawai, yang dibagi menjadi beberapa sub bagian, yakni pada sub bagian kenaikan pangkat bertugas untuk melakukan penyelesaian administrasi kenaikan pangkat. Pada sub bagian pemindahan dan pemberhentian memiliki tanggung jawab untuk melakukan penyelesaian urusan pemindahan, pemberhentian, dan pensiun pegawai. Sedangkan sub bagian informasi dan tata naskah memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan informasi dan tata naskah kepegawaian.

Tak hanya itu, dilansir dari cpns.kemkes.go.id dalam menunya, bagian pengembangan pegawai memiliki wewenang untuk melaksanakan urusan bagian pengembangan pegawai. Sub bagian penilaian dan pengembangan karir bertugas untuk menyiapkan bahan penilaian kinerja, kebutuhan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, tugas dan izin belajar, ujian dinas dan pengisian jabatan struktural. Pada sub bagian administrasi dan jabatan fungsional memiliki tugas untuk melaksanakan urusan dalam bidang administrasi dan verifikasi jabatan fungsional. Sedangkan untuk sub bagian administrasi tenaga strategi bertugas untuk melakukan dalam bidang administrasi tenaga kesehatan strategis.

Pada url cpns.kemkes.go.id tersebut juga menerangkan tugas bagian umum dan kesejahteraan pegawai dijelaskan bahwa memiliki tugas untuk melaksanakan dalam urusan peraturan kepegawaian, pemberian penghargaan, administrasi kesejahteraan pegawai, kesehatan pegawai, dan tata usaha Biro. Dalam tugasnya, sub bagian peraturan kepegawaian bertugas untuk melakukan kesiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan dan melakukan dokumentasi peraturan kepegawaian dan penyelesaian masalah kepegawaian. Sedangkan sub bagian penghargaan dan kesejahteraan pegawai mempunyai tugas untuk melakukan pengelolaan dalam bidang penyerahan penghargaan, administrasi kesejahteraan pegawai, administrasi pemeriksaan kesehatan pejabat dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) serta poliklinik kesehatan untuk pegawai. Serta pada sub bagian tata usaha biro bertugas untuk melakukan penyusunan rencana, memonitoring, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga biro. Jadi cpns.kemkes.go.id memiliki tugas dan wewenang tersendiri di setiap bidangnya masing-masing.

Lowongan Kerja Dalam Website cpns.kemkes.go.id

Bagi para lulusan sekolah di jurusan kesehatan, tes CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2017-2018 akan segera dibuka secara umum dan honorer k2. Persyaratan CPNS 2017-2018 yang akan dibutuhkan pada tes CPNS Kemenkes 2017-2018 terbagi menjadi dua, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus CPNS 2017-2018, yakni dengan menyesuaikan jadwal yang sudah ditetapkan. Untuk lebih jelasnya, informasi dapat dilihat di laman cpns.kemkes.go.id.

Selain cpns.kemkes.go.id ada beberapa web resmi lain yang bisa diakses karena memuat informasi pendaftaran tes CPNS 2017-2018 yaitu :
  1. Panselnas menpan, tempat pertama kali melakukan registrasi pendaftaran.
  2. Sscn BKN situs login BKN untuk melakukan proses pendaftaran tingkat lanjut.
Sedangkan untuk pendaftaran CPNS kemdikbud tahun 2017-2018, bisa cek langsung di web resminya yang beralamat di cpns.kemdikbud.go.id atau untuk bukaan per daerah ada Pendaftaran CPNS jawa barat, CPNS jawa tengah dan CPNS jawa timur.

Deskripsi: cpns.kemkes.go.id merupakan situs website untuk melayani informasi segala sesuatu yang berkaitan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan penerimaan pegawai negeri sipil di lingkungan Kemenkes.

Description
: cpns.kemkes.go.id CPNS Kemenkes 2017-2018 Cara Pendaftaran Online
Rating
: 4.5
Reviewer
: sinyubi
ItemReviewed
: cpns.kemkes.go.id CPNS Kemenkes 2017-2018 Cara Pendaftaran Online

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.