Pendaftaran CPNS 2016 - Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2016 Pengumuman Online | Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau yang biasa dikenal dengan Kemenkumham adalah kementerian dalam Pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia. Dalam melaksanakan tugasnya maka ada banyak pegawai yang harus bekerja di Kemenkumham ini sehingga di setiap tahun bisa saja ada tes CPNS Kemenkumham seperti juga tahun ini, lalu berapa banyak dan kapan tes CPNS Kemenkumham itu dilaksanakan maka simak informasinya disini dalam Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2016 Pengumuman Online.

Kementrian hukum dan hak asasi manusia dipimpin oleh seorang menteri sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Yasonna Laoly. Kementerian hukum dan hak asasi manusia beberapa kali mengalami pergantian nama yaitu “ Departemen Kehakiman” (1945-1999), “Departemen Hukum dan Perundang-Undangan” (1999-2001), “Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia” (2001-2004), “Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia” (2004-2009), dan “Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia” (2009-sekarang).

cpns 2016


Sama seperti tes CPNS sebelumnya maka pelaksanaan tes CPNS di tahun 2016 ini akan dilaksanakan secara online dengan sistem pendaftaran dan penyebaran informasi langsung bisa diakses secara online di website resmi Kemenkumham.

Dalam website kementerian hukum dan hak asasi manusia yaitu kemenkumham.go.id terdapat informasi yang dapat dilihat mengenai kementerian hukum dan hak asasi manusia ini. Dan dalam alamat website tersebut juga terdapat beberapa link ke website yang terkait dengan bidang hukum seperti KPK, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Kepolisian, dan lain sebagainya.

Lalu kapan sebenarnya tes CPNS 2016 untuk kemenkumham itu dilaksanakan? Maka jawabnya bisa ditemukan di jadwal CPNS 2016 atau juga cara pendaftaran CPNS 2016. Sedangkan informmasi lebih lanjut bisa cek di web Panselnas Menpan dan juga SSCN BKN.

Di tahun 2016 awalnya tes CPNS akan dibuka besar-besaran mulai dari pelamar umum maupun honorer k2 namun ternyata kondisi keuangan negara sedang tidak mendukung sehingga pelaksanaan itu tak berjalan sesuai rencana bahkan nyaris tidak bisa diadakan.

Kurangnya pegawai akibat pensiun dan meninggal dunia setiap tahun telah mengurangi jumlah pegawai yang sedang melaksanakan tugas sehingga untuk bisa menjalankan semua tugas yang ada maka pihak Kemenkumham harus menambah pegawai melalui perekrutan CPNS 2016 yang akan datang.

Sejenis dengan penerimaan CPNS 2016 Kemenkumham ini maka ada beberapa CPNS untuk instansi lain yang juga telah dirangkum disini dalam CPNS2016.Com yakni CPNS Kemenkes dan CPNS Kemdikbud.

Selain info tentang tes CPNS Kemenkumham 2016 maka ada info lain sebagai tambahan wawasan bagi calon peserta tes CPNS 2016 Kemenkumham yang bisa jadi masuk dalam tes kemampuan bidang nantinya yakni seperti beberapa yang akan dibahas berikut.

Sejarah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Sejarah kemenkumham (kemenkumham.go.id) ini dimulai pada awal pembentukkannya yaitu pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan nama Departemen Kehakiman. Menteri Kehakiman yang pertama kali menjabat adalah Soepomo. Kementerian hukum dan hak asasi manusia pada masa pemerintahan Belanda disebut Departemen Van Justitie yaitu berdasarkan peraturan Herdeland Yudie Staatblad No. 576. Dalam sidang PKKI tahun 1945 menetapkan mengenai Departemen Kehakiman dalam struktur negara menurut UUD. Dalam UUD disebutkan departemen termasuk Departemen Kehajiman yang mengurus tentang pengadilan, penjara, kejaksaan, dan sebagainya. Dalam sidang PKKI itu pula penetapan tugas pokok dan ruang lingkup Departemen Kehakiman dibuat walaupun secara singkat masih mengacu kepada peraturan Herdeland Yudie Staatblad No. 576.

Visi dan Misi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Setiap lembaga pasti memiliki visi dan misi, berikut ini adalah visi dan misi kemenkumham berdasarkan alamat website kemenkumham.go.id.
Visi
 “ Masyarakat Memperoleh Kepastian Hukum”.
Misi
1.    Mewujudkan peraturan Perundang-Undangan yang berkualitas.
2.    Mewujudkan pelayanan hukum yang berkualitas.
3.    Mewujudkan penegakan hukum yang berkualitas.
4.    Mewujudkan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan HAM
5.    Mewujudkan layanan manajemen administrasi Kementerian Hukum dan HAM
6.    Mewujudkan aparatur Kementerian Hukum dan HAM yang professional dan berintegritas.

Tugas dan Fungsi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia


Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang hokum dan hak asasi manusia dalam pemerintah untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham.go.id) memiliki fungsi:
1.    Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang hukum dan hak asasi manusia.
2.    Pengelolaan barang milik/kekayaan Negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
3.    Pengawas atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
4.    Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di daerah.
5.    Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional
6.    Pelaksanaan kegiatan dari pusat sampai ke daerah.

Struktur Organisasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010, struktur organisasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (kemenkumham.go.id) adalah
1.    Skretariat Jenderal
2.    Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan
3.    Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum
4.    Direktorat Jenderal Pemasyarakatan
5.    Direktorat Jenderal Imigrasi
6.    Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual
7.    Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia
8.    Inspektorat Jenderal
9.    Badan Pembinaan Hukum Nasional
10.    Badan Penelitian dan Pengembangan Hak Asasi Manusia
11.    Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia
12.    Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Hubungan Luar Negeri.
13.    Staf Ahli Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan
14.    Staf Ahli Bidang Hukum Lingkungan dan Pertanahan
15.    Staf Ahli Bidang Pengembangan Budaya Hukum
16.    Staf Ahli Bidang Pelanggaran Hak Asasi Manusia

PPID Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia 


Berdasarkan kemenkumham.go.id, Badan Publikasi dari kemenkumham memiliki beberapa aturan yang diterapkan untuk mengatur ruang publikasi. Mulai dari pedoman sikap dan perilaku pelayanan informasi publik, standar pelayanan publik, mekanisme, pemohon informasi, sampai pada formulir pelayanan informasi dapat dilihat bahkan didownload melalui halaman website Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kemudian untuk pembayar yang ingin menyampaikan suaranya entah itu kritik dan saran, komentar, complain. Dapat langsung menghubungi atau masuk di laman www.kemenkumham.go.id pada halam “Hubungi Kami”. Dengan mengisi formulir yang disediakan di laman tersebut maka pesan pembaca akan sampai pada email dari pada kemenkumham.

Description : Kemenkumham.go.id merupakan website dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam website tersebut transparasi informasi sebagai media public sudah tidak ada penutup lagi. Pembaca dapat melihat semua kegiatan kemenkumham di berita terkini di halaman beranda.
Description
: Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2016 Pengumuman Online
Rating
: 4.5
Reviewer
: sinyubi
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2016 Pengumuman Online