CPNS 2016Lowongan CPNS 2016 | Pengumuman tentang lowongan CPNS 2016 masih dinantikan dan hingga bulan Agustus 2016 ini ada 2 lowongan CPNS yang telah dibuka sepanjang tahun 2016 seperti yang sudah ramai dibicarakan sejak awal tahun yakni bukaan hanya ditujukan dan diprioritaskan pada 2 yakni pendidikan dan kesehatan.

Untuk bidang kesehatan telah dibuka terlebih dahulu yakni jalur bidan PTT yang pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 9 September 2016 yang akan datang (bila tidak ada penundaan lagi), sedangkan untuk Guru dibuka 7000 lowongan khusus yang memiliki Sertifikat pendidik, yakni jalur GGD (guru garis depan) SM3t.

Info bidan PTT silahkan cek di Pengumuman CPNS Bidan PTT Pada 9 September 2016 sedangkan untuk Guru registrasi.casn.kemdikbud.go.id

Kini yang masih menjadi misteri adalah bukaan jalur umum yang dari awal tahun menjadi berita tak pernah sepi, hal yang sering dibicarakan adalah kebijakan moratorium yang mengatur tentang penerimaan CPNS termasuk CPNS ditahun 2016 ini.

lowongan cpns jalur umum

Baru-baru ini kembali mencuat tentang honorer k2 yang selalu meminta belas kasih pemerintah mengenai jasa dan pengabdiannya selama ini bahkan telah beberapa kali dijanjikan akan diangkat menjadi CPNS pada periode pemerintahan sebelumnya.

Polemik honorer k2 tak pernah menemui jalan keluar karena peraturan telah ditetapkan dan dalam undang-undang ASN tidak diperkenankan mengangkat CPNS secara otomatis melainkan dengan seleksi secara umum.

Namun penegakan peraturan ini terkendala oleh pertimbangan kemanusiaan karena masalah honorer k2 menyangkut hajat orang banyak setidaknya ada kurang lebih 440 ribu orang yang memperjuangkan hal itu.

Bila ingin sekaligus diangkat diperlukan biaya yang sangat tinggi dan keadaan negara saat ini tidak mendukung hal itu, oleh karena itu Menpan Asman coba mempelajari lebih mendalam tekait honorer k2 yang menjadi angin segar bagi yang berharap, beberapa hari ini ada update informasi mengenai honorer k2 itu yakni :

  1. Honorer K2 Temui Menpan Terkait Pengangkatan CPNS 2016/2017
  2. Menpan Upayakan Honorer K2 Solusi Terbaik
  3. Penyelesaian Honorer K2 Masih Belum Kelar Menanti Kepastian Menpan
Lalu bagaimana dengan jalur umum? Untuk lowongan CPNS jalur umum masih belum ada harapan karena meskipun rencana pengurangan PNS atau yang dikenal dengan rasionalisasi terhadap 1 juta PNS hanya tinggal cerita bagi Menpan sebelumnya namun Menpan Asman tengah juga menjalankan rasionalisasi itu secara otomatis.

Terbaru CPNS Pertanian ikuti tes CPNS 2016

Sebanyak lebih dari 6.000 Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian melakukan tes untuk diangkat menjadi Calon Pegawai  Negeri Sipil – Aparatur Sipil Negara (CPNS/CASN). Hal ini menyusul setelah program Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kementerian Kesehatan dan Guru Garis Depan (GGD) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) berlangsung Selasa- Jumat (04 – 06 Oktober), menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di 23 lokasi di seluruh Indonesia. “Hari pertama ini pelaksanaan tes  dilakukan di Universitas Syah Kuala, Aceh,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman di Jakarta.

Peserta tes wajib mengerjakan materi seleksi kompetensi dasar yang terdiri dari seleksi wawasan kebangsaaan (SWK), Seleksi Intelegensi Umum (SIU), dan Seleksi Karakteristik Pribadi (SKP).

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, sampai 30 September 2016 jumlah pendaftar sebanyak 6.087 orang. THL-TB Penyuluh Pertanian adalah jabatan yang mendukung Nawacita di sektor pertanian yang dikecualikan dalam moratorium.

Sebelum mengikuti TKD, telah dilakukan seleksi di sektor pelayanan dasar yakni pendidikan dan kesehatan. “THL-TB Penyuluh Pertanian ini juga telah melaksanakan tugas di daerah tertinggal, terluar dan terpencil berdasarkan penugasan dari Menteri Pertanian,” imbuh Herman.

Perhitungan kasarnya begini, yakni dengan mengurangi perekrutan pegawai di setiap tahun hingga tahun 2020 jangan sampai melebihi jumlah yang pensiun. Jika yang pensiun sebanyak 100 ribu orang per tahun maka yang diangkat misalnya 50 ribu saja.

Mengenai bukaan lowongan CPNS 2016 jalur umum, Menpan telah mengadakan rapat bersama kepala BKN yang berlangsung beberapa hari lalu masih di bulan Agustus 2016 ini, dan hasilnya berkaitan dengan perekrutan CPNS untuk jalur umum, selengkapnya cek Menpan rapat pengadaan CPNS 2016.
Description
: Lowongan CPNS 2016 bukaan Terbaru Cek Pendaftaran
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Lowongan CPNS 2016 bukaan Terbaru Cek Pendaftaran