CPNS 2017 | Tes CPNS atau yang kini dikenal dengan CASN 2017 masih dinantikan bahkan sebelumnya ada sekolah kedinasan yang menjadi awal dari penerimaan CPNS 2017 seperti yang dimuat dalam 4 Info Resmi CPNS 2017 dan memang peminatnya cukup banyak padahal dalam pendaftaran ini merupakan seleksi untuk pendidikan sebelum menjadi PNS, namun hingga kini tampaknya bukaan Pendaftaran CPNS masih mengalami pembatasan (moratorium) sehingga tahun 2017 seleksi CPNS tidak dibuka secara besar-besaran melainkan perekrutan didasarkan pada kebutuhan yang mendesak saja, oleh karenanya simak terus info terbaru mengenai pendaftaran CPNS 2017.

#Kabar Gembira, Beberapa Formasi yang Bakal dibuka pada CPNS 2017

Meskipun kebijakan moratorium belum dicabut di tahun ini namun ada angin segar bagi yang menantikan info CPNS terbaru sebab di Pendaftaran CPNS tahun 2017 ini seperti yang diberitakan oleh JPNN.com pada minggu 23 April 2017 menjelaskan pada sehari sebelumnya yakni tanggal 22 April 2017 bahwa ada formasi khusus yang langsung disampaikan oleh Menpan-RB disebabkan aparatur baru benar-benar dibutuhkan dalam beberapa formasi tersebut.

Adapun Formasi yang dimaksud adalah :

  1. Petugas Imigrasi
  2. Sipir
  3. PNS Spesialis Pertambangan
  4. Hakim
Lalu kapan kira-kira lowongan CPNS keempatnya itu dibuka? Maka jawaban Menpan-RB adalah:
’’Kuotanya masih kami hitung. Yang jelas memang benar-benar membutuhkan pengisian CPNS baru, sebentar lagi Terminal 3 Soekarno Hatta bakal dioperasikan, jelas membutuhkan penambahan petugas imigrasi.’’ Jelas Menpan.

Bukan hanya itu, petugas imigrasi juga diperlukan di sejumlah daerah. Di antaranya di pintu masuk Sumatera Utara. Di kawasan itu pariwisatanya sedang dikembangkan. Begitu pula untuk formasi sipir, tenaga bidang pertambangan, dan hakim juga perlu ditambah.

Rencana ini juga sudah mendapat sambutan yang baik dari anggota DPR komisi II sembari mengharap bahwa pemerintah juga memperhatikan tenaga honorer kategori II yang masih belum diangkat jadi CPNS.

Selain itu Menpan juga lebih menekankan kepada kualitas dalam seleksi CPNS yang sesuaai dengan kualifikasi masing-masing, bukan yang masih sering dijumpai kebanyakan PNS masih tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki sebagai contoh saja bahwa PNS berlatar belakang Satpol PP ternyata ditempatkan sebagai pegawai dinas perhubungan.

Info CPNS terbaru menjadi penantian khususnya bagi yang memiliki niat untuk mengikuti seleksi CPNS terbaru, dan disini juga kami menghimbau bahwa jangan percaya kepada oknum yang mengaku mampu meluluskan tanpa tes dengan membayar sejumlah uang karena semua itu tidak benar adanya.

Simak perkembangan info CPNS terbaru di Pengumuman CPNS 2017

#Pengurangan Jumlah PNS masih berlangsung


Sejak 2 tahun belakang sudah banyak PNS yang pensiun tapi tampaknya ini belum memenuhi kuota dari yang akan di rasionalisasi sebab di tahun lalu yakni Menpan terdahulu pernah menerapkan salah satu program yakni pensiun dini bagi CPNS yang tidak efektif yang dikenal dengan istilah pengurangan 1 juta PNS.

pendaftaran cpns 2017

Namun di tahun 2017 semua dilaksanakan secara alami, jika sebelumnya pengurangan itu berdasarkan kinerja tapi sekarang berdasarkan usia dan di tahun 2017 jumlah yang pensiun cukup banyak yakni 132.815 orang.

Dengan jumlah yang demikian maka belum tentu usia pensiun itu sesuai dengan formasi pegawai yang banyak, bisa jadi pensiun menyebabkan kekurangan pegawai di suatu daerah bahkan kekosongan yang mau tidak mau perekrutan CPNS baru harus dilaksanakan dan pendaftaran CPNS 2017 harus dilaksanakan.

Hingga kini belum ada jadwal pasti mengenai pendaftaran CPNS 2017, bila berminat pantau terus informasi mengenai CPNS 2017 di Pendaftaran CPNS 2017 dan kalaupun bukaan masih lama maka untuk jenis persyaratan pendaftaran biasanya akan sama atau tidak jauh berbeda dengan yang diperlukan pada bukaan CPNS sebelumnya untuk itu tidak ada salahnya disini kami berbagi mengenai syarat pendaftaran CPNS 2017 yang dimaksud.

#Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS 2017

Adapun pertama mengenai syarat yang umum diperlukan dalam pendaftaran CPNS antara lain sebagai berikut.
• Harus WNI atau Warga Negara Indonesia Asli;
• Memiliki taqwa terhadap Tuhan YME;
• Berintegritas yang tinggi terhadap NKRI;
• Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan;
• Tidak pernah diberhentikan sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
• Tidak berkedudukan sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau Pegawai Negeri Sipil;
• Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
• Berkelakuan baik;
• Sehat jasmani dan rohani; dan
• Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.

#Persyaratan Tambahan Pendaftaran CPNS 2017

Bila sebelumnya ada persyaratan pendaftaran umum maka kini sebagai tambahan yang juga sifatnya wajib dipenuhi bagi pendaftaran CPNS 2017 beberapa diantaranya adalah
  1. Rentang usia 18 - 30 Thn (CPNS 2017 UMUM) dan 35 Tahun (CPNS 2017 dari Honorer) per-1 Desember 2017, bukti scan / Fotocopy Kartu Tanda Penduduk.
  2. Scan / Fotokopi ijazah beserta transkrip yang telah dilegalisir
  3. Scan / Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm
  4. Scan / Fotokopi KTP,
  5. Scan / Fotokopi SKCK
  6. Scan / Fotokopi Kartu Kuning 
Dikarenakan pendaftaran itu berlangsung cepat dalam waktu pelaksanaan registrasi pendaftaran maka tidak ada salahnya jika persyaratan mulai dilengkapi agar nantinya sudah ada semua atau paling tidak diketahui agar mudah dalam proses perlengkapan menjelang pendaftaran CPNS yang akan berlangsung di tahun 2017 nanti.
Description
: Pendaftaran CPNS 2017 Persyaratan Umum dan Tambahan
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS 2017 Persyaratan Umum dan Tambahan

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.