CPNS 2016 | Mencari kerja tidak harus menjadi CPNS karena di tahun 2016 ini ternyata tes CPNS sangat susah, itu dikarenakan lowongan yang tidak kunjung dibuka. Namun demikian lowongan kerja CPNS masih merupakan idola bagi banyak orang. Bahkan belum ada bukaan saja tetapi sebagian orang masih tertipu oleh tipu daya calo CPNS yang pandai merayu. Adapun lowongan kerja yang paling dinantikan dari bukaan CPNS adalah tes CPNS 2016 untuk pelamar umum baik itu kota maupun di kabupaten, bagaimana perkembangan informasinya?

bukaan cpns 2016

Di akhir bulan September 2016 ini yang masih dibuka adalah lowongan CPNS pertanian namun kembali bukaan bukan untuk pelamar umum melainkan pegawai pertanian harian lepas dengan informasi pendaftaran cek di pengumuman CPNS pertanian 2016. Tidak hanya CPNS di bidang pertanian saja yang dibuka di jalur khusus karena 2 instansi sebelumnya juga telah mengadakan tes CPNS 2016 dengan bukaan yang terbatas. Pertama adalah bidan PTT yang akan segera pengumuman hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kedua adalah Guru GGD yakni diperuntukkan di Guru Garis Depan.

Lalu bagaimana dengan pelamar umum? Hingga saat ini belum ada informasi resmi yang membahas mengenai pengumuman pendaftaran CPNS untuk pelamar umum dan tampaknya seperti yang diberitakan sejak awal tahun 2016 bahwa pengumuman CPNS tentang pendaftaran pelamar umum tidak ada dan ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2016.

Mungkin timbul pertanyaan mengenai alasan tidak dibukanya tes CPNS 2016 ini? Keputusan sudah dikeluarkan yakni tertuang dalam Surat MenPAN-RB nomor : B/2631/M.PAN-RB/07/2016, tanggal 25 Juli 2016 maka penerimaan CPNS untuk tahun ini hanya untuk CPNS dari formasi khusus‎ yaitu pengangkatan dokter, dokter gigi dan bidan PTT di lingkungan Kemenkes dan guru garis depan di lingkungan Kemendikbud.

Dan pelaksanaan sudah dilangsungkan yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka lowongan bagi Guru Garis Depan (GGD) untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kuota yang disiapkan sebanyak 7.000 GGD dan akan ditempatkan di 93  daerah terdepan, terluar, tertinggal dan terpencil, minimal selama lima tahun.

Kemudian baru-baru ini dan masih berlangsung di bulan September 2016 adalah bukaan CPNS THL-TB penyuluh pertanian di lingkungan Kementerian Pertanian, lulusan pendidikan kedinasan/pola pembibitan. Pengadaan formasi 2014 di lingkungan pemda dikhususkan bagi Pemprov Papua dan Papua Barat, serta Kaltara sebagai DOB 2012.

Selain hal tersebut tidak ada rekrutmen CPNS. Dimana pemerintah tidak mengalokasikan anggaran rekrutmen CPNS jalur umum.

Ruang fiskal yang sempit me‎nyebabkan pemerintah tidak merekrut CPNS dari jalur umum. Sehingga, rekrutmen jalur umum hanya untuk formasi tertentu yang anggarannya sudah disiapkan kementerian/lembaga. Selanjutnya cek Jadwal CPNS 2017 karena kemungkinan besar bukaan tes CPNS 2016 untuk pelamar umum akan dilaksankan pada tahun 2017 mendatang.
Description
: Bukaan CPNS 2016 Pelamar Umum Semua Kota Kabupaten
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Bukaan CPNS 2016 Pelamar Umum Semua Kota Kabupaten