Info CPNS 2016/2017 | Perekrutan CPNS 2016 khusus formasi guru telah dilaksanakan, jalur khusus yang dibuka hanya terbatas pada formasi CPNS Guru GGD atau Guru Garis Depan tahun 2016 memang meninggalkan sedikit hal yang belum selesai yakni mengenai Info Pengumuman Resmi, dan sempat beredar kabar bahwa pengangkatan CPNS jalur ini akan dimasukkan pada anggaran di tahun 2017, benarkah demikian?

cpns ggd musi rawas

Sebagai contoh salah satu daerah adalah Kabupaten Musi Rawas yang pada Mei lalu melalui Linggau Pos dikabarkan bahwa BKPP mengajukan sebanyak 39 Formasi, ini merupakan jumlah formasi yang diberikan oleh Mendikbud sedangkan sebelumnya telah mengajukan sebanyak 125 formasi.

Adapun CPNS Guru GGD diperuntukkan untuk wilayah 3T yakni Terluar, Terpencil dan Tertinggal, sebagai daerah tertinggal periode tahun 2015 - 2019 dengan 122 daerah lainnya bersamaan dengan Musi Rawas Utara (Muratara).

Hal itu dimuat oleh Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015 - 2019 yang ditandatangani oleh presiden pada tanggal 4 November 2015. Dalam Perpres itu disebutkan, Daerah Tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional.

Suatu daerah ditetapkan sebagai Daerah Tertinggal berdasarkan kriteria: a. perekonomian masyarakat; b. sumber daya manusia; c. sarana dan prasarana; d. kemampuan keuangan daerah; e. aksesibiltas; dan f. karakteristik daerah.

Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, hingga saat ini terdapat 38 desa tertinggal dari seluruh desa yang ada di daerah itu mencapai 199 desa/kelurahan, sedangkan desa lainnya sudah menikmati hasil pembangunan selama 10 tahun terakhir.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan kepada wartawan di Musirawas, menjelaskan dari 38 desa tertinggal itu terdiri atas 7 desa sangat tertinggal dan sisanya hanya status desa tertinggal saja, desa sangat tertinggal itu sebagian besar merupakan desa pemekaran dekat kawasan hutan.

Ia mengatakan untuk mengentaskan 38 desa tertinggal itu, Pemkab Musirawas mendapat dukungan dari Komisi V DPR-RI dengan membantu membedah 250 rumah tak layak huni di desa tersebut.

Di Kabupaten Musi Rawas, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Musi Rawas, Sukamto, Minggu (20/11) menjelaskan, berdasarkan hasil keikutsertaannya dalam Rapat Koordinasi dan Validasi Data Kelulusan Guru Garis Depan Tahun 2016 yang diselenggarakan Kemendikbud Dirjen Guru dan Tenaga Kerja, di Hotel Boutique Kemayoran Jakarta Jumat (18/11) lalu akan ada 39 GGD untuk Musi Rawas.

“Mereka (GGD,red) ditempatkan di daerah 3T yakni di Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan Muara Kelingi, Kecamatan BTS Ulu, dan Kecamatan STL Ulu Terawas,” jelas Sukamto.

Validasinya dilakukan 18 – 20 November ini, sementara 29 November 2016 langsung dilakukan pengumuman penerimaan GGD.

“Desember 2016 akan dilakukan pembekalan sekaligus penyerahan GGD ke Bupati Musi Rawas. Insya Allah awal Januari 2017 tugas mengajar GGD langsung dilakukan,” jelas Sukamto.
Menurut Sukamto, para guru yang lolos seleksi GGD merupakan putra putri terbaik bangsa yang mau mengabdi di daerah pedalaman. Pada umumnya, mereka adalah alumni Sarjana Mengajar untuk daerah 3T (SM-3T). Sebab berdasarkan berbagai pertimbangan mereka telah teruji mengajar di daerah pedalaman.

Sukamto menjelaskan, sebelum pemberangkatan atau pelepasan pada I Januari, mereka akan mengikuti pembekalan.

“Para guru akan diundang ke Jakarta pada Desember sebelum pelepasan. Sementara saat ini, masih berlangsung proses pemberkasan. Proses itu dibuat ringkas. Hal tersebut bakal memudahkan para guru yang akan ditugaskan di daerah khusus. Pemberkasan ditangani Badan Kepegawaian Negara (BKN),” jelas Sukamto lagi.

Sebagai PNS Daerah, Sukamto mengatakan, jika para GGD ini mengajukan pindah, maka semua akan menjadi pertimbangan dan wewenang Pemda.

Sukamto menyebutkan, para guru GGD mendapat tiga kali gaji setiap bulan. Mulai dari gaji pokok, tunjangan profesi, dan Tunjangan Khusus Daerah (TKD) yang nilainya masing-masing satu kali gaji pokok. Dengan keistimewaan tersebut, ia mengharapkan para guru betah mengabadikan diri di daerah 3T.

Tidak terlalu besarnya peminat yang mengikuti tes CPNS GGD disebabkan karena syaratnya berbeda dari formasi umum. Sebab, syarat yang harus dipenuhi cukup ketat mulai harus sudah mengantongi sertifikat pendidik dan profesi guru dan harus melalui pendidikan profesi guru (PPG) sarjana mengajar didaerah terpencil, tertinggal dan terluar.

“Artinya dari syarat yang diberlakukan tidak mudah dipenuhi. Sehingga, untuk antusias guru yang mengikut tes tidak terlalu besar,”terangnya.

Hanya saja, untuk kelulusan belum diumumkan oleh kemendiknas pusat karena masih proses rencana penempatan. Namun,18-20 kemendiknas akan mengundang Sekda, Kepala Disdik, BKPP se-Kabupten/kota yang mendapatkan formasi GGD untuk persiapan pengumuman seleksi.

“Kemungkinan dari rapat bersama Kemendiknas nanti segera diumumkan. Namun, dari 19 orang yang tes belum tentu semuanya lulus,”ucapnya.

Disinggung mengenai pemetaan penempatan GGD lulus CPNS bertugas di Mura nantinya. Maka dirinya mengakui sudah menentukan dalam penempatan tugas diantaranya 15 Guru kelas di 15 SD diberbagai desa, 5 guru olahraga di 4 SD dan 1 SMP, satu guru bahasa indonesia, bahasa inggirs, matematika, IPS, PPKN, seni rupa BK dan 2 guru IPA ditingkat SMP.

“Artinya ada 29 pilihan sekolah yang kita tawarkan untuk mengajar di sekolah tingkat SD dan SMP. Bahkan, dari 29 sekolah tersebut berada didesa terpencil, tertinggal dan terluar,”akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Mura, Sukamto menjelaskan, dalam pemerataan guru tahun ini pemerintah pusat dan daerah Mura melakukan Mou dalam penempatan GGD untuk sekolah kurang tenaga pendidik. Bahkan, GGD akan diberikan tunjangan Rp.12 juta untuk satu GGD yang diterjunkan di Mura.

“Secara umum kebutuhan guru terutama PNS di Mura masih kurang. Sehingga, melalui GGD kendati tidak sepenuhnya memenuhi jumlah kebutuhan namun setidaknya dapat sedikit terbantu terutama disekolah terpencil,”pungkasnya. (HS-06)
Description
: Info CPNS 2016/2017 Penerbitan NIP dan SK CPNS Guru GGD
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Info CPNS 2016/2017 Penerbitan NIP dan SK CPNS Guru GGD