CPNS 2017 | Penundaan yang kerap terjadi untuk tes CPNS terutama di sepanjang tahun 2016 akan memancing rasa penasaran dan menambah lagi penantian panjang calon pelamar sehingga wacana bukaan CPNS yang akan berlangsung di tahun 2017 nanti akan menjadi trend baru bisa jadi mulai awal tahun 2017.

Penerimaan CPNS 2017 masih sama seperti sebelumnya masih didasarkan pada perhitungan anggaran dengan jumlah pegawai yang ada didaerah, sebagai contoh Pemda Sulut 2017. Dalam draft, APBD Sulut 2017 diasumsikan Rp3,5 triliun. Salah satu komponen, yakni belanja pegawai mendapat porsi cukup besar, yakni Rp1,1 triliun. Dari penjelasan yang tertuang dalam draft tersebut, anggaran sebesar itu mengcover gaji PNS Pemprov yang berjumlah sekira 5.614 orang. Selain itu, pemerintah mencantumkan asumsi kenaikan gaji PNS, termasuk penerimaan CPNS melalui jalur umum yang direncanakan dilakukan tahun depan.

info cpns 2017

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Dr Femmy Suluh mengakui, sekira 2.000-an PNS se-Sulut yang pensiun tahun ini. Sebanyak 279 PNS di antaranya berasal dari Pemprov Sulut. Namun hal tersebut tak lantas membuka penerimaan CPNS. Karena, sistem penerimaan CPNS harus mengikuti petunjuk pemerintah pusat.

Sebelumnya, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan, untuk pengadaan PNS tahun depan masih sedang dikaji ulang. Namun dikatakannya, prioritas utama penerimaan PNS berada di daerah otonomi baru (DOB). “Untuk daerah lainnya akan disesuaikan dengan kebutuhan objektif, serta mempertimbangkan kapasitas fiskal daerah,” ujarnya, Selasa (25/10).

Sebelumnya, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan,  formasi kebutuhan CPNS ‎tengah didiskusikan. Jabatan yang dibuka, juga didasari pada analisis jabatan dan beban kerja. Namun, Iwan, sapaanya belum bisa memastikan. Dengan begitu, Iwan mengaku, belum mengetahui secara pasti apakah akan tetap membuka penerimaan CPNS ‎sesuai formasi yang pernah dihitung mantan MenPAN-RB sebelumnya, yakni sebanyak 81 ribu kursi.

Diperkirakan ada beberapa poin yang akan populer yakni mulai dari jadwal pendaftaran CPNS yang masih dirahasiakan hingga pengumuman kelulusan karena lowongan CPNS mampu menarik perhatian berbagai pihak dan memiliki daya magnet yang tinggi bagi penduduk Indonesia apalagi di masa sekarang tingkat pengangguran di level sarjana terus bertambah.

Lalu kapan jadwal bukaan CPNS 2017 itu? sebelumnya menurut surat keputusan MenPAN-RB No. B/3656/M.PAN-RB/11/2016 tentang Informasi Penundaan Pengadaan CPNS Pusat dari Pelamar Umum Tahun 2016, yang ditandatangani Asman Abnur tanggal 8 November 2016 dituliskan bahwa penundaan CPNS akan berlangsung hingga tahun 2017, info lengkap cek di Rekrutmen CPNS 2017.

Di dalamnya sudah dijelaskan mengenai 32 instansi yang akan membuka peluang untuk menambah pegawai baru melalui tes CPNS 2017, lalu info lebih lanjut silahkan cek Pendaftaran CPNS 2017 dan Jadwal CPNS 2017.
Description
: Kabar Populer: Info CPNS 2017 Mulai Pendaftaran Hingga Pengumuman
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Kabar Populer: Info CPNS 2017 Mulai Pendaftaran Hingga Pengumuman