Cara Masuk UGM Jalur Pendaftaran SNMPTN 2017

Cara Masuk UGM Tahun 2017 | Bagi kebanyakan pelajar SMA dan SMK atau yang sederajat, cara masuk UGM tahun 2017 merupakan topik paling menarik untuk dibahas saat ini, mengingat penerimaan mahasiswa baru sudah semakin dekat. 


Sebenarnya, universitas terkemuka di Yogyakarta ini memberikan cukup banyak kesempatan bagi pelajar sekolah untuk mencoba menjadi mahasiswa di UGM. Berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh:

Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN

Seleksi ini menggunakan prestasi akademik berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya yang berkaitan dengan program studi yang dipilih. Lihat cara login pendaftaran SNMPTN 2017. Selain UGM, pelajar juga dapat mencoba masuk di perguruan tinggi negeri lainnya. Seleksi ini dibiayai oleh pemerintah sehingga pelajar dan wali tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN

Mirip dengan seleksi di atas, seleksi ini diadakan oleh seluruh PTN di Indonesia secara serentak. Jika tidak lolos SNMPTN, kita bisa mencoba masuk UGM melalui jalur ini.

Melalui Seleksi Prestasi

Seleksi ini dapat ditempuh dalam beberapa cara. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu atau PBUTM menawarkan pembiayaan selama 8 semester penuh oleh UGM. Sementara itu, Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan atau PBUK digunakan untuk menjaring putra dan putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerahnya. Pelajar ini biasanya dibiayai oleh Pemda setempat. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi atau PBUB diadakan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi istimewa di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Terakhir, Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni atau PBOS diadakan untuk menjaring calon mahasiswa dengan prestasi di bidang olahraga dan seni baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional. Jalur seleksi prestasi ini memungkinkan calon mahasiswa untuk memilih dua program studi dalam prosesnya.

Melalui Seleksi Ujian Tulis UGM atau UTUL

Seleksi ini diadakan oleh UGM sendiri dan seleksi dilakukan secara tertulis. Calon mahasiswa diperkenankan untuk memilih tiga program studi dalam seleksi ini baik Program Diploma maupun Sarjana. Program Diploma biasanya dapat dipilih hanya pada seleksi gelombang pertama sekolah vokasi saja dan tidak tersedia untuk gelombang berikutnya, jika ada.

Melalui Seleksi Program Internasional atau International Undergraduate Program

Seleksi ini dapat diikuti oleh pelajar atau calon mahasiswa yang merupakan lulusan SMA, Pra-Universitas, atau A-Level yang ingin mengikuti Program Internasional yang diadakan oleh UGM untuk melanjutkan studinya. Program ini semakin diminati oleh calon mahasiswa dengan harapan untuk memperoleh potensi dengan standar global.


Seperti dapat dilihat dari uraian di atas, ada cukup banyak cara untuk bisa menjadi mahasiswa di UGM. Kita bahkan bisa mencoba beberapa cara atau jalur sekaligus pada tahun yang sama, yang merupakan trik umum yang pernah dilakukan sebagian besar mahasiswa di UGM. Pilih cara masuk UGM tahun 2017 yang tepat dan persipakan sejak dini untuk memudahkan prosesnya. 
Description
: Cara Masuk UGM Jalur Pendaftaran SNMPTN 2017
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Cara Masuk UGM Jalur Pendaftaran SNMPTN 2017