CPNS 2017-2018 | Percaloan CPNS kian marak dan parahnya tidak hanya dilakukan oleh oknum sipil melainkan kini sudah diotaki oleh PNS Pemda, seperti yang baru-baru ini terungkap di Jabar atau Jawa Barat beberapa waktu lalu yang mana ratusan korban diminta berkumpul di Gedung Sate Bandung untuk dilakukan pelantikan tapi tenyata semua merupakan korban penipuan CPNS oleh karena itu kami menghimbau untuk sobat pembaca semua agar waspada terhadap janji-janji manis yang dilakukan oleh oknum baik itu sipil maupun pemerintah yang katanya mampu meloloskan menjadi PNS.


Menindaklanjuti yang baru-baru terjadi, yakni penipuan dilakukan oleh oknum PNS lalu bagaimana cara penanganannya? Berikut pernyataan Sekretaris Daerah KBB Maman Sunjaya, Minggu 29 Januari 2017 yang dikutip dari Pikiran-Rakyat.com

”Jangan mudah tergiur dengan iming-iming akan jadi CPNS. Sebab pembukaan CPNS itu resmi dan ada prosedurnya,”

Ditambahkan lagi bahwa proses pelaksanaan tes CPNS itu secara bertahap tidak ujuk-ujuk langsung direkrut jadi pegawai, yakni dimulai dari pengumuman resmi oleh BKD masing-masing baru kemudian tahap pendaftaran, lebih lanjut berikut penjelasannya.

”Rekrutmen CPNS itu secara resmi diinformasikan oleh Badan Kepegawaian Daerah. Ada tahapan-tahapannya. Jadi, jika ada yang mengaku bisa memasukkan menjadi CPNS, jangan percaya,” ujar Maman.

Cara membedakan info resmi CPNS dengan yang palsu

Terkait dengan kasus penipuan perekrutan CPNS yang berlangsung di Bandung Barat beberapa waktu lalu maka melalui Sekda Bandung Barat, masyarakat harus waspada terhadap info perekrutan tes CPNS 2017.

“Informasi resminnya belum ada, tapi kami menyambut baik rencana tersebut,” kata Iwa kepada wartawan, Kamis (26/1).

“Pusat yang akan membuka lowongan CPNS, kami menunggu rencana lebih detilnya, Jangan asal percaya begitu saja, hati-hati. Informasi resmi hanya dari BKN, BKD atau Kemenpan RB, Sejauh ini, tidak ada rekrutmen CPNS umum untuk 2017. Kalau ada informasi, tolong klarikasi, ke kami. Insya Allah akan kami layani dengan baik. Kalau ada iming-iming, jelas itu indikasi penipuan, Masih ada cara yang lain, masih ada pekerjaan lain,” katanya.

Sebelumnya, Menteri PAN RB Asman Abnur mengatakan, pihaknya berencana membuka lowongan CPNS formasi khusus pada 2017, terutama dari sekolah-sekolah pendidikan kedinasan.

“Syaratnya juga kualitas tinggi, misalnya cum laude. Kemudian ada juga yang dari disabilitas, kemudian atlet berprestasi. Itu yang jadi formasi khusus, tahun ini kita buka. Sekarang dibuat dulu formasinya,” ucap Asman.

Indikasi Penipuan CPNS yang selama ini terjadi

1. Ada iming-iming
Nah biasanya iming-iming ini berbuntut minta imbalan terhadap jasa meloloskan CPNS yakni biasanya dengan sejumlah uang dengan alasan uang ucapan terima kasih atau apapun namanya, dan pada sesungguhnya tes CPNS itu gratis dengan prosesnya dilakukan secara bertahap.

2. Tidak terdaftar di BKN, BKD atau Kemenpan RB
Pendaftaran resmi adalah dengan mendaftarkan data diri di Menpan dan BKN secara resmi baik itu online dan offline sehingga pendaftaran CPNS 2017 resmi tentu diawali dengan mendaftar di Panselnas Menpan web kemudian di website SSCN BKN. Bila tidak melalui tahap ini maka sudah pasti palsu.

3. Ada rekrutmen CPNS umum untuk 2017
Sistem seleksi dilakukan secara terbuka dan umum, artinya tidak sembunyi-sembunyi dan diberitakan oleh semua media baik itu cetak, media online dan media massa lainnya.

Beberapa Modus Penipuan CPNS yang terjadi di Sulteng atau Makassar

Menurut Kasat Reskrim Polres Pelabuhan, AKP Ivan Wahyudi, para korban yang direkrut umumnya adalah pegawai honorer di Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah.

"Jadi caranya itu, para pelaku ini mendatangi para korban untuk direkrut. Kemudian mereka disuruh menghadiri tes wawancara di salah satu hotel di Makassar. Korbannya ini semua dari Luwuk Banggai," papar Ivan Wahyudi di Mapolres Pelabuhan Makassar, Rabu (25/1/2017).

Hal ini terungkap karena beberapa korban yang tiba di Makassar, tak kunjung mendapat kejelasan dari panitia penyelenggara. Karena curiga korban langsung mendatangi Polres Pelabuhan Makassar untuk membuat aduan.

"Korbannya ini sudah dua hari di Makassar, tapi tidak ada kejelasan," tutupnya.

(Aneka Sumber)
Description
: Merasa ditipu PNS Calo CPNS, Lapor Inspektorat Segera!!!
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Merasa ditipu PNS Calo CPNS, Lapor Inspektorat Segera!!!

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.