CPNS 2017-2018 |




Belum lama ini Kementeritan Kesehatan RI membuka lowongan CPNS 2017 yang berkaitan dengan kesehatan dan kedokteran. Dibukanya lowongan tersebut dikabarkan banyaknya berbagai desa dan daerah terpencil lainnya yang memiliki kekurangan bidan, kekurangan dokter, dan pegawai kesehatan lainnya. Melalui latar belakang ini mungkin akan menjadi kesempatan bagus bila banyak pendaftar berasal dari beberapa tempat yang menjadi prioritas penanganan kesehatan. Tak hanya itu mereka yang mau mengabdi menjadi tenaga kesehatan di tempat yang jauh dari rumah, merantau juga akan semakin mendapatkan kesempatan dengan adanya program pemerintah yang semakin peduli dengan kesadaran kesehatan rakyatnya ini.
Meski banyak orang yang mencari lowongan CPNS 2017 secara langsung di internet, sebenarnya telah ada di website resminya di depkes.go.id yang menginfokan berbagai formasi akan kebutuahan di tiap-tiap daerah. Di daerah tersebut telah ada data kebutuah berapa jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan. Alur pertama tetap sama dengan pendaftaran lainnya yaitu seleksi berkas. Yang perlu disiapkan sebagai persyaratn berkas yaitu Ijazah, Identitas domisili, serta surat pernyataan keterangan bahwa pelamar belum menjadi pegawai tetap. Pada seleksi online bisa dikunjungi di website resminya di cpns.ppt.kemkes.go.id. Biasanya seleksi berkas akan dilakukan di bulan Juni. Jadi tak lama setelah itu akan ada pengumuman tentang lolos tidaknya berkas yang masuk.
Berbeda dengan lowongan CPNS 2017 lainnya, seleksi yang dilakukan di Kementerian Kesehatan RI ini menggunakan sistem online. Setelah tedapat pengumuman lolos seleksi berkas, pelamar dapat mecetak dan melagalisirnya 2 jam sebelum dilaksanakan tes selanjutnya berupa ujian menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan ujian ini dilakukan bersama serentak di seluruh Indonesia. Tak lama pula dengan waktu seleksi berkas. Sekitar minggu kedua ketiga bulan Juli. Model seleksi di Kementerian Kesehatan merupakan salah satu dari beberapa instansi pemerintah yang lebih cepat dan simpel. Selain pengumumannya yang lebih cepat sehingga tidak ada harapan yang tergantung terlalu lama, model ujian serentak menggunakan komputer ini dinilai lebih efisien dari seleksi model konfensional.
Terdapat pula beberapa keunkan lowongan CPNS 2017di bidang kesehatan bila berhubungan degan kekurangan tenaga. Doter, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya banyak dipindah atau dipekerjakan sesuai adanya pasien di wilayah terpencil tersebut. Jadi bila seorang pegawai PNS bekerja di sebuah rumah sakit, namun ada rumah sakit lain yang sedang membutuhkan pegawai tersebut karena ada ketidaksanggupan dari pegawai yang besangkutan akan diarahkan untuk membantu rumah sakit tersebut. Ini dapat terjadi seperti layaknya pegawai negeri dengan model jam terbang. Meski tak dihitung dari sisi jamnya dia bekerja namun mobilitas sangat banyak dilakukan melihat terpencilanya suatu wilayah mengharuskan tanggap darurat lebih bila tidak ada akses jalan ke ruang kota.
Pembukaan lowongan CPNS 2017 oleh Kementerian Kesehatan ini belum lama dilakukan. Pembuatan MoU terkait pembukaan ini dilakukan dengan perjanjian kepada berbagai pihak seperti Pemda, Bupati setempat yang masih memiliki kebutuhan pegawai kesehatan, hingga Pemerintahan Daerah, sebagai tempat penempatan warga yang bekerja di sektor kesehatan terebut. Keputusan ini juga dilakukan perundingan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Pendidikan dan Budaya. Tujuannya agar semakin tercipta kesehatan yang memadai bagai mayarakat, meski daerahnya tepencil. Bagi Anda yang mungkin tertarik bekerja di sektor ini akan lebih baik bila mempersiapkan diri dengan mengambil pendidikan tinggi di sekolah yang berkaitan dengan kesehatan seperti politeknik kesehtan ataupun universitas terbuka kebidanan.
 
Description
: Alur Pendafataran Lowongan CPNS 2017 Kementerian Kesehatan
Rating
: 4.5
Reviewer
: ringrong
ItemReviewed
: Alur Pendafataran Lowongan CPNS 2017 Kementerian Kesehatan

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.