CPNS 2017-2018 | Kemenkes buka pendaftaran CPNS 2017 di Periode kedua, cek info mengenai lengkap bukaan CPNS Kemenkes tersebut dan 60 Instansi lainnya di Pengumuman Resmi Pendaftaran CPNS 2017, kemudian untuk Alur Pendaftaran silahkan baca hingga selesai di bawah ya.



Belum lama ini Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) membuka lowongan CPNS 2017 yang memanggil putra-putri terbaik untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pada tahun ini, Kemenkes membuka kuota 1.000 formasi CPNS.

Dasar penerimaan CPNS tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 69 Tanggal 31 Agustus 2017 tentang  Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2017 di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Dikutip dari laman kemkes.go.id, Jumat (8/9/2017), berikut ini jabatan yang dibutuhkan dan juga kualifikasi pendidikan dalam seleksi CPNS 2017 di lingkungan Kemenkes:

1. Apoteker
Kualifikasi pendidikan yang harus dimiliki adalah apoteker . jumlah formasi pada jabatan ini adalah sebanyak 26.

2. Asisten Apoteker
Harus memiliki kualifikasi pendidikan D3 Farmasi. Dan menerima sebanyak 18 formasi.

3. Dokter Ahli
Berikut adalah kualifikasi pendidikan yang dicari spesialis anak, dokter umum, spesialis bedah anak, spesialis Anestesiologi dan Reanimasi, Spesialis Bedah Onkologi, spesialis bedah plastik, spesialis bedah saraf, spesialis bedah Thoraks dan kardiovaskular, spesialis farmakologi klinik, spesialis forensic dan medicolegal, spesialis gizi klinik, spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, spesialis kedokteran nuklir, spesialis kesehatan jiwa, spesialis kulit dan kelamin, spesialis mata, spesialis mikrobiologi klinik, spesialis neurologi, spesialis obstetric dan ginekologi, spesialis onkologi radiasi, spesialis orthopaedi dan traumatologi, spesialis patologi anatomi, spesialis patologi klinik, spesialis pulmonologi dan ilmu kedokteran respirasi, spesialis radiologi, spesialis THT dan KL, dan spesialis urologi.

4. Dokter Gigi
Pada bidang ini, kualifikasi pendidikan yang harus dimiliki adalah dokter gigi, spesialis bedah mulut, spesialis kedokteran gigi anak, spesialis konservasi gigi, spesialis orthodonti, spesialis penyakit mulut, dan spesialis prosthodenti.

5. Dosen (Asisten Ahli)
S2 kualifikasi pendidikan Analisis farmasi, antropologi, biokimia, biologi, biomedik, bioteknologi, farmasi, gizi, ilmu gizi, ilmu kedokteran tropis, ilmu pangan, ilmunologi, kebidanan, kedokteran dasar, keperawatan, kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, kimia, kimia klinik, manajemen farmasi, manajemen rumah sakit, mikrobiologi, teknik elektro, teknik lingkungan, terapan imaging.

6. Entomology Kesehatan
Kualifikasi pendidikan pada bidang kesehatan masyarkat dengan perminatan kesehatan lingkungan.

7. Epimiolog Kesehatan
Kualifikasi pendidikan di kesehatan masyarakat.

8. Fisioterapis
Ahli dalam Fisioterapis.

9. Fisioterapis terampil
Calon memiliki kualifikasi pendidikan D3 audiologi dan fisioterapis.

10. Nutrisionis
Yang dapat masuk sebagai calon adalah yang memiliki kualifikasi pendidikan D3 bidang gizi.

11. Perawat Ahli
Untuk memenuhi kriteria, calon yang ingin mendaftar sebagai perawat ahli harus memiliki kualifikasi pendidikan Ners.

12. Perawat terampil
Kualifikasi pendidikan D3 Keperawatan.

13. Perekam Medis Terampil
Kualifikasi Pendidikan D3 Rekam Medis.

14. Pranata Laboratorium Kesehatan
Kualifikasi Pendidikan D3 Analisis Kesehatan.

15. Pranata Laboratoeium Pendidikan
Pada jabatan ini, terdapat beberapa kualifikasi pendidikan yang dapat masuk menjadi calon, yaitu kebidanan, gizi, kesmas epidemiologi.

16. Radiographer
Kualifikasi pendidikan adalah teknik radiologi dan radiofarmasi.

17. Radiographer Terampil
Kualifikasi pendidikan adalah D3 Teknik Radiodiagnostik.

18. Sanitarian Terampil
Kualifikasi pendidika yang dimiliki D3 Kesehatan lingkungan.

19. Teknisi Elektro Medis
Harus memiliki kualifikasi pendidikan D3 eletromedis.

Nah untuk Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017 Kementerian Kesehatan silahkan cek Cara Mudah Pendaftaran CPNS 2017.

Meski banyak orang yang mencari lowongan CPNS 2017 secara langsung di internet, sebenarnya telah ada di website resminya di depkes.go.id yang menginfokan berbagai formasi akan kebutuahan di tiap-tiap daerah. Di daerah tersebut telah ada data kebutuah berapa jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan. Alur pertama tetap sama dengan pendaftaran lainnya yaitu seleksi berkas. Yang perlu disiapkan sebagai persyaratn berkas yaitu Ijazah, Identitas domisili, serta surat pernyataan keterangan bahwa pelamar belum menjadi pegawai tetap. Pada seleksi online bisa dikunjungi di website resminya di ropeg.kemkes.go.id. Biasanya seleksi berkas akan dilakukan di bulan Juni. Jadi tak lama setelah itu akan ada pengumuman tentang lolos tidaknya berkas yang masuk.

Berbeda dengan lowongan CPNS 2017 lainnya, seleksi yang dilakukan di Kementerian Kesehatan RI ini menggunakan sistem online. Setelah tedapat pengumuman lolos seleksi berkas, pelamar dapat mecetak dan melagalisirnya 2 jam sebelum dilaksanakan tes selanjutnya berupa ujian menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan ujian ini dilakukan bersama serentak di seluruh Indonesia. Tak lama pula dengan waktu seleksi berkas. Sekitar minggu kedua ketiga bulan Juli. Model seleksi di Kementerian Kesehatan merupakan salah satu dari beberapa instansi pemerintah yang lebih cepat dan simpel. Selain pengumumannya yang lebih cepat sehingga tidak ada harapan yang tergantung terlalu lama, model ujian serentak menggunakan komputer ini dinilai lebih efisien dari seleksi model konfensional.

Terdapat pula beberapa keunkan lowongan CPNS 2017di bidang kesehatan bila berhubungan degan kekurangan tenaga. Doter, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya banyak dipindah atau dipekerjakan sesuai adanya pasien di wilayah terpencil tersebut. Jadi bila seorang pegawai PNS bekerja di sebuah rumah sakit, namun ada rumah sakit lain yang sedang membutuhkan pegawai tersebut karena ada ketidaksanggupan dari pegawai yang besangkutan akan diarahkan untuk membantu rumah sakit tersebut. Ini dapat terjadi seperti layaknya pegawai negeri dengan model jam terbang. Meski tak dihitung dari sisi jamnya dia bekerja namun mobilitas sangat banyak dilakukan melihat terpencilanya suatu wilayah mengharuskan tanggap darurat lebih bila tidak ada akses jalan ke ruang kota.

Pembukaan lowongan CPNS 2017 oleh Kementerian Kesehatan ini belum lama dilakukan. Pembuatan MoU terkait pembukaan ini dilakukan dengan perjanjian kepada berbagai pihak seperti Pemda, Bupati setempat yang masih memiliki kebutuhan pegawai kesehatan, hingga Pemerintahan Daerah, sebagai tempat penempatan warga yang bekerja di sektor kesehatan terebut. Keputusan ini juga dilakukan perundingan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Pendidikan dan Budaya. Tujuannya agar semakin tercipta kesehatan yang memadai bagai mayarakat, meski daerahnya tepencil. Bagi Anda yang mungkin tertarik bekerja di sektor ini akan lebih baik bila mempersiapkan diri dengan mengambil pendidikan tinggi di sekolah yang berkaitan dengan kesehatan seperti politeknik kesehtan ataupun universitas terbuka kebidanan.

Description
: Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017 Kementerian Kesehatan
Rating
: 4.5
Reviewer
: ringrong
ItemReviewed
: Alur Pendaftaran Lowongan CPNS 2017 Kementerian Kesehatan

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.