CPNS 2017-2018 | Berikut kami akan update mengenai informasi terbaru CPNS yang cukup menghebohkan terkait dengan SK Palsu CPNS yang beredar, entah siapa dibalik SK Palsu ini namun masyarakat dihimbau terlebih bagi pembaca CPNS2016.com jangan sampai terperdaya adanya SK CPNS Palsu ini, simak Info CPNS 2017 selengkapnya berikut.

sk cpns 2017 palsu

Momentum pengangkatan CPNS di bulan Maret tahun 2017 ini yaitu dari dokter PTT, bidan PTT, guru garis depan (GGD), serta penyuluh pertanian rupa-rupanya telah dimanfaatkan oleh para calo yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut dilakukan dengan cara menerbitkan sebuah SK (Surat Keputusan) Pengangkatan CPNS dilengkapi dengan tanda tangan kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara) palsu. Melalui surat imitasi tersebut terdapat penjelasan tentang pengangkatan dan penempatan seseorang untuk masuk ke dalam sejumlah instansi tertentu seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan, maupun Badan Pusat Statistik (BPS).

Perlu diketahui bahwa modus-modus para calo seperti ini rupanya bukan merupakan hal baru. Hal tersebut juga sempat dikatakan oleh Mohammad Ridwan, Karo Humas BKN di Jakarta beberapa hari yang lalu. “Walaupun sudah berkali-kali, tapi masih ada yang tertipu. Para calo ini memang pintar, kalau nggak pintar nggak mungkin ada yang tertipu,” katanya hari Senin 27 Maret.

Para calo tersebut sengaja ingin mendapatkan keuntungan pribadi dari ketidaktahuan masyarakat dalam hal pembagian wewenang PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) pusat serta daerah apalagi dalam penerimaan CPNS 2017. Untungnya peredaran Surat Keputusan bodong tersebut terungkap dari pengaduan publik kepada BKN. Dalam surat palsu tersebut tercatat sejumlah nama yang diangkat menjadi CPNS untuk wilayah Pemerintah Kabupaten Trenggalek, JaTim dilengkapi NIP dan disahkan atas nama kepala BKN.

Ketika NIP dan juga data-data pada surat palsu tersebut diverifikasi, tidak ada yang masuk pada database BKN sehingga diketahui bahwa edaran surat tersebut bukan yang asli. Selain itu, Ridwan juga telah menegaskan bahwa SK CPNS 2017 hanya dapat dikeluarkan secara resmi oleh PPK atau pejabat masing-masing instansi. Sedangkan BKN tidak mempunyai kewenangan dalam hal pengangkatan CPNS BKN, melainkan tugasnya hanyalah mengeluarkan Nota Pertimbangan teknis penerbitan NIP CPNS.

Untuk lebih jelasnya tentang pengangkatan CPNS di Indonesia dapat dilihat secara lebih detail pada PP 63/2009 tentang Perubahan‎ atas PP 9/2003, yaitu Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian PNS. Dari sana juga dapat dihimpun informasi mengenai pengangkatan sampai pemberhentian CPNS secara resmi sehingga jika kedapatan hal-hal yang dipalsukan, masyarakat atau publik dapat lebih mengerti dan membedakan modus-modus pemalsuan yang dapat saja terjadi.

Agar masyarakat yang melakukan pendaftaran CPNS 2017 dan mendapatkan SK terkait pengangkatan dan penempatan, dapat melakukan konfirmasi keaslian dengan cara mengirimkan e-mail ke humas@bkn.go.id atau bisa juga melalui akun media sosial seperti twitter di @BKNgoid, Facebook di @BKNgoid, atau via mekanisme Lapor BKN. Dari partisipasi masyarakat tersebut, diharapkan Indonesia kian mampu mengatasi serta mencegah modus-modus tindakan penipuan seperti berita tentang para calo yang menerbitkan SK palsu CPNS 2017 tersebut.
Description
: SK CPNS 2017 Palsu Beredar, Masyarakat Diminta Hati-hati
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: SK CPNS 2017 Palsu Beredar, Masyarakat Diminta Hati-hati

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.