CPNS 2017-2018 | Sistem penerimaan CPNS 2017 masih tanda tanya, lalu kapan sebenarnya proses itu dilakukan? Baru-baru ini pemerintah baru saja meresmikan sebuah peraturan baru yang isinya mengatur mengenai pengelolaan atau manajemen ASN yang mengubah cara perekrutan CPNS 2017.

info cpns terbaru

Persyaratan Terbaru CPNS berdasarkan PP No 11 Tahun 2017

Adapun peraturan yang dimaksud adalah  PP No 11 Tahun 2017 memuat beberapa persyaratan untuk menjadi CPNS tahun 2017, CPNS 2018 dan seterusnya. Setidaknya ada 9 syarat perekrutan CPNS itu yakni:

1. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah; dan

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK. Batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat dikecualikan bagi Jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 (empat puluh) tahun. Jabatan tertentu yang dimaksud ditetapkan oleh Presiden.

Lalu apa hubungannya dengan sistem perekrutan CPNS 2017 atau 2018 nanti? Nah pada dasarnya persyaratan tersebut telah berlaku pada sistem penerimaan CPNS sebelumnya namun lebih ketat dalam sistem kualifikasi sehingga nantinya PNS yang diterima memang PNS profesional di bidangnya masing-masing.

Selain dari yang disebutkan diatas, dalam PP nomor 11 ini juga mengatur tahapan seleksi CPNS yang meliputi Tahapan Seleksi CPNS tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, pengangkatan calon PNS dan masa percobaan calon PNS dan pengangkatan menjadi PNS.

Dalam tahap awal yakni perencanaan meliputi usulan yang dibuka dalam rentang waktu lebih panjang (jika sebelumnya meliputi kebutuhan per tahun) maka berdasarkan PP terbaru ini proses perencanaan meliputi usulan untuk 5 tahun ke depan melalui analisis jabatan dan beban kerja dengan rencana strategis menggunakan e-formasi.

“Instansi yang baru mengajukan usulan tahun depan, otomatis tidak bisa melakukan rekrutmen CPNS tahun depan juga. Kalau ingin merekrut CPNS 2018, usulannya sudah diajukan tahun ini,” ujar Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja seperti dilansir jpnn.com

Pola Tahapan CPNS menurut PP Nomor 11 ini

Yang berbeda dari peraturan terbaru CPNS ini bahwa proses usulan jumlah CPNS yang dimasukkan dari daerah ke pusat biasanya dua sampai tiga bulan sebelum rekrutmen dimulai, namun untuk PP terbaru prosesnya mulai tahun depan tidak lagi.

Proses seleksi harus sudah dilakukan setahun sebelum proses rekrutmen, nantinya saat waktunya tiba langsung melaksanakan sesuai rencana bukaan. Contohnya, pengadaan CPNS 2018, penyusunan kebutuhan harus diajukan Maret 2017 kepada MenPAN-RB dan Kepala BKN.

Pertimbangan Kepala BKN paling lambat diajukan Juli 2017 dan pertimbangan Kementerian Keuangan untuk urusan penggajian paling lambat akhir Mei 2018. Sedangkan penetapan formasi oleh MenPAN-RB dilaksanakan Mei tahun berjalan. ‎Setelah formasi ditetapkan, masing-masing instansi sudah bisa melakukan seleksi CPNS sekitar Juni.

Nah bisa jadi proses CPNS 2018 nanti akan dimulai pada bulan Juni, mari kita nantikan bersama penerapan dari PP No 11 tahun 2017 ini.

Pembaruan lainnya terletak pada persyaratan batas usia, “ Batas usia sebagaimana dimaksud dapat dikecualikan bagi Jabatan tertentu, yaitu paling tinggi 40 (empat puluh) tahun. Jabatan tertentu sebagaimana dimaksud ditetapkan oleh Presiden,” bunyi Pasal 23 ayat (2,3) PP No. 11 Tahun 2017 itu. cek juga Info resmi CPNS 2017 terbaru.

Description
: Perekrutan CPNS di Bulan Juni Menurut PP No 11 Tahun 2017?
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Perekrutan CPNS di Bulan Juni Menurut PP No 11 Tahun 2017?

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.