CPNS 2017-2018 | 141 Dari 542 Daerah Telah Usulkan Formasi CPNS 2017 ke Kemenpan Lewat e-formasi | Tercatat telah ada 141 Daerah yang siap melakukan perekrutan CPNS 2017 karena telah mengusulkan formasi ke pusat melalui e-formasi, jumlah ini belum sampai setengahnya dari total 542 daerah yang diminta mengajukan usulan formasi CPNS ke Kemenpan.

info formasi cpns 2017

Penantian mengenai kapan CPNS 2017 dilaksanakan tampaknya akan diperpanjang sebab hingga kini belum ada kepastian dari Kemenpan mengenai tes CPNS apa saja yang dibuka di tahun 2017 ini, apakah ada jalur umum atau jalur khusus.

Bila memang ada nantinya bukaan CPNS tampaknya lebih kepada jalur khusus sebab dengan adanya kebijakan moratorium masih diberlakukan tahun ini maka sudah pasti penerimaan CPNS jalur ditiadakan.

Dari sudut pandang lainnya yakni menurut Kepala BKN saat ditanya mengenai formasi CPNS 2017, pihak sependapat dengan Kemenpan yakni belum ada kepastian sebab semua itu masih proses yang panjang karena sedang dalam pembahasan MenPAN-RB dengan Menkeu.

"‎Kapan formasinya ditetapkan, saya tidak tahu. BKN inginnya sih cepat supaya tesnya bisa cepat selesai dan penetapan NIP-nya bisa selesai akhir tahun," terangnya Kepala BKN, Senin (5/6).

Mengenai kebutuhan di daerah ternyata tak semua daerah butuh penambahan pegawai sebab usulan yang diberi tenggat waktu hingga 31 Mei ternyata tidak dipergunakan dengan baik sehingga usulan formasi melalui web e-formasi telah ditutup.

Sementara itu, jumlah daerah yang membutuhkan PNS baru masih sangat sedikit. Itu tergambar dari usulan kebutuhan CPNS 2017‎ yang masuk lewat e-formasi.

Dalam keterangan resminya, MenPAN-RB Asman Abnur menyatakan bahwa daerah yang tidak mengajukan usulan, berarti tidak membutuhkan tambahan pegawai baru. Hal ini kemungkinan karena tidak semua jabatan yang bakal dibuka.

"Formasi yang akan ditetapkan sesuai usulan. Namun, usulan itu harus sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan seperti tenaga kesehatan, pendidik, penyuluh, penjaga lapas, dan jabatan yang mendukung nawacita‎," kata Asman di Jakarta, Kamis (1/6).

Tentang peraturan baru yang memuat tentang PP Manajemen PNS, mengunngkapkan bahwa setiap pengajuan formasi tiap tahun wajib dilakukan sebelum proses yang sebenarnya terjadi.

Dari total 542 daerah baru sekitar 141 daerah yang telah melakukan usul formasi belum tentu semuanya usulan itu diterima dan diberi formasi karena perhitungannya adalah adanya ketentuan KemenPAN-RB, daerah yang diberi formasi harus dengan belanja pegawai di bawah 50 persen.

"Kalau daerah yang pegawainya sudah banyak, tidak perlu tambah. Cukup berdayakan PNS yang ada," tegasnya.

Rekrutmen CPNS 2017 sendiri akan dilakukan secara terbatas. Pasalnya, moratorium CPNS masih tetap berlaku dan belum dicabut Presiden Joko Widodo.

Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman menjelaskan, rekrutmen tahun ini hanya dikhususkan untuk formasi yang berkaitan dengan program Nawacita.

Usulan formasi yang diajukan daerah ke Kemenpan-RB akan dilihat akan dilihat sesuai kebutuhan objektif. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan, Kemenpan-RB akan menolak usulan formasi CPNS dimaksud.

"Jadi pengadaannya terbatas, jumlahnya pun tidak banyak. Harus benar-benar sesuai kebutuhan objektif berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja (ABK) serta membidik program Nawacita," kata Herman kepada JPNN, Senin (5/6).

Mengenai formasi, Her‎man mengungkapkan, belum ada penetapan. Saat ini masih digodok bersama instansi terkait dan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia.
Description
: 141 Dari 542 Daerah Telah Usulkan Formasi CPNS 2017 ke Kemenpan Lewat e-formasi
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: 141 Dari 542 Daerah Telah Usulkan Formasi CPNS 2017 ke Kemenpan Lewat e-formasi

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.