BKD Pemprov NTB Tunggu Kepastian Info dan Formasi CPNS di Bulan Juni 2017

CPNS 2017-2018 | Info CPNS 2017 terbaru memang tengah dinantikan oleh banyak orang namun seolah belum ada kepastian hingga kini semua kabar resmi memang berpedoman pada info dari Kemenpan, termasuk yang diberitakan baru-baru ini saat ditemui awak media bahwa pihak BKD Pemprov NTB tunggu kepastian Menpan untuk seleksi CPNS di bulan Juni 2017.

“Kita masih menunggu dari pusat ini, dari Menpan RB. Mudah-mudahan segera, kita berdoa,” ucap Kepala BKD Pemprov NTB, Kamis, 1 Juni 2017.


Sedangkan untuk formasi masih belum bisa dipastikan bahkan pihak BKD sendiri belum berani memastikan formasi apa saja yang dibuka dalam seleksi CPNS 2017 yang akan datang. Untuk harapan tetap berharap sembari menantikan info resmi dari Menpan.

“Kita berharap CPNS ini jadi tahun ini,” katanya.

Ditanya lebih lanjut mengenai formasi berdasarkan usulah terdahulu bahwa total jumlah yang diajukan oleh BKD Pemprov NTB adalah 4.603 yang sudah masuk ke Kemenpan. Formasi yang paling banyak didominasi oleh tenaga fungsional yang terdiri dari CPNS Kesehatan dan juga CPNS Guru dengan total adalah 3.658 orang.

Dari jumlah tersebut lagi diketahui bahwa BKD Pemprov NTB paling banyak mengusulkan CPNS untuk guru, terdiri dari guru SMA/MAN, ada guru SMK lalu ada guru SLB dengan total kesemuanya adalah 2.901 orang.

Dapat dirincikan lebih detail menjadi 757 tenaga kesehatan, kemudian 945 tenaga teknis lalu 1.495 guru MAN/SMA, 1.322 guru SMK dan 84 Guru SLB.

Ditambahkan lagi bahwa semua data perhitungan formasi diatas merupakan murni usulan dari BKD Pemprov NTB artinya itu khusus tenaga yang dibutuhkan oleh pemerintah provinsi karena memang untuk CPNS kabupaten dan kota langsung mengusulkan sendiri kebutuhan pegawai CPNS di tahun 2017 ini ke Menpan langsung.

Usulah formasi CPNS pun sudah masuk dalam proses persetujuan dengan harapan dari BKD bahwa Menpan dapat menerima semua usulan formasi yang telah diajukan oleh pihaknya.

“Kita tinggal menunggu jumlah kuota formasi CPNS di berikan untuk Pemprov NTB. Kita menunggu dan berharap usulan kita dapat diterima seluruhnya. Selanjutnya kita tunggu MenPAN-RB menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip untuk rekrutmen CPNS,” jelasnya.

Untuk tenaga kesehatan, berikut beberapa jabatan yang diajukan BKD NTB. Tenaga kesehatan ahli yang hendak dicari di antaranya dokter spesialis, dokter gigi, perawat ahli, apoteker, nutrisionis ahli, psikolog, bidan ahli, bidan terampil, radiografer ahli, perekam medis ahli dan sanitarian ahli. Untuk tenaga kesehatan terampil tenaga yang dicari antara lain teknik elektromedik terampil, fisioterapis, terapis okupasi, terapis wicara, terapis transfusi darah dan asisten apoteker.

Lihat persyaratan umum dan tambahan CPNS 2017

Sementara itu, untuk tenaga teknik ada 137 jabatan yang diusulkan. Diantaranya yaitu analis kepegawaian ahli, pranata humas, pranata komputer, ahli teknisi elektro, perencana, pengadaan barang dan jasa, teknik jalan dan jembatan, teknik pengairan, teknik tata bangunan, teknik penyehatan lingkungan, ekonomi dan akuntansi.

Lalu bagaimana prosesnya? Kerap kali pelaksanaan CPNS dikaitkan dengan aturan yang berlaku dan kini yang terbaru memuat tentang tahapan CPNS adalah PP No 11 tahun 2017, apa isinya, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Tahapan CPNS Berdasarkan PP No 11 Tahun 2017

Pelaksanaan tes CPNS saat ini selalu berhalangan dengan kabar kepastian dari pihak pusat bahkan kalaupun akan diadakan bukaan CPNS maka info bisa saja diumumkan dalam waktu dekat dan ini tidak akan dijumpai lagi mulai tahun depan sebab PP No 11 tahun 2017 telah mengatur hal yang berbeda dalam proses usulan jumlah CPNS yang biasanya dimasukan dari daerah ke pusat dalam 2-3 bulan sebelum rekrutmen dimulai, namun pada PP ini proses seleksi harus dilakukan setahun sebelum proses rekrutmen tersebut. Sehingga nantinya ketika waktunya tiba, semua sudah sesuai dengan rencana dan tidak akan molor-molor lagi.

Sebagai contoh misalnya pengadaan CPNS untuk tahun 2018 penyusunan kebutuhannya harus sudah diajukan mulai Maret 2017 kepada MenPan-RB dan juga Kepala BKN. Pertimbangan dari Kepala BKN paling lambat harus sudah diajukan bulan Juli 2017 dengan pertimbangan Kementerian Keuangan untuk pengurusan penggajian paling lambat Mei 2018. Setelah semua formasi ditetapkan maka instansi terkait sudah mulai bisa melakukan seleksi sekitar bulan Juni nanti.

Dengan begitu kebutuhan untuk CPNS pada tahun 2018 nanti sudah bisa dilakukan proses seleksi pada bulan Juni nanti. Oleh sebab itu proses CPNS 2017 saat ini sangat berbeda dengan proses-proses CPNS sebelumnya.

Info Resmi Panselnas Mengenai Bukaan CPNS 2017

Di awal tahun kemarin telah dibuka seleksi CPNS untuk jalur ikatan dinas yang telah berlangsung secara online melalui situs resmi Panselnas di Panselnas.id dengan rincian :

1. Sekolah Kedinasan Kemendagri yaitu IPDN sebanyak 1.689 orang
2. Sekolah Kedinasan Kemenkeu yaitu PKN STAN sebanyak 6.961 orang
3. Sekolah Kedinasan Kemenhub yaitu STTD sebanyak 165 orang
4. Sekolah Kedinasan Kemenkumham yaitu Poltekim dan Poltekip sebanyak 500 orang
5. BIN yaitu STIN sebanyak 124 orang.
6. BPS yaitu STIS sebanyak 600 orang.
7. BMKG yaitu STMKG sebanyak 250 orang.
8. Lemsaneg yaitu STSN sebanyak 100 orang.

Adapun prosesnya adalah :
1.Melakukan pendaftaran secara online di situs panselnas.id dan di situs resmi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran tersebut.
2. Setiap pendaftar hanya boleh memilih satu sekolah kedinasan saja.
3. Sistem seleksi menggunakan CAT.
4. Pengisian formulir pendaftaran harus menggunakan data-data asli.
5.Persyaratan lainnya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing sekolah kedinasan.

Info Mengenai Jadwal Pendaftaran CPNS 2017 Untuk Pelamar Umum

Saat ini pemerintah sangat hati-hati sekali dalam melakukan perekrutan CPNS 2017. Hal ini dikarenakan pada Januari 2017 lalu jumlah PNS yang ada di Indonesia sudah mencapai 4.475.997 orang. Jumlah PNS tersebut semuanya aktif dan bertugas dengan baik di berbagai instansi baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 37.69% adalah tenaga pengajar, 37.69% merupakan jabatan fungsional umum (JFU) dan sisanya adalah tenaga kesehatan dan juga PNS yang menduduki jabatan struktural. Bahkan di beberapa instansi yang ada di daerah perkotaan jumlah PNS telah melebihi kuota yang diharuskan. Oleh sebab itu karena terlalu banyaknya jumlah PNS yang ada, maka pemerintah sangat berhati-hati ketika membuka lowongan CPNS 2017.

Jumlah Tenaga PNS Yang Akan Pensiun Hingga 2020

Pembukaan lowongan CPNS juga berkaitan erat dengan jumlah tenaga PNS yang akan pensiun. Hingga tahun 2020 sedikitnya akan ada 752.271 pegawai yang akan masuk pada masa pensiun. Adanya pegawai yang pensiun tentu akan ada beberapa pos yang kosong. Inilah jalan satu-satunya yang menjadi alasan untuk penerimaan CPNS khususnya untuk jalur umum. Namun tentu saja jumlahnya tidak akan melebihi jumlah pegawai yang pensiun tersebut.

Nah karena jumlah pegawai yang akan pensiun hingga tahun 2020 cukup banyak, maka setelah melakukan moratorium selama 2 tahun, akhirnya pemerintah kembali membuka rekrutmen CPNS 2017. Hal ini dipertegas dalam surat MenPan-RB tanggal 25 April 2017 silam yang ditujukan langsung pada instansi pusat maupun daerah.

Di dalam surat tersebut, masing-masing instansi diwajibkan untuk membuat perencanaan mengenai kebutuhan tenaga PNS hingga 5 tahun ke depan. Semua data perencanaan tersebut harus diinput ke dalam aplikasi e-formasi. Khusus untuk instansi di daerah, hanya dibatasi pada kebutuhan guru, dokter, perawat serta jabatan-jabatan yang hanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur saja.

Oleh sebab itu, untuk anda yang masih memiliki cita-cita menjadi PNS, saat ini dengan dibukanya CPNS 2017, anda memiliki kesempatan yang besar hingga 2020 nanti untuk bersaing dengan yang lainnya untuk mendapatkan pos jabatan yang anda impikan selama ini.

Description
: BKD Pemprov NTB Tunggu Kepastian Info dan Formasi CPNS di Bulan Juni 2017
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: BKD Pemprov NTB Tunggu Kepastian Info dan Formasi CPNS di Bulan Juni 2017

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.