CPNS 2017-2018 | CPNS Mahkamah Agung akan membuka lowongan penerimaan CPNS di tahun 2017/2018 ini? Dan info resmi dari website Menpan.go.id bahwa bukaan CPNS MA dimulai dengan pendaftaran online yang berlangsung mulai tanggal 01 hingga 31 Agustus mendatang di web SSCN BKN 2017, Mari simak informasi selengkapnya mengenai Lowongan Penerimaan CPNS Mahkamah Agung (MA) 2017/2018.

Adapun Mahkamah Agung atau sering disebut dengan MA adalah posisi terpenting yang bergerak di bidang hukum dan juga peradilan tinggi di lembaga negara Indonesia, Hampir sama dengan halnya MK atau Mahkamah Konstitusi memiliki kekuasaan diatas peradilan tinggi yang meliputi peradilan agama, militer, umum dan tata usaha dalam negara.

Peranan yang demikian memang sudah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda dimana kala itu MA atau MK sudah menjadi peradilan di Indonesia dan sistem penjajahan pun berdampak besar bagi peradilan ada berada di Indonesia.

Dan bila kita menemukan Kitab undang-undang hukum pidana dan perdata dan juga semua sumber hukum yang digunakan hingga saat ini merupakan hasil dari masa penjajahan belanda pada masa jajahan Mr. herma Willem Daendles pada tahun 1807.

Tidak hanya Belanda, bila kembali ke masa dulu ada juga pengaruh dari Inggris yakni terlihat pada peradilan tinggi pada masa Letnan Jendral Thomas Stanford reffles tahun 1811, Namun hanya sedikit sekali karena Belanda lebih dominan mengingan memang masa penjajahan yang panjang berpengaruh terhadap peradilan di Indonesia pada masa penjajahan Hindia Belanda yang hampir menjajah setengah abad lamanya pada tahun 1816-1842 di Indonesia.


Bercermin dari peradilan tempo dulu, bahwa kala itu di Indonesia menganut sistem peradilan tinggi, peradilan tertingginya bernama Hoogerechtshoof  yang memiliki kedudukan tinggi pada wilayah hukum di Indonesia  dengan seorang ketua dan dua orang anggota, dua orang advokat dan beberapa pembantu  oleh seorang panitera satu orang atau lebih.

Tepatnya pada 19 agustus tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno  mengangkat seorang ketua yang bernama Dr. R. S. Se Koesemah Atmadja sebagai salah seorang ketua umum Mahkamah Agung Repbulik Indonesia yang pertama kali dilantik, kemudian pada hari itulah diperingati sebagai hari jadi  ulang tahun Mahkamah Aung tertanggal 19 agustus 1945 melalui SK dengan nomer  KMA/043/SK/VIII/1999. Pada tanggal itulah Repbulik Indonesia mengesahkan Undang-Undang dasar 1945 dan pembentukan dan engangkatan Kabinet presidential pertama di Indonesia, Setelah satu tahun Ibu kota Indonesia dari jakarta berpindah ke Jogjakarta antara tahun 1946 sampai dengan 1950 sehingga Mahkamah Agung  mengalami dinamika dan ketatanegaraan.

Dalam hal ini Mahkamah Agung mememiliki tanggung jawab dan wewenangnya sebagai berikut ini:
  • Mahkamah Agung merupakan peradilan tertinggii atau pihak yang memutuskan permohonan kakasi dan peradilan tingay akhir dan semua peradilan yang ada.
  • Mahkamah Agung memiliki tangung jawab dalam menguji pertauran secara materi dalam peraturan perundang-undangan dibawah undang-undang.
  • Mahkmah Agung memiliki wewang dalam menyelanggarakan peradilan pada semua lingkungan peradilan.
  • Struktur Mahkamah Agung terdiri dari seorang pimpinan Hakim, Kepaniteraan Mahkamah Agung, Sekretaris MA, Pimpinan dan hakim anggota MA dengan jumlah total sebanyak 60 orang.  Dengan info dan alamat kontak pada

Alamat Mahkamah Agung republik Indonesia
Jln. Medan Merdeka Utara no.9-13
Jakarta Pusat- jakarta Indonesia.

Pengumuman Penerimaan CPNS Mahkamah Agung (MA) Tahun 2017/2018

Mahkamah Agung (MA)  Republik Indonesia diperkirakan akan membuka lowongan kerja CPNS MA namun memang kapan jadwalnya masih belum pasti apalagi di tahun 2017 ini pemerintah masih me-moratorium CPNS semua instansi.

Setidaknya seluruh masyarakat Indonesia bisa bersiap-siap bila benar nanti ada bukaan karena memang lowongan penerimaan CPNS ini dinantikan oleh banyak orang begitu juga dengan penerimaan CPNS Mahkamah Agung (MA), asalkan dengan satu syarat yakni baik pria maupun wanita memenuhi persyaratan seperti kriteria terlampir,

Beberapa kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantikan akan menjadi pegawai di MA atau Mahkamah Agung haruslah memiliki beberapa kompetensi secara khusus sesuai dengan syarat penerimaan CPNS Mahkamah Agung.

Berikut jenis-jenis formasi yang dibutuhkan saat penerimaan CPNS MA atau Mahkamah Agung tahun lalu, antara lain;

- Formasi yang paling dibutuhkan yaitu kriteria Analis Materi Sidang Mahkamah Agung. Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah sarjana Strata Satu Jurusan Hukum.

- Selanjutnya yang kedua yakni Pengelola Data di Mahkamah Agung dan peradilan. Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah Diploma  3 pada juruan Komputer, Informatika, ALTRI, dan Akutansi.

- Calon panitera Peradilan Umum dan tata usaha negara. Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah bagi Lulusan Sarjana Strata Satu Jurusan Hukum.

- Sedangkan keempat adalah Panitera Pengganti pada Peradilan Agama. Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah bagi lulusan sarjana strata satu jurusan Perbandingan Madzah dan Hukum, ahwal Syakhsiyah/hukum keluarga, Jinayah Siyasah/ Hukum Jinayah dan tata Negara, Ilmu Huukum Islam, Hukum Ekonomi Islam, SHI, Sy dan berbagai jurusan hukum tentang agama.

- Dan terakhir pada Analis Materi Sidang Peradilan Agama. Persyaratan pendidikan yang dapat mendaftarkan diri  adalah lulusan sarjana strata satu jurusan Perbandingan Madzah dan Hukum, ahwal Syakhsiyah/hukum keluarga, Jinayah Siyasah/ Hukum Jinayah dan tata Negara, Ilmu Huukum Islam, Hukum Ekonomi Islam, SHI, Sy dan berbagai jurusan hukum tentang agama.

Lalu apa saja Persyaratan Umum bagi calon pendafar CPNS Mahkamah Agung 2017/2018?

-  Sebagai seorang warga negara Indonesia (WNI)
- Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
- Selengkapnya di Persyaratan CPNS 2017/2018

Dimana situs resmi Mahkamah Agung berada?

Zaman kini yang syarat dengan hoax menuntut kita untuk bisa memperoleh informasi dari sumber yang benar dan valid, adapun yang benar adalah yang memang berasal dari instansi terkait. Misal info mengenai penerimaan CPNS mahkamah agung maka yang perlu dikunjungi adalah situs resmi Mahkamah Agung ( MA ).

Bagi kita yang tak begitu paham mengenai beda web resmi dan web komersil kerap menggunakan google sebagai alat bantu pencarian informasi mengenai penerimaan CPNS 2017/2018 termasuk info penerimaan CPNS Mahkamah Agung.

Namun tidak semua hasil pencarian yang tampil di halaman pencarian google itu web resmi, ternyata hanya ada satu web resmi Mahkamah Agung yang memang milik pemerintah yakni yang memiliki domain .go.id atau secara lengkap www.mahkamahagung.go.id

Selain informasi yang berasal dari situs resmi tersebut maka belum bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Jadi hati-hati terhadap info palsu yang beredar.

Langkah demi langkah pendaftaran CPNS Mahkamah Agung 2017/2018

Langkah yang akan dibagikan berikut hanya bisa dilakukan saat penerimaan CPNS MA 2017/2018 resmi dibuka, namun sebagai persiapan meskipun memang belum ada penerimaan CPNS Mahkamah Agung tak ada salahnya bila kita mengetahui langkah yang harus ditempuh saat pendaftaran CPNS MA 2017/2018 dilakukan.

Hal pertama kali yang perlu diingat bahwa Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung (MA) 2017/2018 dilaksanakan melalui online artinya dalam jaringan, nah langkahnya tentu akan berbeda dengan cara manual atau offline maka simak penjelasalan berikut dengan seksama.

Pertama adalah Langkah persiapan, lalu apa saja yang harus disiapkan menjelang pendaftaran CPNS Mahkamah Agung? Karena sistemnya nanti melalui online maka yang harus disiapkan adalah koneksi internet yang cepat serta semua perangkat yang diperlukan yakni laptop, modem dan sebagainya.

Kedua bisa proses akses online melalui internet telah siap maka carat situs-situs online yang nantinya akan dituju untuk proses pendaftaran CPNS Mahkamah Agung 2017/2018, adapun 3 situs yang berperan penting dalam proses pendaftaran CPNS MA 2017/2018 adalah

1. http://www.mahkamahagung.go.id
2. http://panselnas.menpan.go.id
3. http://sscn.bkn.go.id

Penjelasan situs pertama, www.mahkamahagung.go.id merupakan situs resmi Mahkamah Agung yang dalam peranan di proses pendaftaran CPNS Mahkamah Agung adalah sebagai tempat rujukan infromasi resmi bukaan penerimaan CPNS MA 2017/2018.

Kemudian yang kedua adalah Panselnas Menpan, situs ini milik Kemenpan & RB dengan subdomain Panselnas atau Panitia Seleksi Nasional, atau Panitia khusus penerimaan CPNS semua instansi. Penjelasan lebih lanjut cek di Panselnas Menpan.

Selanjutnya ada SSCN BKN, merupakan situs Sistem Seleksi CPNS Nasional merupakan situs yang dibawahi oleh BKN sebagai pusat kepegawaian Negara Indonesia. Lebih lengkap silahkan lihat di SSCN BKN 2017-2018.

Pemberkasan Pelamar CPNS Mahkamah Agung 2017/2018

 Adapun pelamar juga harus melampirkan surat lamaran tertulis dengan lampiran sebagai berikut:
1. Melakukan registrasi online  dengan bukti print out dkument hasil registrasi di website panselnas tersebut
2.  Bagi yang akan melamar silahkan untuk menulisakn surat lamaran dengan tinta hitam dengan dibubhi sebuah maetrai 6000. yang ditujukan kepada sekretaris MA RI, Untuk tanggal pelamaran sesuai dengan registrasi onlinenya.
3. Menyertakan Fotokoi KTP yang masih berlaku.
4. Melampirkan fotokopian transkrip nilai dengan ijazah yang sudah dilegalisir. dan dapat menunjukkan akreditasi prodi minimal B
5. Memberikan foto yang berukuran 4x6 dengan background warna merah ditulis nama dan tanggal lahir.

Beberapa berkas diatas dibuat dan dimasukkan ke amplop warna kecoklatan dan dituliskan nomer pendaftaran registrasi online ke alamat berikut ini:

Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Mahkamah Agung Repblik Indonesia
PO BOX 2700 Jakarta 10027

Pengiriman diatas hanya digunakan untuk kantor Pos dan anda bisa memilih beberapa Lokasi Ujian terdekat di Indonesia.

1. Kantor BKN Pusat yang beralamat di Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 Telp. (021) 809 3008 DKI JAKARTA www.bkn.go.id

2. Kantor BKN REGIONAL I YOGYAKARTA
(WILAYAH KERJA JAWA TENGAH DI YOGYAKARTA)
Jl. Magelang Km. 75, Yogyakarta 55285 DI YOGYAKARTA Telp. (0274) 868 234 www.bkn.go.id/kanreg01/

3. Kantor BKN REGIONAL II SURABAYA
(WILAYAH KERJA JAWA TIMUR)
Jl. Letjen S. Parman No. 6 Waru Sidoarjo JAWA TIMUR 61256 Telp. (031) 853 0696 www.bkn.go.id/kanreg02/

4. Kantor BKN REGIONAL III BANDUNG
(WILAYAH KERJA JAWA BARAT BANTEN)
Jl. Surapati No. 10 Bandung 40124 JAWA BARAT Telp. (022) 727 2021 www.bkn.go.id/kanreg03/

5. Kantor BKN REGIONAL IV MAKASSAR
(WILAYAH KERJA SULAWESI SELATAN, SULAWESI BARAT, SULAWESI TENGAH, SULAWESI TENGGARA, MALUKU)
Jl. Pacerakang No. 3 Daya Kec. Bringkanaya, Makassar SULAWESI SELATAN Telp. (0411) 512 022 www.bkn.go.id/kanreg04/

6. Kantor BKN REGIONAL V JAKARTA
(WILAYAH KERJA LAMPUNG, DKI JAKARTA, KALIMANTAN BARAT)
Jl. Raya Ciracas No. 36 Ciracas 13730 DKI JAKARTA Telp. (021) 8772 1084 www.bkn.go.id/kanreg05/

7. Kantor BKN REGIONAL VI MEDAN
(WILAYAH KERJA SUMATERA UTARA - NAD)
Jl. T.B. Simatupang No. 124 Pinang Baris Medan 20128 SUMATERA UTARA Telp. (061) 8
45 3744 www.bkn.go.id/kanreg06/

8. Kantor BKN REGIONAL VII PALEMBANG
(WILAYAH KERJA JAMBI, SUMATERA SELATAN, BANGKA BELITUNG, BENGKULU)
Jl. Gubernur H.A. Bastari, Seberang Ulu I Jakabaring Palembang 30252 SUMATERA SELATAN Telp. (0711) 519 155 www.bkn.go.id/kanreg07/

9. Kantor BKN REGIONAL VIII BANJARMASIN
(WILAYAH KERJA KALIMANTAN TENGAH, KALIMANTAN SELATAN, KALIMANTAN TIMUR)
Jl. Bhayangkara No. 1 Sungai Besar Banjar Baru 55285 KALIMANTAN SELATAN Telp. (0511) 478 1552 www.bkn.go.ig/kanreg08/

10. Kantor BKN REGIONAL IX PAPUA
(WILAYAH KERJA PAPUA - PAPUA BARAT)
Jl. Baru No. 100/B Kota Raja Jayapura 99225 PAPUA Telp. (0967) 587 7779 www.bkn.go.id/kanreg09/

11. Kantor BKN REGIONAL X DENPASAR
(WILAYAH KERJA BALI -NTB - NTT)
Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai No. 646 Suwung Denpasar BALI Telp. (0361) 728 384, 725 690, 720 302 Fax. (0361) 720 302 www.bkn.go.id/kanreg10/

12. Kantor BKN REGIONAL XI MANADO
(WILAYAH KERJA SULAWESI UTARA, GORONTALO, MALUKU UTARA)
Jl. AA Maramis Km. 8 Paniki Bawah, Mapangat Manado 95258 SULAWESI UTARA Telp. (0431) 864 343 www.bkn.go.id/kanreg11/

13. Kantor BKN REGIONAL XII PEKANBARU
(WILAYAH KERJA RIAU, KEPULAUAN RIAU, SUMATERA BARAT)
Jl. Hang Tuang Ujung No. 148 Pekanbaru 28281 RIAU Telp. (0761) 787 0006 Fax. (0761) 46104 Email: kanreg12@bkn.go.id www.bkn.go.id/kanreg12/

Bagi yang mendaftarkan jangan lupa untuk belajar tata cara seleksi menggunakan sitem komputerisasi online atau CAT dengan seleksi dan tahapannya sebagai berikut:

  • Bagi pelamar pendaftaran CPNS MA harus mengetahui  mengoperasikan komputer karena  ujian Test Kompetensi dasar (TKD) menggunakan sistem CAT
  • Bagi pelamar jangan lupa untuk selalu mengecek situs mahkamahagung.go.id karena Jadwal ujian akan ditetapkan di situs tersebut
  • Pada saat ujian, pelamar jangan lupa membawa kartu ujian dan kartu tanda penduduk.
  • Bagi pelamar yang sudah dinyatakan lolos Test Kompetensi dasar akan serentak diumukan diwebsite resmi  Mahkamahagung.go.id.
  •  dan sudah berkewajiban untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu test kompetensi bidang (TKB).
  • Seleksi pendaftaran cpns tersebut menggunakan sistem gugur sesuai dengan keputusan panitia.


Info Resmi bukaan CPNS Mahkamah Agung (MA) 2017

Resmi info terbaru bahwa formasi CPNS yang akan dibuka untuk MA berjumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam. Selengkapnya di Jadwal Resmi CPNS 2017.
Description
: CPNS Mahkamah Agung (MA) 2017 Resmi Pendaftaran 01 - 31 Agustus
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: CPNS Mahkamah Agung (MA) 2017 Resmi Pendaftaran 01 - 31 Agustus

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.