Pendaftaran CPNS Polsuspas / Sipir 2017-2018

CPNS 2017-2018 | Kabar gembira terbaru bagi yang menanti info bukaan CPNS bahwa yang akan datang akan ada perekrutan CPNS untuk formasi Polsuspas atau Polisi Khusus Lapas / Sipir tahun 2017-2018, bagaimana info selengkapnya? Cek lebih lanjut di Pendaftaran CPNS Polsuspas / Sipir 2017-2018

Memang lumrah jika PNS / ASN menjadi impian atau harapan tertinggi bagi sebagian besar pencari kerja baik pria maupun wanita terutama yang memang telah menempuh pendidikan tinggi namun tak kunjung mendapatkan kerja.

Ada kabar gembira nih bagi peminat CPNS 2017 2018 karena sebentar lagi pemerintah akan membukan salah satu posisi yang cukup menarik yakni Polsuspas atau Polisi Khusus Pemasyarakatan.

pendaftaran cpns polsuspas 2017

Apa itu Polsuspas? Nah bila ada orang yang ditangkap polisi lalu mendapatkan hukuman penjara biasanya dikurung di Lapas atau Lembaga Permasyarakatan selama masa hukuman dan orang yang betugas serta berwenang disana adalah Polsuspas atau Polisi Khusus Lapas.

Lalu apa keuntungan menjadi Polsuspas? Pertama memiliki gaji yang tinggi dan naik tiap tahun, seragam yang gagah seperti militer, job yang menantang karena harus selalu bersama para penjahat atau pelaku kriminal serta syarat yang cukup mudah yaitu minimal lulusan SMA / SMK sederajat.

Bila kita melihat kondisi dilapangan memang cukup ironi karena Indonesia dengan jumlah Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan sekian banyak bahkan kelebihan penghuni namun di dalamnya hanya ada sedikit Petugas Pemasyarakatan yang berjaga.

Oleh karena itu pihak Lapas sendiri mengharapkan agar pemerintah memperhatikan kondisi ini sehingga bisa melakukan perekrutan Polsuspas / Sipir 2017 2018 dengan jumlah yang banyak agar dapat memenuhi kebutuhan pegawai yang tengah berlangsung.

Di tengah moratorium yang berjalan panjang sejak 2015 lalu kini di tahun 2017 2018 ada kabar bukaan CPNS untuk formasi Polsuspas atau Sipir yang penyelenggaraannya berbarengan dengan perekrutan CPNS Hakim oleh Kemenkumham.

Kapan pelakasanaan Pendaftaran CPNS Polsuspas / Sipir 2017-2018 cek di Info CPNS Kemenkumham.

Sembari menunggu pengumuman bukaan CPNS Polsuspas / Sipir 2017 2018 mungkin ada yang penasaran berapa gaji Polsuspas / Sipir perbulan?

Adapun gaji akan mengacu pada ketentuan sebagai seorang ASN / PNS namun untuk yang berlaku saat ini Gaji pokok tenaga sipir / Polsuspas berkisar Rp 5 juta sampai Rp 13 juta perbulannya. Itu lebih baik dibandingkan dengan gaji kementerian dan lembaga lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ansarudin selaku Kabiro Humas Kemenkum dan HAM RI.

Namun ternyata jumlah yang dianggap banyak orang sebagai penghasilan yang cukup besar ternyata masih ada saja Polsuspas / sipir yang menarik keuntungan sampingan dari para napi. Sudah bukan rahasia lagi hal-hal semacam pungutan liar di penjara adalah hal yang wajar.

Saat ini rasio sipir di Indonesia dengan napi dan tahanan sekali shift penjagaan adalah 1 banding 50. Artinya, dalam satu kali shift penjagaan, seorang sipir harus menjaga 50 orang. Untuk pekerjaan seberat itu, seorang sipir yang baru lulus dari Akademi Ilmu Pemasyarakatan mendapat status pegawai negeri sipil dengan Pangkat Pengatur, Golongan IIC dan penghasilan sekitar Rp 3,5 juta per bulan.

Beberapa praktek Pungli di Penjara oleh Oknum Polsuspas yang pernah terjadi

Selain dari gaji, pendapat sipir juga berasal dari napi. Dari pengalaman saya di Rutan Kebonwaru pos pemasukannya mulai dari uang kondisian kamar sel, menjual pasaran, bayaran gaulan agar sel di buka, membantu napi memasukan HP, dll.

Seperti diketahui bagi napi berkantong tebal seperti bandar besar narkoba dan napi kasus korupsi, kehidupannya tentu berbeda kendati berada di lembaga pemasyarakatan (LP) yang sama. Fasilitas kamar mandi, perlengkapan meja, lemari, dan kasur tebal tersedia meski ruangannya berukuran 1,5 meter x 3 meter. Kemewahan lain adalah colokan listrik. Menggunakan telepon genggam dan komputer jinjing tiada kendala. Timbal baliknya mereka membayar sejumlah uang kepada para petugas.

Napi dengan kemampuan uang terbatas pun tetap harus membayar ini itu. Ketika dibesuk, mereka harus membayar setidaknya puluhan ribu rupiah supaya dipanggilkan dan boleh bertemu dengan kerabatnya.

Biasanya, napi semacam ini mengumpulkan uang dari kerja sebagai warga binaan, misalnya bertukang. Uang yang diperoleh dari kerja di dalam penjara, selain digunakan memberi "salam tempel" saat dibesuk, juga untuk membeli makanan sehari-hari dari penjual keliling yang biasa masuk dari sel ke sel. Uniknya penjual keliling tersebut adalah petugas yang dibantu napi yang biasa disebut korve. Mereka menjual makanan dan memasukan ke tiap sel hunian.

Perbaikan kualitas kehidupan penjara harus menyentuh nasib sipir yang bergaji pas-pasan. Ketika semua hal di penjara "ada harganya", integritas sipir pun bisa terbeli. Napi yang masih memiliki jejaring kuat dengan kejahatan sebelumnya tak melepaskan kesempatan membeli segala fasilitas yang ada. Kalau tak punya uang, hidup di penjara memang berarti kehilangan kebebasan dan segalanya. (Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2016/04/01/06350091/Antara.Uang.Napi.dan.Gaji.Sipir?page=1)

Tabel Daftar Lengkap Gaji PNS/ ASN Terbaru Termasuk Polsuspas atau Sipir

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 30 tahun 2015 isinya tentang peraturan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Meskipun saat ini belum mulai dibayarkan, Pemerintah pada tahun ini memastikan akan menaikan gaji pokok PNS sebesar 6 persen.

Data Perubahan terakhir kenaikan gaji PNS terjadi tahun 2014 ( PP nomor 34 tahun 2014 ). Dan dalam tabel daftar gaji pokok PNS terbaru yaitu sesuai dengan PP nomor 30 tahun 2015, gaji pokok Pegawai Negeri Sipil dengan golongan paling bawah yaitu I/a menerima gaji pokok sebesar Rp 1.486.500.

Tahun 2015-2016 dan seterusnya ini untuk PNS dengan golongan II/a, memiliki gaji pokok minimal sebesar Rp 1.926.000. Dan PNS golongan III/a masa kerja terendah mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2.456.700 ( Dua Juta Empat Ratus Lima Puluh Enam Tujuh Ratus Rupiah ). Dan seperti yang terlihat pada Tabel Daftar, Gaji pokok PNS golongan IV/a untuk masa kerja terendah naik menjadi Rp 2.899.500.

Berikut Persyaratan Pendaftaran Polsuspas Terupdate 2017 2018

A. PERSYARATAN UMUM POLSUSPAS 2017 2018
  • Warga Negara Indonesia; 
  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  • Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai 
  • kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan; 
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat 
  • sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; 
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil; 
  • Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan; 
  • Berkelakuan baik; 
  • Sehat jasmani dan rohani; dan 
  • Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan. 

B. PERSYARATAN KHUSUS POLSUSPAS 2017 2018
  • Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per-1 Desember 2016, ditunjukkan dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah; 
  • Bagi yang usianya lebih dari 35 (Tiga puluh lima) tahun sampai dengan 40 (empat puluh) dapat mengikuti pendaftaran dengan syarat memiliki masa kerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan masih bekerja terus-menerus sampai dengan dibukanya pendaftaran CPNS, yang dibuktikan dengan melampirkan fotocopy sah surat keputusan bukti pengangkatan pertama dan terakhir; (persyaratan khusus yang digeneralisasi dari syarat pendaftaran CPNS 2016). 
Persyaratan administrasi pelamar Polsuspas / Sipir 2017 2018 yakni:
  1. Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai 
  2. Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak empat lembar 
  3. Fotokopi KTP, 
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah terbaru (asli) 
  5. Kartu tanda pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja. 
  6. Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara secara online pada situs yang dibuat khusus oleh panitia penerimaan CPNS. Alamat website pendaftaran CPNS ini akan diumumkan saat pengumuman pendaftaran sudah dibuka. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor pendaftaran. 
  7. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta wajib mengirimkan berkas pendukung dengan gambaran sebagai berikut: 
  8. Surat Lamaran dibuat dengan tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam ditujukan Kepada sesuai instruksi pada pengumuman. 
  9. Fotocopy KTP yang dilegalisir pejabat berwenang; 
  10. Foto Copy Ijazah dan transkrip nilai (masing-masing dilegalisir); Catatan : ijazah yang diakui adalah yang sah dikeluarkan dari Sekolah/Perguruan Tinggi Negeri atau dari Sekolah/Perguruan Tinggi swasta yang terakreditasi atau yang telah mendapat ijin operasional/penyelenggaraan dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, serta dilegalisir/disahkan oleh Pejabat yang berwenang; 
  11. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (asli); 
  12. Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar; 
  13. Surat Keterangan Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (kartu kuning) asli; 
Selanjutnya akan dilakukan seleksi berkas dan diumumkan nama-nama yang lulus seleksi berkas ini. Bagi yang lulus seleksi berkas akan diberikan nomor ujian tes CPNS dan setelah itu siap mengikuti tes CPNS 2017 2018 yang terdiri dari tahap tahap yaitu ataralain mengerjakan soal tes kompetensi dasar (TKD), kemudian bagi yang lulus TKD berhak mengikuti tahapan tes terakhir yaitu tes kompetensi bidang (TKB).
Description
: Pendaftaran CPNS Polsuspas / Sipir 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS Polsuspas / Sipir 2017-2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.