CPNS 2017-2018 | Banyak orang termotivasi dengan pembukaan CPNS, namun ternyata motivasi saja tidak cukup sebab dalam kenyataannya seseorang wajib melalui proses panjang dalam seleksi CPNS yang berlangsung, apalagi sejak adanya moratorium CPNS maka perekrutan jarang terjadi ini akan semakin memperketat persaingan saat bukaan CPNS berlangsung. Proses Pendaftaran CPNS 2017-2018 Hingga Pengumuman Kelulusan.

Penantian panjang bisa saja berhenti saat kabar bukaan CPNS resmi diumumkan dan sejak saat itu semua akan disibukkan oleh persyaratan yang harus dipenuhi, selanjutnya melengkapi semua persyaratan itu mulai dari berkas ijazah yang dilegalisir hingga pembuatan SKCK dengan antrian yang mengular.

pelaksanaan cpns 2017

Tidak hanya sampai persyaratan saja melainkan nantinya diwajibkan untuk melakukan registrasi online bagi calon pelamar CPNS agar bisa menjadi peserta CPNS dan mengikuti seleksi CPNS yang akan diikuti.

Adapun proses pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengikuti petunjuk yang dibuka oleh Panselnas. Adapun panselnas itu sendiri adalah panitia seleksi nasional, panitia penerimaan CPNS secara nasional.

Dalam proses pendaftaran online yang dilakukan, harus dilakukan di website resmi Panselnas yang akan aktif di saat pembukaan CPNS berlangsung, hingga berhasilnya ditandai dengan tercetaknya kartu tanda registrasi peserta CPNS.

Setelah proses pendaftaran online selesai maka dilanjutkan dengan pengiriman berkas melalui jasa pos, mengenai berkas yang diperlukan apa saja, biasanya ditentukan oleh masing-masing daerah karena persyaratan CPNS itu ada yang umum dan ada juga yang khusus.

Menjadi seorang peserta tes CPNS baru resmi saat kartu tanda peserta diterima dari BKPP atau badan kepegawaian daerah masing-masing lengkap dengan jadwal pelaksanaan tes CPNS serta waktunya.

Ada jeda antara proses pendaftaran hingga tes ujian, bisa berlangsung paling cepat 2 minggu dan paling lama bisa sampai 3 bulan, nah momen ini biasanya digunakan oleh calon peserta untuk mempersiapkan diri.

Persiapan apa saja yang bisa dilakukan, ada banyak cara untuk mempersiapkan diri bisa dengan belajar kembali apalagi bila telah lama menjadi pengangguran karena memang belum mencari kerja atau karena punya kerja lain namun ingin ikut seleksi CPNS.

Biasanya masa sehari-hari yang panjang pasca kelulusan kuliah membuat kita lupa apa saja pelajaran yang pernah dipelajari apalagi dalam seleksi CPNS diharuskan menjawab soal-soal tes ujian CPNS dan dari hasil jawaban itulah penentuan kelulusan CPNS ditentukan.

Sebenarnya jumlah butir soal yang diujikan tidak terlalu banyak yakni kurang lebih ada 100 soal dengan pilihan jawaban hingga D, artinya persentase pilihan jawaban yang benar adalah 1 berbanding 4, namun tetap saja itu menjadi kendala saat kita diminta menentukan satu pilihan jawaban yang benar sedangkan 3 lainnya adalah jawaban salah.

Dari semua soal tes CPNS itu ada soal yang semuanya benar, hanya saja setiap poin dari pilihan jawaban berbeda dengan kriteria paling benar, benar, cukup benar, kurang benar. Nah soal yang ini dikenal dengan nama soal karakteristik pribadi.

Berbeda dengan soal lainnya maka soal ini lebih mudah untuk diisi hanya saja jawaban yang paling tepat adalah karakter yang mendekati kriteria standar sebagai seorang PNS.

Dari segi soal saja sudah menarik, dan memang semua proses pelaksanaan penerimaan CPNS setiap tahun selalu menjadi hal yang menarik bagi masyarakat oleh karenanya setiap info CPNS selalu dinantikan dan ditunggu oleh banyak orang.

Lalu bagaimana dengan tes CPNS 2017 ini? Apakah ada bukaan CPNS, silahkan cek info terbaru di website CPNS.

Itu mengenai pengerjaan soal, selanjutnya adalah pasca tes yang mana tes belangsung dengan sistem CAT menggunakan komputer dengan hasil nilai akan keluar beberapa saat setelah seleksi berlangsung, tapi tetap saja pengumuman kelulusan CPNS dinantikan.

Berbeda dengan zaman dulu saat pelaksanaan ujian CPNS berlangsung secara manual, maka proses pengumumannya serentak secara online namum kali ini seleksi CPNS itu bisa diketahui hasil nilainya namun untuk menentukan siapa saja yang lulus maka ada langkah yang harus ditempuh.

Adapun langkah yang dimaksud adalah pertama, panitia menetapkan passing grade yang berfungsi sebagai ambang batas nilai peserta tes, misal ditentukan passing grade dengan nilai 60, maka yang memperoleh nilai dibawahnya tidak masuk dalam seleksi kelulusan.

Ternyata saat seleksi berlangsung jumlah peserta CPNS yang masuk passing grade jauh melampaui kuota penerimaan yang ditentukan bahkan pernah terjadi peserta masuk passing grade hingga ratusan orang sedangkan yang akan diterima hanya 3 orang saja.

Nah bila kejadiannya demikian bagaimana cara menentukan kelulusan CPNS oleh panitia? Sistemnya adalah dengan perankingan, yakni semua peserta yang lulus seleksi itu akan diranking berdasarkan perolehan nilai masing-masing peserta dan ternyata banyak sekali yang masuk dalam daftar calon peserta lulus tersebut.

Selanjutnya panitia akan menentukan 3 orang pemerolehan nilai tertinggi yakni dengan melihat total nilai yang dimiliki dari 3 kategori tes CPNS, yakni Tes wawasan kebangsaan, tes pengetahuan umum dan tes karakteristik pribadi.

Bilamana nama kita masuk di urutan teratas sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan maka sudah pasti akan lulus, untuk tahap pertama, kadang kala daerah akan memberi kesempatan peserta untuk melakukan tes seleksi kedua yaitu tes kemampuan bidang.

Memang panjang proses seleksi CPNS dari mulai pendaftaran hingga pengumuman, namun satu hal yang pasti apapun prosesnya itu semua dilakukan untuk bisa memilih calon terbaik sebagai abdi negara agar Indonesia lebih berkualitas di masa yang akan datang.

Description
: Proses Pendaftaran CPNS 2017-2018 Hingga Pengumuman Kelulusan
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Proses Pendaftaran CPNS 2017-2018 Hingga Pengumuman Kelulusan

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.