CPNS 2017-2018 | Pengumuman CPNS 2017 resmi dibuka Menpan dan pelaksanaan pendaftaran dimulai pada 1 Agustus sampai 31 Agustus mendatang namun hingga kini masih bingung mengenai tata cara pendaftaran CPNS Kemenkumham dan CPNS MA 2017, maka simak Alur Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan MA Secara Lengkap dan Jelas berikut.


Langkah Tahapan Dan Cara Pendaftaran CPNS Online

Cara Pendaftaran CPNS Online masih menjadi alternatif yang paling favorite dilakukan oleh para calon pegawai Negara. Hal ini tentunya bertujuan agar bisa menjangkau semua kalangan, wilayah dan tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga merupakan salah satu orang yang berminat dalam hal ini. Adapun langkah-langkah awal dalam persiapan untuk mendaftarkan diri, anda harus melengkapi terlebih dahulu segala persyaratan yang dibutuhkan oleh instansi terkait.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sudah menyiapkan beberapa tutorial singkat yang mungkin saja bisa sedikit membantu agar anda lebih mudah dalam menjalani seleksi yang akan dilaksanakan nantinya.

Langkah pertama anda harus mempersiapkan terlebih dahulu segala persayaratan yang dibutuhkan. Beberapa diantaranya ialah persyaratan umum, khusus dan administrasi, dimana kesemuanya mempunyai file lampiran untuk anda persiapkan.

Kriteria Pelamar CPNS 2017 Kemenkumham

1). Kebutuhan dari masing-masing jabatan diperuntukkan bagi pelamar dengan kriteria :
  • Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A / Unggil dan Program Studi Terakreditas A / Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / pujian pada ijazah atau transki nilai.
  • Disabilitas adalah pelamar yang menyandang disabilitas / kebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi.
  • Putra / putri Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua (yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa).
  • Umum adalah pelamar yang tidak termasuk kriteria awal seperti yang dijelaskan diatas.
2). Pelamar sebagaimana angka 1 (satu) wajib memenuhi persyaratan pelamaran sebagaimana dalam pengumuman ini.

Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS 2017
  1. Merupakan WNI dan mempunyai integritas tinggi terhadap Negara Republik Indonesia.
  2. Tidak mempunyai riwayat hidup yang buruk dalam artian tidak pernah masuk penjara (melakukan tindak kriminal) dan sejenisnya.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat dan tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS.
  5. Berkeimanan dan taqwa terhadap Tuhan YME.
  6. Tidak terikat dengan instansi khusus (entah itu perusahaan ataupun masih dalam kandidat PNS).
  7. Termasuk dalam kategori yang sudah ditentukan. Dari segi pendidikan, keahlian dan integritas terkait.
  8. Berkelakuan baik, Sehat Jasmani dan Rohani.
  9. Bukan pengguna Narkoba.
  10. Memiliki Kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
  12. Tidak bertato dan juga tindik di anggota tubuh lain kecuali telinga bagi wanita.

Persyaratan Khusus Pendaftaran CPNS 2017
  1. Nilai bagi Dokter, Sarjana dan D-III minimal IPK adalah 2,75 sedangkan khusus putra / putri Papua dan Papua Barat IPK minimal adalah 2,50.
  2. Usia setidaknya (18 Tahun) dan maksimal 33 Tahun untuk dokter spesialis, dokter umum dan Sarjana/S1, usia maksimal 30 tahun untuk Diploma III / D-III, usia maksimal 28 tahun untuk lulusan SLTA diukur berdasarkan perhitungan hingga 1 Agustus 2017.
  3. Tinggi badan bagi jabatan Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian adalah Pria minimal 165 cm dan wanita 158 cm, sedangkan untuk penjaga tahanan pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm.

Persyaratan Pendaftaran / Administarsi :
1. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai.
2. Foto Copy KTP dan Surat Keterangan Kesehatan dari dokter.
3. Pas Foto ukuran 4x6 (biasanya membutuhkan 4 lembar).
4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Setelah mempersiapkan semua data yang dibutuhkan diatas, maka untuk langkah selanjutnya anda bisa mengunjungi website atau link dari lembaga khusus yang anda ingin daftar. Namun secara umum biasanya akan merujuk pada Panselnas dimana anda akan diminta daftar dan memasukkan email sesuai form yang sudah disediakan.

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan MA

Agar lebih mudah maka untuk cara pendaftaran ini dibedakan berdasarkan kualifikasi yang diperlukan dalam seleksi CPNS 2017 Kemenkumham dan CPNS 2017 MA sebagai berikut.

1). Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialism Dokter umum dan Sarjana / S1 yakni :


2). Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Diploma III / D-III dan SLTA / Sederajat yakni :


Website Penting tempat Pendaftaran CPNS 2017

Setiap lembaga Negara mempunyai website khusus yang diantaranya Lembaga Kesehatan, Pendidikan, Kebudayaan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu Instansi mana yang nantinya akan coba daftar. Tentukan dengan keahlian yang anda miliki sehingga nantinya anda akan lebih siap dalam menghadapi semua pertanyaan yang diberikan secara online.

Ada 2 website yang dijadikan sebagai tempat pendaftaran CPNS 2017 yakni pertama website resmi Panselnas dimana pendaftaran username dan password dimulai yakni http://panselnas.menpan.go.id/ dan bila telah selesai maka bisa dilanjutkan dengan pendaftaran di http://sscn.bkn.go.id/


Web Pendaftaran CPNS SSCN BKN

Web Pendaftaran CPNS SSCN BKN selalu terbuka bagi anda yang ingin mencoba keberuntungan agar diterima menjadi salah satu karyawan negara yang juga dikenal dengan sebutan Pegawai Negeri Sipil. Dalam hal ini anda juga harus memilih sendiri lembaga mana yang sekiranya sesuai dengan ilmu yang anda tuntut sebelumnya. Seperti halnya jurusan yang diambil dalam jenjang pendidikan salah satunya bidang ekonomi, hukum, dan lain sebagainya. Nah, sebagai salah satu referensi bagi anda yang sedang membutuhkan lowongan pekerjaan, maka siapa tahu, website yang sudah kami bagikan berikut bisa sedikit membantu.

BKN merupakan singkatan dari Badan Kepegawaian Negara yang bertugas dalam bidang manajemen kepegawaian Negara sesuai dengan peraturan dan ketentuan Undang - undang. Fungsi, Visi dan Misi BKN diantaranya :

BKN mempunyai Visi yang sebenarnya tidak beda jauh denga lembaga negara lainnya. Beberapa dari visi yang sudah kami rangkum dari situs resmi ialah Menjadi lembaga pembina dan menyelenggarakan manajemen Kepegawaian yang lebih Profesional serta bermartabat.

Nah, sedangkan unutk Misi, BKN mempunyai tugas yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti contohnya ialah : Mengembangkan Sistem Manajemen Kepegawaian Negara, Sistem Pelayanan Kepegawaian, dan Manajemen internal BKN.

Dalam misi ini dipecah kembali dalam berbagai tugas terkait seperti : Lebih mengoptimalkan dan mengembangkan secara maksimal Sistem dari Pelayanan Kepegawaian, Sistem Pengawasan dan pengendalian kepegawaian, sistem peraturan perundang - undangan, kinerja, dan Kesejahteraan Pegawai, Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, dan Sistem Manajemen Internal BKN.

Kembali pada tugas lembaga yang dibentuk untuk perkembangan Suatu Negara, ada beberapa rincian yang mungkin saja perlu anda ketahui sebelumnya.

Tugas Dan Fungsi BKN tersebut sangat bervariasi, namun kesemuanya masih terkait dengan perekrutan, pengawasan, mendidik dan menjalankan semua amanah sesuai dengan undang - undang Negara yang sudah ditentukan Tugas dan Fungsi BKN diantaranya :

  • Melaksanakan tugas pemerintah khususnya pada bidang manajemen kepegawaian Negara sesuai yang sudah ditentukan dalam peraturan perundang - undangan.
  • Menyusun penetapan kebijakan teknis manajemen kepegawaian
  • Menyelenggarakan pengadaan, mutasi, pensiun, pemberhentian, dan status serta kedudukan hukum pegawai Negeri Sipil.
  • Sebagai pengawas, pembina dan pelaksana tugas.
  • Menyelenggarakan pengawasan, pemetaan, penilaian, dan pengendalian kepegawaian,
  • Mengembangkan sistem rekrutmen PNS.
  • Pelaksanaan pendidikan dan pengawasan karyawan baru.


Untuk Informasi lebih lanjut mengenai BKN, anda bisa mengunjungi langsung website resmi yang memang sudah diperuntukkan untuk anda dalam mengetahui lebih detail mengenai tugas, pelaksanaan ataupun hal lainnya yang masih terkait. Lebih singkatnya, silahkan anda cek : www.bkn.go.id

Namun, anda selaku pencari lowongan untuk mendaftar atau melamar pekerjaan, mungkin link berikut bisa membantu : sscn.bkn.go.id

Panselnas, Panitia berwenang di seleksi CPNS

Di dalam pelaksanaannya, ada sejumlah panitia yang dibentuk untuk melakukan seleksi tes CPNS, nah panitia ini dikena dengan sebutan Panselnas, tugasnya juga sudah jelas yakni menyeleksi peserta mana saja yang masuk dalam kriteria CPNS di tahun 2017-2018 ini atau yang tidak termasuk.

Dalam penyampaian informasi, Panselnas melakukan pengumuman melalui situs online resmi CPNS yang beralamat di menpan.go.id, maka selain dari itu info tentang CPNS bukanlah info resmi.
Panselnas juga berwenang dalam menerima pendaftaran onlline yang dilakukan oleh peserta, adapun pendaftaran yang dilakukan adalah dengan mengisi formulis secara online di website online Panselnas Menpan kemudian melengkapinya dengan data diri yang sebenarnya.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran CPNS online setiap tahunnya adalah GRATIS sehingga jangan percaya pada yang pendaftaran dengan syarat sejumlah uang, kemudian tata cara bisa akses di Panselnas Menpan.

Ikuti Jejak Mereka yang lulus dalam tes CPNS sebelumnya

Waktu merupakan sesuatu yang akan terus berjalan maju, dan dalam pelaksanaannya sebelum melakukan pendaftaran online maupun tes CAT CPNS maka ada jeda waktu bagi semua peserta yang bagi orang cerdas akan dimanfaatkan untuk persiapan diri menjelang tes CPNS yang akan berlangsung, bagi kebanyakan orang yang telah lulus dalam tes CPNS sebelumnya ternyata persiapan yang dilakukan tidak hanya sehari atau dua hari menjelang tes melainkan memang dari jauh-jauh  dari.

Apa yang mereka lakukan? Hal yang terbaik adalah dengan berlatih mengerjakan soal tes CPNS yang pernah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya, entah itu di tahun kapan pun bila merupakan soal CPNS bisa dipergurnakan untuk latihan.


Dalam jangka waktu tertentu hingga paham semua soal yang dipelajari  maka akan sangat membantu saat tes CPNS sedang dilaksanakan karena dalam setiap tahun tak banyak materi yang berubah atau paling tidak ada beberapa soal yang selalu dikeluarkan dalam setiap ujian tes CPNS berlangsung, sedangkan untuk mendapatkan soal CPNS itu secara lengkap bisa cek di Contoh Soal CPNS.
Description
: Alur Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan MA Secara Lengkap dan Jelas
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Alur Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan MA Secara Lengkap dan Jelas

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.