CPNS 2017-2018 | Medan – Calon Peserta CPNS 2017, Berikut Berkas Wajib Yang Bisa Disiapkan Sejak Kini!! Ada niatan ikut tes CPNS 2017 dan menjadi calon peserta CPNS 2017 tahun ini? Selamat ya karena peluang telah terbuka dan secara resmi pendaftaran CPNS 2017 telah dimulai pada 1 Agustus 2017 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kemenkumham, siap-siap ya berikut berkas persyaratan yang sudah bisa disiapkan meskipun pendaftaran belum dimulai.

cpns 2017

CPNS Kemenkumham Resmi Dibuka Oleh Menpan dan Kemenkumham

Bila memantau perkembangan resmi CPNS memang pengumuman bukaan ini sudah keluar sejak 11 Juli 2017 lalu melalui situs Menpan kemudian di konfirmasi oleh website resmi www.kemenkumham.go.id.

Berkas yang bisa disiapkan sejak kini

Adapun berkas yang memang akan dipenuhi sebagai syarat itu tidaklah sulit karenanya bisa dipersiapkan hingga kini dan berikut beberapa berkas peserta calon tes CPNS tahun 2017 Kemenkumham.

Berkas Bagi Kategori Peserta CPNS 1

Pertama untuk kategori lulusan atau kualifikasi pendidikan :
  • Dokter Spesialis, 
  • Dokter Umum dan 
  • Sarjana/S-1 
Surat atau berkas yang bisa disiapkan hingga kini yaitu:

(1). Surat lamaran atau Curriculum Vitae (CV) yang ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, mengenai Surat ini harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam. Selain Surat Lamaran ada juga Surat Pernyataan yang juga harus diketik. Persyaratan Surat Pernyataan sama dengan Surat Lamaran dari segi bentuknya kecuali formatnya yang juga bisa didapatkan di web resmi CPNS 2017.

Situs resmi Pendaftaran CPNS 2017 adalah SSCN BKN oleh karenanya Format lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id. Bila situs susah diakses bisa lihat Solusi Situs SSCN BKN susah diakses.

(2). Identitas calon pelamar yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan dinas kependudukan dan catatan sipil.

Khusus calon pelamar yang domisili tidak sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP, atau perantau dengan KTP luar daerah, maka yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah yang menyatakan yang bersangkutan berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.

(3). Ijazah dan transkrip nilai ijazah asli. Kemudian Pas photo 3×4 (1 lembar) dengan background Merah.

Berkas Bagi Kategori Peserta CPNS 2

Kedua adalah Berkas wajib bagi kategori peserta lulusan :
  • Diploma III/D III 
  • SLTA/Sederajat, 
(1). Sama dengan yang diperlukan untuk lulusan S1 dari mulai surat lamaran asli, surat pernyataan asli, KTP yang cukup dengan fotocopi saja.

(2). Yang membedakan dengan persyaratan lulusan sarjana adalah untuk kualifikasi D3 dan SLTA cukup Fotokopi saja bukan ijazah dan daftar nilai pada ijazah asli.

(3). Ditambah lagi bagi formasi khusus anak Papua dan Papua Barat yakni Fotokopi ijazah SD,SMP, dan SMA sebagai bukti pelamat telah menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau asli surat keterangan dari Kelurahan yang menerangkan pelamar asli dari papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua khusus untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dari kriteria pelamar Putra/putri Papua dan Papua Barat.

(4). Pakai Pas photo terbaru juga dengan background merah ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar.

(5). Melakukan proses pendaftaran Online di SSCN BKN dan setelah selesai mencetak Lembar bukti pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id.

(6). Berkas untuk pendaftaran online di SSCN BKN antara lain :NIK pada KTP/NIK pada KK dan Nomor Kartu Keluarga.

Ingin tahu lebih lanjut, simak Cara Pendaftaran CPNS 2017.

Batas Penutupan Pendaftaran CPNS 2017

Jika untuk lulusan kategori sarjana ditutup pada 31 Agustus namun bagi lulusan D3 dan SLTA ini ditutup lebih awal yakni 26 Agustus 2017 sedangkan setelahnya adalah proses pengiriman berkas pendaftaran via pos hingga terakhir tanggal 31 Agustus 2017.

Semua persyaratan yang dibutuhkan wajib dikirim ke Panitia melalui pos sebelum penutupan pendaftaran CPNS 2017 melalui P.O BOX dai masing-masing kantor wilayah yang dituju. Batas waktu pengiriman berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterimka pada tangga; 31 Agustus 2017 pukul 16.00 waktu setempat.

Cara Melakukan Pendaftaran CPNS 2017

Secara singkat proses pendaftaran online yang harus dilakukan oleh setiap peserta tes CPNS 2017 meliputi beberapa langkah yakni sebagai berikut :

  1. Siapkan semua dokumen persyaratan peserta CPNS 2017 ini yang ingin anda lamar/ajukan lamaran.
  2. Pastikan Komputer atau Laptop anda terkoneksi ke internet.
  3. Buka website Pendaftaran Online CPNS 2017 tersebut. Websitenya ada di http://sscn.bkn.go.id\
  4. Jika anda tidak menemukan URL/Link Pendaftaran CPNS 2017 tersebut, anda dapat mengunjungi halaman http://sscn.bkn.go.id/ActionServlet?page=daftar
  5. Isi Formulir pendaftaran CPNS secara benar dan tepat, berikut ini adalah Form Registrasi yang perlu anda isi.
  6. No. Induk Kependudukan: Isikan NIK atau No KTP atau Nomor Passport yang sesuai dengan identitas pendaftar
  7. Nama: Isikan nama pendaftar sesuai dengan identitas (KTP/Passport)
  8. Jenis Kelamin: Cukup jelas.
  9. Tempat Lahir: Wajib diisi sesuai tempat lahir berdasarkan identitas pendaftar (KTP/KK).
  10. Tanggal Lahir: Pilih tahun lahir kemudian bulan dan tanggal dari kalender di kolom formulir.
  11. Alamat: Isikan alamat korespondensi surat menyurat, dan dilengkapi dengan kode pos yang jelas.
  12. Nomor Telepon: No. telpon rumah atau mobile phone (handphone).
  13. Asal Institusi Pendidikan: Isikan nama tempat kuliah berdasarkan ijazah, contoh : Universitas Sriwijaya, Universitas Gajah Mada dsb.
  14. Akreditasi: cukup jelas
  15. No Ijazah: cukup jelas.
  16. IPK: isikan IPK dengan tanda titik (.) decimal contoh 3.45
  17. Pelamar yang sudah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh (download) formulir-formulir yang telah di isi tersebut seperti Formulir Surat Lamaran, Surat Pernyataan, Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, dan Tanda Bukti Pendaftaran dan berkas lain jika ada.

Proses Lanjutan Pendaftaran CPNS 2017

Selanjutnya setelah mengisi pendaftaran secara online, semua berkas tersebut dapat di cetak, kemudian bersama-sama berkas lamaran sesuai Syarat Pendaftaran CPNS yang ditentukan masing-masing instansi seperti Izajah, Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku, Pas foto, surat keterangan, dll dibuat dalam satu amplop dan siap dikirim.

Lalu berkas yang telah dilengkapi baik yang di isi online dan berkas offline, Berkas Lamaran tersebut dikirimkan kepada panitia penerimaan CPNS 2017 dengan alamat khusus yang nantinya akan diberitahukan secara jelas.

Bagi pelamar yang memenuhi syarat pendaftaran administrasi akan lulus seleksi berkas dan selanjutnya berhak mengikuti ujian tulis CPNS 2017.(*)

Description
: Calon Peserta CPNS 2017, Berikut Berkas Wajib Yang Bisa Disiapkan Sejak Kini
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Calon Peserta CPNS 2017, Berikut Berkas Wajib Yang Bisa Disiapkan Sejak Kini

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.