CPNS 2017-2018 | www.esdm.go.id | Pendaftaran CPNS memang sudah resmi diumumkan namun masih untuk Kemenkumham, lalu bagaimana dengan Kementerian ESDM, apakah ada bukaan CPNS 2017-2018? Untuk itu disini kami akan bahas mengenai Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018 dengan terlebih dahulu menantikan info resmi di www.esdm.go.id.

Sebelum membahas mengenai info pendaftaran CPNS di lingkungan Kementerian ESDM maka berikut sedikit penjelasan terkait Kementerian ESDM sebagai pembuka dari info Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018 di www.esdm.go.id

cpns esdm 2017 2018

Apa Itu Kementerian ESDM??

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam sumber daya alam yang sangat banyak. Didukung oleh letak astronomi dan geografis yang berada di daerah khatulistiwa menjadikan Indonesia memiliki ragam sumber daya alam. Satu dari banyaknya sumber daya alam yang ada di Indonesia adalah sumber daya mineral yang saat ini tengah menjadi perhatian bagi seluruh dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sumber mineral. Maka dari itu, untuk mengelola sumber daya yang telah ada, dibentuklah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral atau Kementerian ESDM atau Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kementerian ESDM mempunyai peranan penting dalam pengelolaan kekayaan alam negara Indonesia meliputi pengelolaan minyak dan gas bumi, mineral, batubara, ketenagalistrikan, dan pengembangan energi baru yang hasilnya digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Kementerian ESDM merupakan salah satu kementrian yang ada di Indonesia yang memiliki tugas untuk membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan pada bidang energi dan sumber daya mineral. Maka dari itu, setiap tahun dibuka Pendaftaran CPNS Kementerian ESDM.

Alamat Resmi Sekretariat Kementerian ESDM

Bagi anda yang saat ini tengah mencari informasi mengenai alamat dan kontak Sekretariat Kementerian ESDM, kami akan memaparkannya pada artikel ini. Sekretariat Kementerian ESDM ada di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 18, Jakarta Pusat (021 – 3519881). Kementerian ESDM memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang energi dan sumber daya mineral di pemerintahan untuk membantu presiden.

Dalam melaksanakan tugasnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjalankan beberapa fungsi seperti perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang energi serta sumber daya mineral, pengelolaan barang milik / kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pelaksanaan bimbingan tekhnis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian ESDM di tiap daerah, dan pelaksanaan kegiatan tekhnis yang berskala nasional.

Struktur Kementerian ESDM Republik Indonesia

Adapun struktur organisasi Kementerian ESDM antara lain :

  • Sekretariat Jenderal
  • Inspektorat Jenderal
  • Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan
  • Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
  • Direktorat Jenderal Mineral Batubara
  • Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi
  • Badan Pendidikan dan Pelatihan
  • Badan Penelitian dan Pengembangan
  • Badan Geologi

Penerimaan CPNS Kementerian ESDM 2017-2018

Untuk pelaksanaan Reformasi Birokrasi di bidang manajemen SDM aparatur dan mewujudkan reformasi sistem pengadaan Aparatur Sipil Negara yang berkompenten, transparan, objektif, kompetitif, akuntabel, tidak diskriminatif, dan bebas dari KKN maka Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral akan mengadakan Pendaftaran CPNS Kementerian ESDM.

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk Pendaftaran CPNS Kementerian ESDM yaitu berpendidikan SMK (Khusus untuk formasi pengamat gunung api), D3, S1 dan S2. Jurusan yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan tersebut adalah tekhnik perminyakan, tekhnik elektro, tekhnik kimia, tekhnik geologi, tekhnik fisika, profesi psikologi industri dan organisasi, tekhnik informatika, ilmu hukum, ekonomi akuntasi / manajemen, dan tekhnik komputer jaringan.

Persyaratan Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018

Persayaratan umum yang dibutuhkan untuk Pendaftaran CPNS Kementrian ESDM antara lain :

  • Anda harus berstatus sebagai WNI
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS atau pegawai swasta
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah terkena tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS
  • Memiliki pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain

Kapan CPNS ESDM 2017-2018 mulai Pendaftaran?

Pertanyaan yang satu ini memang sangat dinantikan jawabannya namun sayang hingga saat ini belum ada update terbaru mengenai CPNS ESDM 2017-2018 yang dimuat oleh web resmi ESDM 2017-2018.

Berbeda hal dengan Kemenkumham dan Mahkamah Agung yang telah mengumumkan secara resmi jadwal pendaftaran CPNS 2017-2018, info terbaru terkait dengan Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018 silahkan cek di Pendaftaran CPNS terbaru.

Description
: Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018 di www.esdm.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS ESDM 2017-2018 di www.esdm.go.id

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.