Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017-2018

CPNS 2017-2018 | www.kemenkeu.go.id ~ Adakah Pembukaan Lowongan Kerja Kemenkeu 2017-2018? Berikut Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017-2018 selengkapnya.

Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017

Mencari informasi tentang CPNS Kemenkeu? Disini kami akan coba memberikan informasi secara detail, seperti hal nya kapan pembukaan pendaftarannya, berapa banyak formasi yang dibutuhkan, gambaran seleksi yang akan di laksanakan, serta persyaratan dan tata cara yang nantinya akan berlaku ketika seleksi resmi di mulai. Mengapa kami memberikan informasi tersebut?

Supaya nanti ketika pendaftaraan secara resmi di buka, pembaca sudah mengetahui hal apa saja yang perlu di persiapkan dengan baik dan tidak didahului oleh yang lain. Karena semakin cepat dapat informasi maka akan lebih baik dalam hal mempersiapkan diri.

Bukaan Lowongan Kerja Tiap Tahun

Setiap tahun selalu ada pembukaan lowongan pekerjaan, baik di perusahaan swasta maupun lembaga atau instansi pemeritahan. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan setiap tahun pasti selalu ada pegawai berganti keluar dan masuk. Entah karena pensiun atau karena kontrak habis (biasanya ini berlaku di suatu perusahaan swasta).

Dan beberapa lembaga pemerintahan dipastikan akan membuka penerimaan CPNS pada tahun 2017, seperti informasi yang sudah beredar di media maupun internet. Contohnya seperti Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang sudah lebih dahulu memberikan pengumuman penerimaan CPNS secara detail yang meliputi formasi yang dibutuhkan, persyaratan yang diperlukan serta tata cara bagi yang ingin mendaftar, dan sudah akan mulai di proses seleksi pada 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017.

Dan di kabarkan kementerian Keuangan atau biasa disingkat Kemenkeu pun menyatakan ingin menambah pegawai, untuk menempati beberapa jabatan yang kosong.

Apa itu Kemenkeu???

Kemenkeu adalah lembaga instansi negara yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan negara, baik pemasukan maupun pengeluaran uang negara dan juga mengelola kekayaan negara dilihat melelui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Republik Indonesia.

Kementerian yang kantornya berpusat di Jakarta pusat ini, sebelumnya kemenkeu sudah mengajukan jumlah formasi dan jabatan pada pihak Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN RB). Jumlah CPNS yang dicari tahun 2017 ini  sekitar kurang lebih 7000 orang.

Bukaan CPNS Kemenkeu Tunggu Kabar Menpan

Sekjen kemekeu pun menyatakan, bahwa saat ini hanya menunggu jawaban dari PAN RB. “kami sudah melakukan pengajuan pada pihak kemenertian PAN RB, dan saat ini sudah masuk dalam proses pembahasan. Saat ini kami sedang menunggu jawaban dari mereka berapa formasi yang disetujui” tuturnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (18/7/2017).

Pada tahun 2017 ini, akan lebih banyak di khususkan untuk lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dari perkiraan 7000 orang, yang akan di terima dari STAN sebanyak 4000 orang dan sisa formasinya akan di berikan untuk umum. Kebutuhan pegawai di Kemenkeu yang cukup banyak di setiap tahunnya, tujuannya adalah untuk mengantikan PNS yang pensiun dan mengisi kantor yang baru dibangun di wilayah.

Peranan Penting Kemenkeu di Pemerintahan

Peranan kemenkeu sangatlah penting, yakni untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia, mengurangi anggaran dana yang tidak perlu serta untuk memperbaiki perekonomian Indonesia. Oleh karena itu Kementerian Keuangan mengundang putra putri terbaik yang ada di Indonesia untuk bergabung bersama Kemenkeu membangun perekenomian Indonesia menjadi lebih baik lagi. Sampai saat ini Kemenkeu adalah jantung dari pemerintahan Indonesia.

Rekrutmen Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017-2018

Kementerian keuangan memiliki sistem sendiri pada saat melakukan rekrutmen, yaitu adalah sistem sel. Bagaimanakah sistem sel itu? Suatu sistem dengan dibagi menjadi beberapa tim. Dimana setiap tim melaksanakan seleksi secara terpisah, guna untuk menghindari terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme pada saat proses seleksi berlangsung. Proses seleksi pada kemkeu dilakukan secara kompetitif, obyektif, akuntabel dan yang terpenitng silakukan secara transparan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme dan tidak diskriminatif.

Tahapan Seleksi CPNS Kemenkeu 2017-2018

Adapun tahapan-tahapan dari seleksi yang dilakukan Kemenkeu, yaitu sebagai berikut:

1. Seleksi Administratif
Biasanya seleksi ini berupa pemilihan yang dilakukan dari hasil pemeriksaan berkas para peserta, jika berkas perserta masuk dalam kriteria yang dibutuhkan maka akan lanjut ke tahap selanjutnya. Dilakukan dengan mengundang peserta yang terpilih melalui email atua nomor yang bisa dihubungi.

2. Tes Komptensi Dasar dan Psikotes
Tes ini merupakan pemilihan yang dilakukan dengan cara melihat gambaran kepribadian diri peserta dari hasil jawaban peserta atas soal-soal yang ada. Dan tes ini sejak 2013 sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Karena memudahkan pengawas dalam menilai hasil jawaban.

3. Tes Kesahatan dan Kebugaran Tubuh
Setelah lolos seleksi administrasi dan tes komptensi dasar, peserta akan di uji kesehatan dan kebugaran tubuh. Tujuannya untuk memastikan peserta yang lolos memiliki fisik yang sehat, bugar dan prima ketika nanti sudah mulai bekerja.

4. Wawancara
Jika sudah mencapai tahan ini peserta akan langsung berhadapan dengan kepala bagian/user yang membutuhkan tenaga kerja.

5. Pemberkasan
Jika sudah lulus dari semua tahap maka pesrta akan langsung diberikan surat perjanjian kerja.

Persyaratan CPNS Kemenkeu 2017-2018

Persyaratan dalam seleksi kemenkeu ini terbagi menjadi 2, yaitu umum dan khusus. Berikut persyaratan dari masing-masing persyaratan.

  1. Persyaratan Umum 
  2. Warga Negara Indonesia.
  3. Pria dan Wanita maximal 35 tahun(relatif tergantung pada instansi).
  4. Pelamar harus dengan lulusan:
  5. Sarjana dengan min. nilai IPK 2.75 skala 4.00.
  6. Diploma dengan min. nilai IPK 2.50 skala 4.00.
  7. SMK dengan min. Nilai rata-rata tertulis 7.00.
  8. Sehat jasmani & rohani.
  9. Tidak terikat hubungan kerja pada badan usaha swasta dan instansi pemerintah.
  10. Tidak termasuk dalam organisasi yang bertetangan dengan undang-undang.
  11. Tidak pernah terlibat kasus pidana dan narkoba.
  12. Tidak pernah dikeluarkan atau diberhentikan secara tidak hormat selama bekerja.
Pendafataran dilakukan secara online pada website https://panselnas.menpan.go.id  untuk  registrasi awal.

Jika sudah registrasi maka masuk ke dalam website  http://sscn.bkn.go.id/ dan isi form yang tersedia dengan sebenar-benarnya, kemudian cetak tanda bukti pendaftaran.

Persyaratan khusus CPNS Kemenkeu 2017-2018

  • Surat lamaran
  • Daftar riwayat hidup
  • Forocopy Ijazah terakhir ligalisir
  • Fotocopy transkrip nilai legalisir
  • Fotocopy KTP
  • Pas foro berwarna 4x6 3 lembar


Info lain CPNS Kemenkeu selama tes seleksi berlangsung:

Ketika seleksi dimulai tidak ada pelatihan atau bimbingan dari pihak Kemenkeu, jadi sekali lagi kami menyarankan agar peserta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Selama proses seleksi peserta tidak dipungut biaya apapun, jika ada oknum yang memberikan penawaran janji pasti di terima jangan pernah percaya.

Kelulusan murni atas komptensi diri dari masing-masing peserta dan bukan camput tangan yang lain.
Pemutusan kelulusan adlah hal yang mutlak dan tidak bisa di ganggu gugat.

Data dari peserta harus benar dan tidak ada pemalsuan, jika suatu saat peserta diketahui datanya tidak valid/palsu. Maka kemen keu berhak atas pemberhentian atau tidak meluluskan peserta. Akibat keterangan data yang tidak valid tersebut.

Semoga informasi yang kami berikan memberikan manfaat bagi para pembaca.
Description
: Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS Kemenkeu 2017-2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.