CPNS 2017-2018Langkah Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2017 ~ Berikut petunjuk singkat dan jelas mengenai cara pendaftaran CPNS Online 2017 langkah demi langkah, untuk informasi selengkapnya simak ulasan lengkap mengenai Langkah Cepat Mudah Pendaftaran Online di web resmi dalam proses registrasi CPNS Kemenkumham 2017 dibawah ini.

Langkah Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2017

Pada tanggal 11 Juli 2017 Pemerintah secara resmi memberikan pengumuman Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. Calon Pegawai Negeri Sipil ini yang nantinya mengikuti pendaftaran dan mengikuti proses seleksinya akan mengisi berbagai macam formasi jabatan di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan formasi jabatan di bawah Mahkamah Agung (MA).

Panitia Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (Panselnas CPNS) 2017 membuat pernyataan resmi melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) Asman Abnur. Ia menyatakan pada tahun ini pemerintah membuka lowongan untuk mengisi formasi jabatan di kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang. Dimana pembagiaannya adalah 1.684 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.526 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kementrian Hukum dan HAM.

Untuk 1.684 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Mahkamah Agung (MA) akan dibagi ke dalam formasi calon hakim pada tiga lembaga eselon I di bawahnya. Yaitu pada bagian Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara. Posisi Calon Hakim ini seperti di umumkan secara resmi hanya diperuntukkan bagi Sarjana Hukum (S.H.), Sarjana Syariah (S.Sy.) dan Sarjana Hukum Islam (S.H.I.).

Sedangkan untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 17.526 kursi di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (CPNS Kemenkumham 2017) meliputi 21 jabatan. Diantaranya yaitu mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sampai dengan Analis Keimigrasian. Adapun kuota untuk Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mencapai empat ribu kursi. Dimana kualifikasinya meliputi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Akhir (SLTA) atau sederajat yang menguasai komputer.

Di luar Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau sipir, untuk Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ada kuota sebanyak 2.278 kursi sebagai analis keimigrasian. Yang dimana kualifikasi lulusannya adalah sarjana dengan berbagai jurusan. Diantaranya adalah Sarjana Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Pada tahun 2017 ini, pendaftaran peserta dilakukan sama seperti tahun sebelumnya. Yaitu melalui pendaftaran online dan terintegrasi secara online pula. Namun demikian untuk url pndaftarannya TIDAK lagi menggunakan alamat panselnas.id, panselnas.menpan.go.id, atau website panselnas lainnya. Untuk tahun ini pendaftaran bisa dilakukan di sistus https://sscn.bkn.go.id/ dan bisa dikatakan di luar situs tersebut atau yang memberikan informasi pendaftaran berada di Selain dari situs tersebut adalah Penyesatan atau Penipuan. Itupun website resmi Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (https://sscn.bkn.go.id/) hanya dan baru akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017.

Adapun mekanisme pendaftaran online CPNS 2017 yang sama dengan tahun sebelumnya adalah setiap orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi saja. Setelah melakukan pendaftaran online dan melengkapi persyaratan administrasi akan diumumkan hasil seleksinya. Jika lolos peserta kemudian baru berhak mengukuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain dari pada SKD, juga akan dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Disampaikan selanjutnya oleh Asman Abnur selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB). Pelaksanaan seleksi CPNS pada tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, serta bersih dari praktik Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Dan yang paling penting pelamar tidak dipungut biaya sedikitpun. Sehingga hasil dari penerimaan CPNS ini tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Nantinya, setelah pelaksanaan ujian selesai, peserta akan langsung mengetahui nilainya.

Tahap-tahan Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Proses pengadaan CPNS dilakukan melalui tujuh tahapan, yaitu pertama perencanaan, kedua pengumuman lowongan, selanjutnya pelamaran, kemudian seleksi, pengumuman hasil seleksi, setelah itu yang lolos akan diangkan menjadi CPNS dan kemudian mengiktui masa percobaan CPNS, terkahir pengangkatan menjadi PNS.

Untuk Anda yang masih bingung mengenai proses seleksi CPNS ini dapat menyimak lebih lanjut dari website resmi pemerintah, yaitu:
  • Website Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB): www.menpan.go.id
  • Website Badan Kepegawaian Nasional (BKN): https://bkn.go.id
  • Website Mahkamah Agung (MA): https://mahkamahagung.go.id, http://badilum.mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/
  • Website Kementrian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemenkumham): http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Alangkah baiknya sebelum melakukan pendaftaran untuk mengetahui kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi. Kebutuhan yang ada pada masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria sebagai berikut:
  • Cumlaude adalah pelamar sebagai lulusan terbaik dari perguruan tinggi terkareditasi A/ Unggul dan Program Studi terkareditasi A/ Unggul pada saat pelamar lulus dengan dibuktikan keterangan lulus culaude pada ijazah atau transkip nilai.
  • Disabilitas adalah pelamar yang memiliki kebutuhan khusus namun dengan kriteria mampu melaksanakan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi
  • Putra-Putri Papua dan Papua Barat, yaitu pelamar yang menamatkan pendidikan SD sederajat, SMP sederajat, dan SMU sederakat di wilayah Papua dan Papua Barat. Atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua. Hal ini dapat dibuktikan dengan keterangan dari Kelurahan atau Kepala Desa.
  • Pelamar Umum, yaitu pelamar yang tidak termasuk kedalam kriteria di atas.


Persyaratan Pelamar CPNS Menkumham 2017

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar antara lain:
  • Pelamar dalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan. Dimana putusan tersebut mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena telah melakukan tidak pidana dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, Anggota TNI/ POLRI, Pegawai BUMN/ BUMD, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta sampai saat ini.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dipilih.
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya. Dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari rumah sakit pemerintah setempat yang masih berlaku. Wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Bagi wanita, tidak memiliki tato atau bekas tato dan bertindik atau bekas tindik pada anggota badan selain pada telinga selain yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  • Bagi pria, tidak memiliki tato atau bekas tato dan bertindik atau bekas tindik pada anggota badan selain pada telinga selain yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  • Pelamar merupakan lulusan sebagai berikut:

a.       Dokter Spesialis, Dokter Umum, Sarjana (S-1) dan Diploma III (D-III) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh puluh lima). Khusus untuk pelamar dengan kriteria Putra dan Putri Papua dan Papua Barat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50 (dua koma lima puluh).
b.      SLTA sederajat dengan nilai pada ijazah rata-rata minimal 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki keterampilan komputer dengan bukti melampirkan sertifikat komputer. Khusus untuk kategori Putra dan Putri Papua dan Papua Barat nilai minimal pada ijazah rata-rata 6.0 (enam koma nol) atau 2 (dua) dari skala 1 sampai 4 atau C. Diutamakan memiliki keterampilan komputer dengan bukti melampirkan sertifikat komputer.
-          Usia pada 1 Agustus 2017 adalah:
a.       Untuk lulusan Dokter Spesialis, Dokter Umum, Sarjana (S-1) minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun 0 bulan 0 hari
b.      Untuk lulusan Diploma III (D-III) minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari
c.       Untuk lulusan SLTA atau sederajat minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun 0 bulan 0 hari
-          Tinggi badan khusus untuk pelamar jabatan analis keimigrasian dan pemeriksa keimigrasian:
a.       Pria minimal tinggi badan 165 cm
b.      Wanita minimal tinggi badan 158 cm
-          Tinggi badan khusus untuk pelamar jabatan penjaga tahanan:
a.       Pria minimal tinggi badan 165 cm
b.      Wanita minimal tinggi badan 155 cm
-          Pelamar dengan kualisifikasi pendidikan Diploma III (D-III) dan SLTA atau Sederajat yang mendaftar di kantor wilayah diharuskan sesuai dengan domisili yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Apabila pelamar yang domisilinya tidak sesuai KTP dan ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, maka wajib membuat surat keterangan dari kelurahan atau kantor desa setempat yang menerangkan bahwa pelamar yang bersangkutan telah berdomisili minimal 1 (satu) tahun pada wilayah tersebut.

Langkah dan Cara Daftar Online CPNS 2017 Melalui sscn.bkn.go.id

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah untuk pelamar yang ingin mendaftar Seleksi CPNS 2017 adalah pertama dengan mengunjungi website resmi Panitia Seleksi Nasional CPNS di https://sscn.bkn.go.id/. Pendaftaran online ini hanya dibuka pada tanggal 1 sampai 26 Agustus 2017 saja, dan ditutup pukul 23.59 WIB. Selain waktu tersebut tidak akan bisa dan tidak akan dilayani. Jika pun ada informasi bahwa pendaftaran dapat dilakukan secara offline atau manual adalah menyesatkan dan menipu.

Pada laman resmi tersebut kemudian pelamar akan disediakan form isian data diri untuk diisi dengan data yang valid. Yaitu data yang terdapat pada kartu identitas kependudukan yang asli. Data yang dibutuhkan yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Keluarga (KK). Dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Jika anda ada yang merasa data kependudukannya belum jelas, sebelum tanggal pendaftaran berakhir pada 26 Agustus 2017 harap untuk mengurusnya terlebih dahulu di lembaga terkait. Seperti kantor kepala desa, kecamatan dan juga kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil).

Setelah form isian sudah selesai diisi atau registrasi, pelamar akan mendapatkan username dan password. Harap simpan username dan password tersebut dan jangan sembarang diserahkan kepada orang yang dirasa tidak bertanggung jawab. Karena nantinya username dan password tersebut akan digunakan untuk login di proses selanjutnya.

Langkah dan Cara Pengumpulan Berkas Persyaratan CPNS 2017

Setelah pelamar melakukan registrasi online dan mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi Online di https://sscn.bkn.go.id/, selanjutnya adalah pelengkapan berkas. Berkas persyaratan yang harus ada diantaranya:

Berkas Persyaratan Untuk Kualifikasi Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana/ S1:

  • Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditandatangani menggunakan tinta berwarna hitam di atas materai Rp. 6.000,-. Lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia di Jakarta. Format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id/.
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau jika tidak ada menggunakan surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Surat keterangan dari Keluarahan atau Kepala Desa yang menyatakan pelamar berdomisili di tempat domisili yang sekarang minimal satu tahun. Surat ini dilampirkan jika alamat pelamar tidak sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ijazah dan Transkip Nilai Ijazah Asli.
  • Surat Pernyataan. Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer dan ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp. 6.000,-. Format surat pernyataan dapat diunduh melalui laman https://sscn.bkn.go.id/.
  • Pas foto dengan latar belakang berwarna merah sebanyak satu lembar. Dengan ukuran 3 x 4 

Selanjutnya berkas persyaratan tersebut dapat diunggah pada laman https://sscn.bkn.go.id/ saat melakukan pendaftaran CPNS 2017.

Berkas Persyaratan Untuk Kualifikasi Pendidikan Diploma III (DIII) dan SLTA/ Sederajat:


  • Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditandatangani menggunakan tinta berwarna hitam di atas materai Rp. 6.000,-. Lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia di Jakarta. Format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id/.
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau jika tidak ada menggunakan surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  • Surat keterangan dari Keluarahan atau Kepala Desa yang menyatakan pelamar berdomisili di tempat domisili yang sekarang minimal satu tahun. Surat ini dilampirkan jika alamat pelamar tidak sesuai dengan yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotocopy Ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan Daftar nilai pada Ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)
  • Fotocopy Ijazah SD, Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamat menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat. Atau Surat keterangan Asli dari kelurahan atau kepala desa yang menerangkan bahwa pelamar merupakan putra-putri asli dari Papua berdasarkan garis keturunan dari orang tua (bapak) asli dari Papua khusus untuk pelamar dengan jabatan penjaga tahanan dari kriteria Putra-Putri Papua dan Papua Barat.
  • Surat Pernyataan. Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer dan ditandatangani oleh pelamar di atas materai Rp. 6.000,-. Format surat pernyataan dapat diunduh melalui laman https://sscn.bkn.go.id/.
  • Pas foto dengan latar belakang berwarna merah sebanyak empat lembar. Dengan ukuran 3 x 4
  • Dokumen pendaftaran yang dicetak dari laman https://sscn.bkn.go.id/


Batas Waktu Penerimaan Pengumpulan Berkas Persyaratan CPNS 2017

Pelamar dapat mengirimkan berkas lamaran yang sudah lengkap sesuai dengan persyaratan pelamaran yang tertera di atas menurut masing-masing kriterianya melalui PO. BOX dari masing-masing kantor wilayah yang dituju.

Batas waktu yang dapata diterima untuk penerimaan berkas lamaran pada PO. BOX di masing-masing wilayah paling lambat diterima pada tanggal 31 Agustus 2017 pada pukul 16.00 waktu setempat.

Description
: Langkah Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2017
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Langkah Pendaftaran Online CPNS Kemenkumham 2017

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.