CPNS 2017-2018 | sscn.bkn.go.id ~ Kabar gembira bagi semua yang membutuhkan info CPNS terbaru bahwa mulai besok akan ada bukaan secara resmi tepatnya Pendaftaran CPNS 2017 di SSCN.bkn.go.id Mulai Besok 1 Agustus 2017, lalu bagaimana proses pendaftarannya di website resmi BKN sscn.bkn.go.id simak informasinya sebagai berikut.


Situs Pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id

Pemerintah secara resmi telah membuka lowongan pendaftaran bagi warga negara Indonesia yang berminat untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di berbagai instansi. Lowongan ini dimaksudkan untuk meregenerasi para pegawai atau staf yang sudah memasuki usia pensiun. Pendaftaran CPNS dilakukan secara online dan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama adalah mendaftarkan diri melalui website regpanselnas.menpan.go.id. Pada tahap ini Anda diminta untuk mengisi formulir sesuai dengan identitas asli KTP yang Anda miliki. Data yang Anda isi pada webite tersebut akan diterima oleh server. Anda akan menerima email sebagai bukti bahwa data yang anda kirimkan telah diterima oleh panitia seleksi. Email tersebut berisi Username dan Password yang akan digunakan pada tahap selanjutnya yakni mendaftar melalui situs SSCN.BKN.go.id.

SSCN.BKN.go.id adalah situs website yang digunakan bagi mereka yang berniat mendaftarkan diri CPNS. Situs ini dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bekerja sama dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dalam pembuatan sistem yang dibutuhkan untuk melayani para pendaftar CPNS.

Bila Situs sscn.bkn.go.id tidak bisa diakses

Menurut pengalaman dari tahun sebelumnya, situs SSCN.BKN.go.id tidak akan bisa dibuka oleh para pendaftar sebelum tangal yang telah ditentukan. Untuk tahun ini, pemerintah mengumumkan  pendaftaran secara serentak dilakukan mulai tangggal 1 hingga 31 Agustus 2017.

Pada saat pendaftaran dimulai, biasanya situs SSCN.BKN.go.id akan sulit di akses, ini disebabkan oleh membludaknya jumlah pelamar yang akan melakukan pendaftaran di situs SSCN.BKN.go.id secara serempak dan mengakibatkan lonjakan traffic di internet pada satu server disaat bersamaan.

Ini ibarat musim mudik dimana banyak sekali kendaraan yang antri pada saat akan bertransaksi di gerbang tol. Jika volume kendaraan meningkat drastis pada saat bersmaan, tetntunya akan berdampak pada kemacetan mengingat jumlah gerbang tol yang terbatas. Ada beberapa tips dari kami yang mungkin dapat membantu Anda jika mengalami kesulitan pada saaat akan mendaftarkan diri di situs SSCN.BKN.go.id:

Tips Pertama : Gunakan waktu yang dianggap sepi.

Cara ini sangat efektif untuk menghindari kesulitan pada saat akan meng akses situs SSCN.BKN.go.id . Anda bisa mendaftarkan diri pada jam – jam tertentu seperti dini hari, pada saat itu sebagian besar masyarakat sedang tertidur sehingga lalu lintas data akan sangat lancar.

Tips Kedua : Gunakan provider yang memiliki kualtias baik.

Pastikan provider yang anda gunakan memilik frekuensi jaringan yang cepat dan stabil. Semakin cepat data yang ada kirim ke server maka semakin cepat pula server menaggapi Anda.

Tips Ketiga : Menutup semua aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan pendaftaran online.

Aplikasi yang berjalan dapat menghambat proses dikomputer anda, terlebih jika aplikasi tersebut menggunakan jaringan internet dalam penggunaannya. Tentunya ini juga dapat memperlampat kecepatan koneksi internet Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Anda. Perlu diketahui, pemerintah memberikan waktu satu bulan untuk Anda yang berniat mendaftarkan diri sebagai CPNS, jangan terlalu memaksa melakukan pendaftaran di hari pertama, gunakan hari berikutnya atau waktu yang menurut Anda adalah saat yang terbaik.

Berkas Pendaftaran CPNS 2017

Sebelum mendaftar sebagai CPNS, ada baiknya Anda menyiapkan berkas yang dibutuhkan seperti : fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotocopy Kartu Kuning (kartu pencari kerja), fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pas foto terbaru Anda yang berwarna dengan ukuran 4 x 6, dan fotocopy Ijazah dan Transkrip nilai yang sebelumnya telah dilegalisir.

Jika berkas sudah terkumpul, mulailah mendaftarkan diri sebagai CPNS secara online melalui situs SSCN.BKN.go.id. Pastikan koneksi Internet yang Anda gunakan dalam keadaan stabil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pendaftaran.

Panduan dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017 di SSCN BKN

Berikut adalah panduan serta tata cara mendaftarkan diri sebagai CPNS di website SSCN.BKN.go.id:

  1. Lakukan login menggunakan akun yang sudah dikirimkan oleh panselnas ke email Anda. 
  2. Isi semua formulir yang disediakan sesuai dengan indentitas asli Anda. Lakukan dengan teliti, kesalahan penulisan nama dan lain-lain dapat membuat Anda gugur pada tahap selanjutnya.
  3. Jika semua formulir sudah terisi, cetaklah berkas sesuai instruksi yang tertera pada halaman website. Berkas yang telah Anda cetak akan menjadi bukti pendaftaran CPNS.
  4. Langkah selanjutnya adalah menyatukan bukti pendaftaran yang sudah dicetak dengan berkas yang sudah disiapkan.
  5. Kirimkan berkas yang telah tersusun ke BKD atau Panselnas yang sudah dah ditentukan melalui kantor POS.
  6. Jika berkas sudah diterima, Panselnas akan mengirimkan kartu peserta yang akan digunakan untuk tahap uji.


Penjelasan Tambahan Mengenai Situs SSCN.bkn.go.id

Situs SSCN.BKN.go.id tidak hanya digunakan pada saat melakukan pendaftaran, situs ini juga digunakan baik pada saat diumumkannya tanggal pengujian, hasil yang diperoleh peserta dalam proses ujian, serta pengumuman kelulusan. Maka dari, Anda wajib mengingat Username dan Password yang telah dimiliki dan pantau terus setiap perkembangan yang terjadi di dalam situs tersebut.

Sambil menunggu pengumunan tanggal ujian, ada baiknya jika Anda mempersiapkan diri dengan cara mendalami semua ilmu yang akan dibutuhkan pada saat pengujian diantaranya: Kemampuan bahasa indonesia yang baik dan benar,sejarah NKRI, pemahaman tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, penerapan Bhineka Tunggal Ika, serta peranan Indonesia dalam wilayah Nasional maupun Internasional.

Setelah masa pendaftaran ditutup, Panselnas akan mengumumkan waktu pelaksaan pengujian bagi mereka yang lolos seleksi administrasi. Untuk melihatnya, cukup melakukan login dengan Username dan Password yang Anda miliki di situs SSCN.BKN.go.id. Jika Anda lulus, Anda akan diberikan kartu ujian yang harus dicetak dan dibawa pada saat ujian berlangsung bersama dengan KTP, Ijazah dan Transkirp nilai yang asli.

Pada saat mengikuti ujian, peserta akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Peserta juga dapat melihat hasil dari apa yang sudah mereka kerjakan sesaat setelah mengikuti ujian. Ini dimaksudkan agar hasil dari ujian tersebut bersifat transparan dan adil. Kelulusan masing-masing peserta ditentukan oleh nilai ambang batas (passing grade). Yang standarisainya ditetapkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tahapan Tes Fisik di Pendaftaran CPNS 2017

Masih ada satu tahap lagi sebelum peserta dianggap layang menjadi CPNS. Tahap terakhir adalah uji fisik dan keterampilan. Pada tahap ini Panselnas dibantu oleh tim medis akan memeriksa kondisi fisik para peserta secara keseluruhan mulai dari mata, gigi, telinga, dan lain-lain. Selain itu panitia juga akan menguji keterampilan yang peserta miliki seperti bela diri,  berenang dan lain-lain.

Setelah berhasil melewati semua proses, peserta yang dianggap lulus dapat melihat hasilnya pada situs SSCN.BKN.go.id. menggunakan Username dan Password yang dimiliki. Bagi yang namanya terdaftar di tabel kelulusan harus melakukan registrasi ulang. Peserta yang lulus namun tidak melakukan daftar ulang akan dinyatakan mengundukan diri atau gugur.

Keseluruhan proses diatas dilakukan secara sistematis, transparan dan tidak dipungut biaya. Jangan mudah tergiur jika ada oknum yang menawarkan diri untuk mempermudah Anda dalam menjadi CPNS.

Semlain melalui situs SSCN.BKN.go.id, perkembangan informasi mengenai CPNS dapat Anda lihat pada beberapa situs berikut ini:
1. www.menpan.go.id
2. https://www.mahkamahagung.go.id
3. http://badilum.mahkamahagung.go.id
4. http://badilag.mahkamahagung.go.id
5. http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id
6. http://cpns.kemenkumham2017.go.id
Description
: Panduan dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017 di SSCN.BKN.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Panduan dan Tata Cara Pendaftaran CPNS 2017 di SSCN.BKN.go.id

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.