CPNS 2017-2018 | sscn.bkn.go.id ~ Tahapan Seleksi CPNS 2017, berikut Tahapan Pendaftaran CPNS 2017 Seleksi Kemenkumham dan Mahkamah Agung

Di zaman sekarang ini menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) bukanlah hal yang dipandang sebelah mata, malahan saat ini masyarakat diperkotaan sangat-sangat mengejar predikat sebagai PNS mengapa demikian?

Tahapan Pendaftaran CPNS 2017

Jaminan Hidup PNS Saat ini

Bagi banyak orang saat ini menjadi PNS adalah cara hidup aman yang harus dimilki oleh setiap individu, setiap irang beranggapan menjadi PNS adalah hal yang dipandang untuk saat ini, karena fasilitas semua sudah di tanggung oleh pemerintah baik secara individu maupun keluarga.

Akan tetapi menjadi PNS bukanlah hal yang gampang untuk periode sekerang-sekarang ini, Anda harus bersaing dengan puluhan ribu orang bahkan jutaan orang yang menginginkan predikat PNS.

Saingan sudah semakin banyak dan sangat banyak bahkan tidak jarang ada oknum yang bermain dengan jalur-jalur yang tidak di anjurkan, seperti KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme)  mereka mencoba menyogok oknum yang bekerja sebagai PNS untuk meloloskan diri mereka sendiri untuk dapat kelulusan sebagai PNS dengan cara yang curang.

Nekat Tempuh Jalan Salah Saat Seleksi CPNS

Seleksi yang ketat membuat persaingan semakin membuat peserta hilang akal dan ingin cepat dengan menggunakan segala cara, maka dari itu pemerintah pusat memberi maklumat yang tegas dan pasal-pasal yang tegas untuk membuat jera apabila ada anggota PNS yang berbuat kecurangan dalam proses pendaftaran, seleksi sampai tes berlangsung.

Bagi oknum-oknum yang ketahuan dan kedapatan sedang mengadakan pungli akan dikenakan sanksi yang cukup berat diantaranya mulai dari skors, penurunan jabatan, potong gaji, sampai yang paling fatal di berhentikan dari seorang pegawai PNS.

Berkas Dalam Seleksi CPNS 2017

Kita tahu seleksi berkas-berkas untuk menjadi PNS pun harus komplit dan asli (original) agar data yang dimiliki tidak ganda atau bisa juga dipalsukan. Untuk mendaftar berkas yang digunakan biasanya harus ada legalisirnya supaya berkas yang asli dan yang di foto copy datanya benar-benar sama, karena apabila terjadi kecurangan atau kepalsuan data bisa dikenakan pasal pemalsuan bagi peserta yang telah lolos seleksi CPNS 2017.

Apabila Anda ngin mendaftar sebaiknya sediakan dulu dan lengkapi berkasnya jangan sampai waktunya tiba Anda baru melengkapi berkas. Adapun tahapan testnya Anda harus mendaftar online kemudian dinyatakan lulus seleksi administrasi, seleksi administrasi adalah verifikasi berkas pelamar CPNS sebagai proses awal, apakah berkas yang dimasukkan memnuhi persyaratan atau tidak.

Persyaratan Wajib Pendaftaran CPNS 2017

Syarat-syarat dokumen CPNS 2017 sebagai berikut:
1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Scan ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir.
3. Scan pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6.
4. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK).
5. Scan Kartu kuning.

Bila proses dinyatakan memenuhi persyaratan maka Anda berhak untuk mengikuti ujian selanjutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dari jutaan peserta yang mengikuti SKD biasanya hanya beberapa ratus saja yang tersaring untuk bisa mengikuti ujian selanjutnya.

Peserta di wajibkan berlatih bila di berikan waktu kosong untuk dapat mengasah otaknya supaya lebih terbiasa dalam menjawab pertanyaan yang semakin sulit, karena semakin tinggi tahapannya maka semakin sulit test yang di tempuhnya.

Kemudian masuk pada ujian berikutnya yakni ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dimana tes yang di lakukan mengacu sesuai bidang yang di capai. Hal ini di karenakan setiap bidang memilki aturan dan komposisi tesnya masing-masing, sebagai peserta kita harus belajar lebih giat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan karena Anda sudah susah payah sampai pada tahap ini jadi Anda pergunakan kesempatan ini dengan baik, buatlah diri Anda bangga menjadi bagian dari pegawai yang mengabdi pada negara.

Apabila Anda nanti diterima menjadi PNS maka berjanjilah pada diri anda untuk mengabdi sebaik mungkin dalam mengerjakan amanat dan tugas yang diberikan, jangan sampai disalah gunakan wewenang yang telah diberikan ketika telah diterima menjadi PNS.

Karena masih banyak orang diluar sana yang ingin menjadi pns seperti  Anda maka pergunakan sebaik-baiknya jangan sampai Anda terlibat pungli atau hal-hal yang bisa menjelekkan nama institusi atau lembaga yang Anda pegang.

Baik,balik lagi pada SKB yakni berdasar hasil peraturan Menteri PANRB No.20/2017, SKB di haruskan menggunakan CAT serta dapat di tambahkan dengan ujian lainya sesuai kebutuhan dari jabatan yang dicapai.

Bagi instansi yang menggelar seleksi ujian kompetensi dengan  CAT dapat melakukan dua  bentuk ujian yaitu ujian praktik kerja ,bersama materi dan penguji yang berkompeten di bidangnya sesuai dengan jabatan yang ingin dicapai. Serta tahapan ujian fisik/kesamaptaan, kesehatan jiwa, psikolgi, dan wawancara sesuai bidang yang dicapai.

Kalau ada yang belum tahu gambaran ujian fisik berikut ini kami akan jabarkan, apa itu ujian fisik? Ujian fisik merupakan seleski yang hampir sama dan bisa dibilang ujian kesehatan yang diikuti oleh calon PNS. Mengapa ini dilakukan?

Karena dari ujian ini bisa dilihat kesiapan fisik calon PNS sehingga panitia yang berkompeten dapat gambaran tentang masing-masing fisik setiap individu. Seringkali kita lihat PNS yang fisiknya gemuk, itu dikarenakan ia sudah tidak pernah lagi melatih fisiknya secara teratur dan memilki pola akan yang berlebihan sehingga size badannya menjadi tidak sedap untuk dipandang.

Untuk itu dari sekarang setiap jumat pagi biasanya dikantor atau diluar kegiatan kantor di adakan senam pagi supaya para pegawai negeri sipil yang memiliki postur badan yang bisa dibilang tidak ideal bisa membakar sedikit lemak dan bisa lebih bugar dalam menjalani aktivitas sehari-harinya.

Ujian Fisik Seleksi CPNS 2017

Selanjutnya pada ujian fisik di wajibkan peserta untuk  lari selama 12 menit untuk pria dengan jarak tempuh kurang lebih 1200-1300 meter. Dan untuk wanitanya waktu lari yang dibuat lebih lama yakni 14 menit dengan jarak tempuhnya yakni 1200 meter.

Kemudian selanjutnya pull up dilakukan untuk melihat kekuatan dari otot lengan dengan bergelantung pada tiang horizontal kemudian menarik badannya keatas sebanyak 10 kali. Hal ini biasa dilakukan hanya untuk laki-laki saja.

Kemudian setelah lari dan pull up ujian akan dilanjut pada tahapan fisik yang terakhir yakni peserta dianjurkan melakukan shuttle run, apa itu shuttle run?

Shuttle run adalah lari dengan membentuk angka delapan, lari yang memakai kecepatan penuh (sprint) serta melewati patok-patok besi yang telah diberi jarak lebih kurang 10 meterdengan titik awal sebelah kanan patok belakang, kemudian peserta memutari patok itu sampai berada di seblah kanan patok depan.

Lalu lari menuju kembali ke patok belakang sebelah kiri, memutari patok itu sampai berada di sebelah kanan patok belakang.

Dalam test ini dibutuhkan kelincahan serta ketepatan waktu, setelah semua tes dilakukan peserta calon PNS dianjurkan untuk beristirahat sambil menunggu pengumuman selanjutnya.

Nah, di waktu yang longgar ini peserta harusnya melakukan doa untuk kelancaran dalam penilaian serta dapat diterima (lulus) secara resmi oleh pihak penyelenggara (panitia). Biasanya setelah lulus nanti peserta akan diberikan Pendidikan Kilat (Diklat) untuk lebih mendalami bidang yang di capainya selama proses seleksi berlangsung.

Info Seleksi CPNS 2017 Lainnya

Pesan saya kali ini apabila sudah diterima dan dilantik sebagai PNS, jangan berniat melakukan hal-hal yang bisa mengundang KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) karena apabila sudah terbukti melakukan kecurangan maka status PNS Anda bisa dalam bahaya saat ini pemerintah benar-benar menindak tegas gak pandang bulu, semua yang main dengan kecurangan akan ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sayang kan status yang sudah Anda raih dengan tes susah payah bisa hilang hanya dengan melakukan tindakan yang melanggar hukum?

Dan tentunya bukan Anda saja yang akan kecewa apabila terciduk dan terindikasi korupsi tapi juga keluarga Anda akan merasa malu, bukan hanya sanksi pidana tapi juga sanksi sosial lingkungan sekitar.

Untuk itu bekerjalah dengan sebaik mungkin dan sebersih mungkin supaya Anda bisa melakukan yang terbaik untuk negara ini. Buat Anda yang ingin mendaftar CPNS 2017 silahkan disiapkan berkas-berkasnya secara lengkap.

Description
: Tahapan Pendaftaran CPNS 2017 Seleksi Kemenkumham dan Mahkamah Agung
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Tahapan Pendaftaran CPNS 2017 Seleksi Kemenkumham dan Mahkamah Agung

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.