CPNS 2017-2018 | Saat ini proses pendaftaran CPNS sedang berlangsung dan sembari mempersiapkan pendaftaran bagi calon pelamar yang belum mendaftar maka berikut kami akan berikan 5 Poin Penting Pendaftaran CPNS 2017 Yang Harus Menjadi Perhatian.

poin penting pendaftaran cpns 2017

Poin Pertama Permasalahan NIK

Di minggu awal pendaftaran CPNS 2017, Telah ada ratusan keluhan yang berkaitan dengan Pengisian NIK di pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id

Kira-kira apa masalahnya ya? Tinjauan dari hasil kumpulan keluhan rata-rata adalah NIK tidak terdaftar, selain itu ada juga NIK-nya tidak keluar walaupun sudah melakukan pendaftaran online.

Berikut pernyataan BKN melalui Kepala Biro Humasnya,

"Web pendaftaran alhamdulillah lancar, meskipun website resmi BKN sempat down. Tapi kesimpulan secara keseluruhan alhamdulillah baik, dan 80 persen hanya terkendala NIK," jelasnya.

Ternyata permasalahan ini berasal dari data kependudukan pelamar, oleh karenanya pihak BKN langsung berkoordinasi dengan Dukcapil seluruh Indonesia.

"Kami tengah memastikan lagi apakah itu hanya Dukcapil pada sscn atau Dukcapil seluruh Indonesia. Yang jelas satu hari Dukcapil hanya bisa menerima satu juta permintaan," kata Ridwan (Kepala Biro Humas BKN).

Hingga kini permasalahan tersebut sudah teratasi terbukti dari 441.000 pelamar berhasil mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS 2017 Kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Poin Kedua Jumlah Pelamar Per 8 Agustus Telah Mencapai 441 ribu orang

Memang sudah banyak yang memperkirakan bahwa pelamar CPNS 2017 akan membludak, dan ternyata benar seperti itu.

Kemarin saja di tanggal 5 Agustus 2017 jumlah pelamar yang masuk dalam database BKN sejumlah 300 ribu orang dan kini di tanggal 8 Agustus 2017 berjumlah 441 ribu orang, artinya kenaikan cukup banyak dan perkiraan akan terus bertambah hingga tanggal 31 Agustus mendatang.

Dari laman resmi Kemenkumham Jumlah pendaftar CPNS (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung di hari kedelapan pendaftaran ini berjumlah 441.267 orang per Selasa, 8 Agustus 2017 pukul 11:09 WIB.

Berdasarkan keteranga Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), total jumlah pendaftar tersebut terbagi atas; pendaftar di Kemenkumham mencapai 427.117 pendaftar dan di MA 14.150 pendaftar.

Sedangkan sebelumnya telah diinformasikan bahwa 19.200 formasi CPNS untuk Kemenkumham dan MA dengan rentang waktu pendaftaran 1-31 Agustus 2017 melalui www.sscn.bkn.go.id.

Apa artinya ini? Artinya peluang semakin kecil dan persaingan semakin ketat, tapi tenang karena di tanggal 5 September mendatang akan ada pengumuman tahap pertama yakni seleksi administrasi (lihat Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2017) dan akan banyak yang gugur di tahap itu sebelum melanjutkan pada jejang pendaftaran CPNS selanjutnya.

Poin Ketiga Formasi Paling Diminati adalah Penjaga Lapas

Laporan terbaru dari situs pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id, hingga Rabu, 8 Agustus 2017 ternyata dari 21 Jabatan yang dibuka, profesi yang paling diminati dari seleksi CPNS Kemenkumham dan MA tahun 2017 adalah Penjaga Lapas atau Sipir.

Dari situs setkab.go.id, Jumlah pelamar yang ingin bekerja sebagai CPNS penjaga tahanan atau Penjaga Lapas adalah 129.358 orang, ini merupakan julah terbanyak dibandingkan formasi lainnya yakni Analis Keimigrasian Pertama (Kemenkumham) sebanyak 38.034 pelamar dibawahnya ada Auditor Pertama di Kemenkumham yang mencapai angka 7.018 pelamar.

Melihat jumlah tersebut mungkin kecil kemungkinan bisa lolos, apalagi seleksi ini dibuka secara nasional, namun jangan khawatir sebab rezeki dan takdir tidak bisa ditentukan secara pasti karenanya usaha maksimal adalah jalan terbaik dalam mencapai mimpi.

Namun yang perlu kami ingatkan disini bahwa dalam mengirimkan berkas harus hati-hati karena masuk ke minggu kedua pendaftaran CPNS 2017 ini ternyata banyak yang salah kirim berkas, apa akibatnya ya?

Poin Keempat Banyak Pelamar Salah Kirim Berkas Pendaftaran CPNS

Berikut informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait dengan salah kirim berkas pendaftaran CPNS, akibatnya secara tegas BKN menjawab bahwa tidak akan memproses berkas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 yang dikirim ke BKN.

"Berkas lamaran yang dikirimkan ke kantor BKN, mohon maaf tidak akan diproses,” ujar Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat BKN, Herman, dari laman resmi BKN, www.bkn.go.id, Selasa (8/8/2017).

Nah kejadian yang seperti ini pasti diakibatkan kurangnya pemahaman terhadap petunjuk teknis pendaftaran CPNS 2017 padahal semua sudah dimuat dalam pengumuman pada 11 Juli lalu baik di laman Kemenpan maupun Kemenkumham, isinya adalah :

DOKUMEN PERSYARATAN PENDAFTARAN CPNS 2017 dikirimkan ke MASING-MASING INSTANSI, sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan formasi yang dipilih.

Perhatikan tanda huruf besar yang digunakan bahwa, ke instansi masing-masing bukannya ke BKN, cukup jelas bukan?

“BKN kebanjiran berkas CPNS, para pelamar salah alamat,” kata Diah Eka Palupi, Kepala Sub Bagian (Kasubag) hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN.

“Yang pertama, registrasi seharusnya online. Untuk website pun sudah kami informasikan ke publik. Lalu kedua, untuk Kemenkumham, S1 saja yang diminta unggah berkas via online, untuk berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 Kementerian Hukum dan HAM RI,” tambah Diah.

“Agar tidak ada lagi kesalahan pengiriman oleh calon pendaftar karena kalau salah pelamar juga yang rugi. Dan, selalu waspada terhadap oknum-oknum nakal yang mengatasnamakan instansi terkait,” ujarnya mengingatkan.

Diperkirakan jumlah pendaftar akan terus bertambah hingga waktu penutupan tanggal 31 Agustus 2017 mendatang.

Poin Terakhir Tata Cara Pendaftaran CPNS MA dan Kemenkumham Yang Benar

Untuk Mahkamah Agung, harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan beberapa berkas berupa:
  1. dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online,
  2. surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI,
  3. fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir,
  4. surat keterangan akreditasi dari BAN PT,
  5. pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak  4 lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.

Seluruh Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017.

Adapun untuk pelamar pada lingkungan Kemenkumham, pelamar dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib mengirimkan berkas berupa:

  1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta bermaterai Rp6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dengan format surat lamaran yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id,
  2. fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, fotokopi ijazah SD, ijazah SLTP dan ijazah SLTA,
  3. surat pernyataan bermaterai Rp6.000,-, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat,
  4. dan lembar bukti pendaftaran.

Berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat di laman www.menpan.go.id dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 Kementerian Hukum dan HAM RI.

Apabila terdapat hal-hal yang masih memerlukan penjelasan terkait persyaratan pelamaran tersebut, pelamar dapat menghubungi call center Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729.

Ingin tahu Info Pendaftaran CPNS lebih lanjut silahkan cek Pendaftaran CPNS 2017 8 Langkah termudah.

Description
: 5 Poin Penting Pendaftaran CPNS 2017 Yang Harus Menjadi Perhatian
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: 5 Poin Penting Pendaftaran CPNS 2017 Yang Harus Menjadi Perhatian

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.