CPNS 2017-2018 | sscn.bkn.go.id ~ Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id | Apakah anda ingin menjadi CPNS disalah satu instansi di KEMENKUHAM/Mahkamah Agung? sebelum mendaftar, bisa melihat dulu Alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id

Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id 2017-2018


Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id 2017-2018

Periode I pendaftaran online CPNS 2017 telah dibuka. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, periode I dibuka pada tanggal 01 Agustus hingga 31 Agustus 2017. Di Mahkamah Agung, pendaftaran juga telah dibuka dimulai pada tanggal 01 Agustus hingga 26 Agustus 2017. Jika anda ingin mendaftarkan diri anda, anda bisa melakukan pendaftaran secara online di sscn.bkn.go.id.

Sebenarnya sscn.bkn.go.id merupakan situs resmi bagi  pendaftaran online CPNS periode I. Jika anda ingin membaca rincian terkait apa saja yang akan dibutuhkan oleh anda pada saat mendaftarkan diri, anda bisa melihat Alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id. Alur pendaftaran tersebut telah memberikan detail yang anda butuhkan untuk proses pendaftaran online.

Cara memahami alur pendaftaran CPNS 2017-2018 di sscn.bkn.go.id

Website resmi pendaftaran online dapat dibuka baik melalui komputer, handphone, atau laptop. Mengaplikasikan halaman website tersebut tidaklah sulit, namun sebaliknya. Situs resmi tersebut sangah mudah dan informatif untuk digunakan. Jika anda ingin mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri anda, anda dapat memilih alur pendaftaran CPNS 2017-2018 di sscn.bkn.go.id. Alur pendaftaran di website tersebut di gambarkan dengan tanda panah yang saling berhadapan. Kamu hanya perlu mengklik gambar tersebut lalu membaca dan memahami prosedur yang harus diambil oleh anda.

Untuk informasai lebih lanjut, mari lihat langkah-langkah dibawah ini :

1. Masuklah ke portal website sscn.bkn.go.id

Situs tersebut merupakan situs resmi. Setelah anda memasuki situs tersebut, akan ditampilkan beranda situs resmi pendataran cpns online. Di beranda portal tersebut juga tersedia alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id yang akan memudahkan anda dalam melakukan mekanisme pendaftaran online CPNS.

2. Tahap kedua adalah Pendaftaran CPNS 2017-2018

Di tahap kedua ini, anda akan melakukan validasi data diri. Beberapa data yang anda butuhkan adalah Nomor Induk Keluarga (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga atau anda bisa mengunggah NIK Kepala Keluarga. NIK dan KK yang anda dipastikan terlebih dahulu kebenaran dan kelengkapannya. Karena, NIK dan KK akan terdeteksi di database kependudukan dan di catatan sipil. Setelah berhasil, isi kode captcha yang telah ditampilkan dilayar monitor anda. Kemudian anda bisa klik tombol lanjutkan untuk proses selanjutnya

3. Pengisian biodata di Pendaftaran Online CPNS 2017-2018

Setelah anda berhasil memasukan NIK, KK dan kode captch langkah selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi biodata pribadi. Didalam pengisian biodata, anda bisa mengecek kembali NIK dan KK. Setelah itu anda memasukan data diri anda dimulai dari nama, tempat dan tanggal lahir. Disini anda akan diminta data yang disesuaikan dengan ktp dan ijazah. Untuk pengisian nama, telah di informasikan di bagian atas kolom bahwa anda tida mengisi nama anda dengan gelar anda. Setelah itu, anda diminta untuk mengisi email, password, jawaban pengaman 1, jawaban pengaman 2 dan captcha. Lalu anda bisa mengklik daftar pada halaman tersebut.

4. Cetak kartu ujian CPNS 2017-2018

Setelah anda berhasil mendaftarkan diri anda, anda dapat mencetak kartu ujian sebagai tanda bukti bahwa anda telah mendaftarkan diri anda. Mencetak kartu ujian bukan menjadi akhir dari pendaftaran online, karena di dalam alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id masih terdapat beberapa data diri yang harus anda isi.

5. Log in Web SSCN BKN 2017-2018

Setelah anda mendapatkan identitas pelamar, tahap selanjutnya adalah anda log in menggunakan identitas seperti NIK dan password yang telah anda daftarkan sebelumnya. Tahap selanjutnya adalah pengian form biodata pelamar yang berisikan jenis kelamin, alamat, provinsi, lalu kota/kab dan no telepon yang anda gunakan. Setelah anda yakin telah mengisi semua biodata, anda dapat klik simpan untuk menyimpan data diri anda. Setelah itu, anda dapat klik daftar untuk melanjutkan proses selanjutnya.

6. Memilih Instansi Pendaftaran CPNS 2017-2018

Pada tahap ini anda akan ditampilkan jenis formasi dan instansi yang anda inginkan. Pada pemilihan formasi, anda akan ditampilkan pilihan putra/ putri terbaik, putra/ putri Papua Barat dan terakhir adalah disabilitas. Setelah itu, anda dapat memilih instansi yang anda inginkan. Anda dapat memilih instansi yang telah membuka pendaftaran cpns lalu anda dapat cek instansi yang telah menggunakan portal sscn atau portal istansi. Portal sscn, instansi yang anda pilih menggunakan portal sscn, namun jika anda memilih portal instansi, maka anda harus mencetak informasi instansi non sscn. Setelah memilih baik portal sscn atau portal instansi, anda akan diminta untuk melengkapi data lamaran

7. Melengkapi form Pendaftaran CPNS Online

Setelah itu, anda diminta untuk mengisi biodata lainnya sesuai yang dibutuhkan oleh instansi. Biodata yang dibutuhkan sepertipendidikan, jabatab, lokasi kerja, nama sekola atau perguruan tinggi, tanggal ijazah, tahun lulus, akademik perguruan tinggi, akademik program studi, IPK atau nilai, no ijazah dank ode captch. Sebelum anda mengklik daftar, anda harus memastikan bahwa data yang anda isi adalah benar dan sesuai dengan yang diinginkan. Karena, anda hanya dapat memilih satu instansi, satu jabatan, dan 1 periode. Jika anda memilih instansi yang tidak menggunakan sscn, anda akan masuk ke poral instansi dan melengkapi pendaftaran.

8. Mencetak Pendaftaran Tes CPNS Online

Setelah anda selesai mengisi form biodata pelamar, klik tombol simpan untuk menyimpan data diri anda terkait jabatan formasi. Selanjutnya anda diminta untuk mengupload dokumen sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan instansi yang anda pilih. Alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id juga menjelaskan cara bagaimana anda mengupload dokumen dengan kriteria harus berbentuk pdf maksimal 300 kilobyte/ image (jpg, jpeg, png) dengan maksimal 200 kilobyte. Jika anda ingin mencetak kartu, anda dapat mengklik riwayat untuk melihat kartu peserta ujian cpns, kartu pendaftaran sscn dan kartu informasi akun.

9. Perhatikan jika terdapat kekeliruan data

Jika anda telah melakukan pengisian data namun terdapat kesalahan data, anda dapat meng klik Frequently Asked Questions. Dalam halaman tersebut telah dijelaskan bahwa jika anda telah melakukan kesalahan dalam pengisian data, anda tidak dapat memperbaiki data anda yang telah disimpan, tidak dapat mengupload kembali dokumen yang sudah di upload termasuk anda tidak dapat merubah instansi yang telah anda pilih. Dalam seleksi administrasi ini, anda dimnta untuk berhati-hati. Data hanya dapat diperbaiki ketika anda telah lulus ujian dan akan dilakukan proses pemberkasan dalam penetapan NIP.

Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id 2017-2018

Setelah anda berhasil menyelesaikan seleksi administrasi tadi, anda dapat melanjutkan ke seleksi selanjutnya. Alur pendaftaran cpns di sscn.bkn.go.id yang kami berikan, ditujukan untuk membantu anda mempermudah informasi apa yang anda butuhkan untuk melakukan proses pendaftaran online seleksi CPNS se-Indonesia.

Untuk lebih mempermudah anda, anda dapat mengunduh buku petunjuk pendaftaran yang tersedia untuk sistem seleksi cpns nasional tahun 2017 yang telah diterbitkan oleh Badan Kepegawaian Negara. Buku tersebut berisi tentang alur pendaftaran administrasi untuk pendaftaran online CPNS. Semoga lancar dan berhasil baik dalam seleksi administrasi maupun keseluruhan seleksi lainnya.
Description
: Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Alur Pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id 2017-2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.