Lowongan Kerja PLN 2018 | Cara Cek Tagihan Listrik PLN Terbaru Paling Mudah dan Praktis 2017/2018 ~ Kita semua tahu bahwa sebenarnya hidup kita sangat bergantung kepada listrik. Karena, apapun yang kita lakukan setiap hari menggunakan barang-barang elektronik yang membutuhkan tenaga listrik.


Jadi, untuk memastikan bahwa aktivitas kita tidak terganggu, kita harus membayar listrik tepat waktu. Jika terlambat, bisa-bisa kita mendapatkan peringatan. Dan jika terlambat dalam waktu yang cukup lama, aliran listrik ke rumah kita bisa diputus.

Tagihan yang harus dibayar pada bulan ini adalah untuk pemakaian pada bulan sebelumnya. Karena jumlahnya selalu berbeda setiap bulannya sesuai dengan pemakaian, sebelum melakukan pembayaran, tentu saja kita terlebih dahulu harus mengetahui berapa jumlah tagihan yang harus kita bayarkan. Sebenarnya ada beberapa cara cek tagihan PLN. Berikut ini kami akan membahas beberapa yang paling mudah dan praktis.

Cek Tagihan Listrik PLN Via SMS

Dulu kita bisa melakukan pengecekan tagihan listrik bulanan via SMS. Tapi entah kenapa, sekarang fasilitas tersebut sudah ditiadakan. Ini sangat disayangkan, karena sebenarnya fitur cek tagihan listrik melalui SMS tersebut sangat praktis. Karena, cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan yang masih menggunakan HP jadul sekalipun. Sedangkan cara pengecekan menggunakan aplikasi atau online di website tentu saja hanya terbatas untuk orang-orang yang sudah memiliki smartphone saja. Selain itu, dulu saat masih ada fitur cek tagihan via SMS, ada fitur tambahan berupa fitur langganan. Jadi, setiap bulan kita bisa secara otomatis menerima SMS yang isinya berapa jumlah tagihan kita pada bulan tersebut.

Cek Tagihan Listrik PLN Menggunakan Aplikasi Android

Jika anda memiliki smartphone Android, anda bisa mempraktekkan cara cek tagihan PLN via aplikasi Android. Sebenarnya aplikasi untuk cek tagihan PLN semacam ini ada banyak sekali. Yang khusus untuk tagihan PLN saja ada lebih dari 10 aplikasi. Selain itu, masih ada banyak juga yang tidak khusus untuk tagihan PLN saja, tapi sekaligus bisa untuk cek tagihan-tagihan lain seperti telepon, PDAM, dan sebagainya.

Tentu saja anda bebas untuk memilih aplikasi mana yang akan anda gunakan. Tapi kami sarankan, jika memang hanya ingin cek tagihan listrik, sebaiknya menggunakan aplikasi yang khusus untuk cek tagihan listrik saja. Anda juga bisa menggunakan aplikasi resmi dari PLN yang bernama PLN Mobile. Tapi anehnya, justru aplikasi resmi tersebut ratingnya sangat rendah, dan hanya mendapatkan 3 bintang.

Padahal, aplikasi-aplikasi yang tidak resmi justru mendapatkan rating 4 bintang lebih. Menurut ulasan dari para pengguna, aplikasi PLN Mobile kurang praktis, dan membutuhkan akses data di smartphone pelanggan yang kurang relevan, seperti identitas, lokasi, media files, dan yang lainnya. Padahal, sebagian besar pengguna hanya ingin cek tagihan saja.

Memang untuk cek tagihan PLN justru lebih praktis menggunakan salah satu aplikasi yang tidak resmi. Karena, aplikasi-aplikasi tersebut ringan, dan proses pengecekannya cepat. Walaupun menu antarmukanya berbeda-beda, pada dasarnya cara penggunaannya relatif sama.
1. Pilih dan install aplikasi yang ingin anda gunakan, lalu buka/jalankan aplikasi tersebut.
2. Masukkan ID Pelanggan PLN anda di kotak yang tersedia. Setelah itu, anda harus tap atau menyentuh tombol untuk melanjutkan, dan menunggu selama beberapa detik.
3. Tidak lama kemudian, tagihan listrik yang harus dibayarkan bulan ini akan ditampilkan di layar.

Perlu dicatat bahwa cara cek tagihan PLN dengan aplikasi tidak resmi semacam ini hanya dapat kita gunakan untuk melihat berapa jumlah tagihan yang harus dibayar bulan ini. Kita tidak dapat melihat informasi yang lebih detil seperti jumlah tagihan bulan lalu. Karena memang, sebagian besar aplikasi semacam ini hanya menggunakan jaringan PPOB saja, yang fokusnya untuk pembayaran. Jadi misalnya tagihan bulan ini sudah dibayar, aplikasi semacam ini tidak akan menampilkan jumlahnya karena statusnya sudah lunas.

Sedangkan jika menggunakan aplikasi resmi PLN Mobile, kita bisa melihat tagihan dengan lebih terperinci karena datanya lengkap. Jadi, kita bisa melihat tagihan listrik bulan-bulan lalu. Selain itu, di PLN Mobile juga tersedia berbagai informasi bermanfaat, seperti Tarif Dasar Listrik terbaru dan yang lainnya.

Walaupun menggunakan aplikasi pengecekan tagihan listrik sangat praktis, cukup banyak orang yang kurang menyukainya. Karena, mau tidak mau jika kita meng-install aplikasi untuk setiap keperluan kita, lama kelamaan smartphone kita akan penuh dengan berbagai aplikasi yang tidak penting.

Cek Tagihan PLN Menggunakan Website Semacam CekBill.com

Dulu, sebenarnya tersedia sarana untuk melakukan pengecekan tagihan listrik di situs resmi PLN. Tapi entah kenapa, PLN kemudian memutuskan untuk menghapus fitur tersebut. Padahal, menggunakan website resmi sudah pasti lebih praktis, karena di sana tidak ada iklan-iklan yang seringkali mengganggu.

Alternatif paling efisien untuk cek tagihan PLN bulanan secara online adalah dengan menggunakan website seperti CekBill.com. Ini hanya salah satu contoh saja, karena sebenarnya website semacam ini ada banyak.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buka web browser, baik itu di komputer ataupun di smartphone, lalu kunjungi situsnya cekbill.
2. Masukkan nomor ID Pelanggan di kolom yang tersedia.
3. Isi kolom anti spam di bagian bawahnya dengan benar.
4. Klik pada tombol Cek Tagihan.
5. Tunggu selama beberapa detik, dan tagihan akan ditampilkan di layar.

Kita bisa dengan mudah menggunakan website tersebut untuk melakukan pengecekan berkali-kali. Ini sangat praktis misalnya kita perlu mengecek beberapa ID Pelanggan sekaligus. Tapi, menggunakan website semacam ini bukan tanpa kekurangan. Tidak jarang website tersebut error. Misalnya, kita mengisi kolom anti spam dengan benar, tapi diminta untuk mengulangi karena dianggap salah. Tapi tidak terlalu masalah karena biasanya setelah diulangi akan berhasil.

Cek Tagihan Listrik PLN Menggunakan Internet Banking

Jika anda menggunakan fasilitas internet banking dari salah satu bank, anda juga dapat menggunakannya untuk melihat berapa jumlah tagihan listrik yang harus anda bayarkan. Walaupun menu internet banking berbeda-beda, pada dasarnya cara kerjanya relatif sama. Anda harus mengakses menu Pembayaran Listrik, memasukkan ID Pelanggan anda, dan sebelum sampai pada tahap pembayaran, jumlah yang harus dibayarkan akan ditampilkan di layar.

Cek Tagihan Listrik PLN Menggunakan Marketplace Tokopedia

Ini adalah salah satu alternatif menarik jika anda mencari cara cek tagihan PLN yang praktis. Anda bisa mengunjungi Tokopedia, atau menggunakan aplikasinya di smartphone anda. Berikut adalah langkah-langkah pengecekannya.
1. Masuk ke menu Listrik PLN.
2. Pada Jenis Produk Listrik, pilih Tagihan Listrik .
3. Masukkan ID Pelanggan anda.
4. Klik tombol Beli.

Tagihan anda akan ditampilkan di layar. Jika anda ingin langsung membayarnya, anda bisa melanjutkan ke menu pilihan pembayaran. Perlu dicatat bahwa anda harus dalam kondisi sudah login untuk dapat melihat jumlah yang harus dibayarkan. Jika anda belum login, setelah meng-klik tombol Beli anda akan diminta untuk login.

Walaupun mungkin anda tidak berniat untuk menggunakan Tokopedia, tidak ada salahnya jika anda mendaftarkan diri dan membuat akun supaya bisa login. Toh pendaftaran di sana gratis, jadi sama sekali tidak ada ruginya.

Demikian beberapa cara cek tagihan PLN yang menurut kami paling praktis. Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tapi, walaupun caranya berbeda-beda, ada satu kesamaan. Semua metode di atas membutuhkan koneksi internet, dan tentunya sebuah smartphone atau komputer.

Description
: 5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Terbaru Paling Mudah dan Praktis 2017/2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: 5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Terbaru Paling Mudah dan Praktis 2017/2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.