Pendaftaran CPNS Kemenag 2017-2018

CPNS 2017-2018 | www.kemenag.go.id ~ Pendaftaran CPNS Kemenag 2017-2018, berikut info lebih lanjut mengenai SELEKSI CPNS DOSEN KEMENAG (KEMENTRIAN AGAMA) TAHUN 2017-2018.

Pendaftaran CPNS Kemenag 2017-2018

Apa itu Kemenag???

Kemenag (Kementrian Agama) merupakan instansi pemerintah Indonesia yang mengurus segala kepentingan Agama di negeri ini. Dipimpin oleh Menag (Menteri Agama) sejak tanggal 29 Juni 2014 oleh Dr. H. Lukman Hakim Saefuddin.

Menurut surat kabar yang beredar, kuota untuk cpns baru mencapai 1000 kursi yang nantinya akan disebar melalui  71 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag (Kementrian Agama). Ada 11 kampus yang mendapatkan kuota CPNS baru sebanyak masing-masing 20 kursi, sedangkan kampus lainnya hanya mendapatkan 15 kursi dan paling sedikit 10 kursi saja.

11 kampus diantaranya mendapatkan kuota 20 kursi CPNS baru yakni: UIN Sunan Ampel di daerah Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim  di daerah Malang, UIN Sunan Kalijaga di daerah Jogjakarta, UIN Walisongo di daerah Semarang, dan UIN Syarif Hidayatullah di daerah Jakarta. Sedangkan untuk  IAIN di daerah Jember, IAIN di daerah  Ponorogo, dan IAIN  di daerah Tulungagung, masing-masing kampus mendapatkan kuota 15 kursi  untuk CPNS baru.

Formasi CPNS Kemenag Dosen 2017-2018

Kemudian masing-masing kampus diminta segera formasikan CPNS berdasarkan kuota yang  telah ditetapkan. Sedangkan untuk batas waktu format CPNS, terakhir pada tanggal 13 Juli kemarin. Berikutnya Kemenag (Kementrian Agama) akan membuatkan surat permohonan pengesahan formasi dan kuota ke Kementrian PAN-RB.

Jika sudah mendapatkan surat persetujuan dari Kementrian PAN-RB nantinya Kemenag akan menbentuk tim seleksi, tim seleksi tersebut akan bekerja dan dapat bertanggung jawab. Selajutnya masyarakat diminta untuk tidak percaya terhadap informasi palsu yang beredar luas, mohon lebih hati-hati dalam menanggapi berita tersebut.

Beberapa tahun terakhir ini sejumlah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di bawah naungan Kemenag (Kementrian Agama) merekrut pegawai tetap non-PNS. Sebab di beberapa kampus merubah STAIN menjadi IAIN atau IAIN menjadi UIN, karena pihak kampus sedang membutuhkan dosen baru. Sementara itu pemerintah masih melakukan kebijakan morotarium CPNS baru.

Kepala bagian Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementrian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan bahwa Masyarakat harap bersabar sampai benar-benar keluar informasi resmi dari Kemenag, supaya tidak ada modus penipuan berbasis rekrutmen CPNS baru.

Informasi Awal Seleksi CPNS Kemenag RI

Syarat Umum Pelamar CPNS :

  1. WNI.
  2. Sehat Jasmani juga Rohani.
  3. Usia pelamar min 18 dan maks 35 tahun saat pendaftaran online.
  4. Usia pelamar ditentukan oleh kelahiran yang tercantum pada ijazah.
  5. Tidak pernah dihukum berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan.
  6. Tidak ada jabatan sebagai CPNS/PNS.
  7. Tidak pernah dihentikan secara hormat dan tidak atas permintaan sendiri serta tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS atau dihentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai BUMN/BUMD ataupun sebagai  pegawai swasta.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) atau Negara yang lain ditentukan oleh pihak Pemerintah. 
  9. Tidak menjadi anggota  (aparatur Negara).

Setiap pelamar umum yang dinyatakan telah “lulus” atau “diterima” dan sudah diangkat menjadi CPNS wajib mengajukan lamaran tertulis serta ditanda tangan memakai tinta hitam kemudian ditujukan kepada Menteri yaitu:

  1. Fotocopy Ijazah yang dilegalisir.
  2. Daftar Riwayat Hidup (CV) ditulis dengan tangan sediri setelah itu memakai huruf kapital memakai tinta hitam.
  3. Pas foto terbaru dengan latar belakang merah berukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar setelah itu tuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pasfoto.
  4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
  5. Surat Keterangan Dokter dengan tidak menggunakan obat-obatan terlarang yaitu, narkotika, psikotropika, precursor, dan zat adiktif  dari unit pelayanan kesehatan pemerintah. 
  6. Surat pernyataan yang sesuai dengan persyaratan di atas.

Cara Mendaftarkan CPNS Kemenag (Kementrian Agama):

  • Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website yaitu: http://sscn.bkn.go.id selajutnya  input data dan mencetak bukti pendaftarannya.
  • Hasil cetakan bukti pendaftaran beserta syarat-syarat lainnya kemudian dimasukkan ke dalam map coklat lalu kirim lewat pos. Tulis amplop ini kepada Tim Pelaksana Pengadaan CPNS melaui alamat PO BOX dan mencatumkan satuan kerja yang dituju, setelah itu tulis juga jenis ketenagakerjaanya dilamar pada sudut kiri atas.

Jadwal seleksi CPNS Kemenag (Kementrian Agama) masih bersifat tentatif  yang berarti dapat berubah sesuai permintaan Panselnas (Panitian Seleksi Nasional). Setelah itu tunggu pengumuman resminya dari pemerintah.

Ketentuan Umumnya Sebagai Berikut:

  1. Seleksi Penerimaan CPNS Kemenag (Kementrian Agama) dilakukan dengan menggunakan Tes TKD dan TKB melaui sistem berbasis komputer bernama Computer Asissted Test (CAT). Setelah itu pastikan bahwa Anda sudah pahami metode tes CAT ini.
  2. Rekrutmen CPNS Kementrian Agama tidak dipungut biaya sama sekali.

Apabila sudah memenuhi syarat-syarat diatas maka Anda dapat mengikuti ujian selajutnya  yaitu TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan juga TKB (Tes Kompetensi Bidang). Pada bagian Tes Kompetensi Dasar meliputi Tes Kepribadian, Tes Integelensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Sedangkan untuk Tes Kompetensi Bidang disesuaikan dengan tiap-tiap profesi.

Tes Kepribadian yang dimaksudkan untuk integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, inovasi, orientasi pada pelayan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beraaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri hingga tuntas, kemauan belajar berkelanjutan, kemampuan kerja sama dalam kelompok, dan mengkoordinir orang lain.

Tes Integelensia Umum bertujuan untuk mengasah kemampuan verbal, kemampuan verbal adalah kemampuan menyampaikan informasi secara lisan ataupun tulisan, kemampuan numerik adalah kemampuan untuk melakukan operasi perhitungan angka, kemampuan berfikir logis adalah kemampuan untuk melakukan penalaran secara sistematis, dan kemampuan berfikir analisis adalah kemampuan untuk mengurai permasalaha secara sistematis juga.

Tes Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk penguasaan pengetahuan dan juga kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai Kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945 (Undang-undang 1945), Bhineka Tunggal Ika, dan tentang NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Catatan Penting untuk CPNS Baru:

Untuk semua peserta tes TKD diatas mempunyai nilai ambang batas kelulusan atau disebut dengan Passing Grade. Setiap sub-sub tes terdiri dari Tes Kepribadian, Tes Integelensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Jika satu dari tiga tes tidak mencapai nilai batasan kelulusan, maka peserta dinyatakan “Tidak Lulus”.

Berapakah batas nilai kelulusan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk dinyatakan lulus?
Menurut PANRB (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi) No. 29 tahun 2014 tentang Nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk seleksi CPNS ini batas nilai TKD adalah:

TK (Tes Kepribadian) dengan nilai 175, TIU (Tes Integelensia Umum) dengan nilai 75, dan TWK (Tes Wawasan Kebangasaaan) dengan nilai 70.

Itulah beberapa syarat di atas untuk melamar menjadi CPNS baru agar dapat dinyatakan lulus dan terima oleh Kemenag, khususnya bagi yang menginginkan menjadi Dosen Kementrian Agama tahun 2017 ini.

Demikian informasi tentang prosedur seleksi menjadi dosen di Kementrian Agama (Kemenag) tahun 2017, semoga sukses dan dapat bertanggung jawab atas jabatan yang diemban.

Description
: Pendaftaran CPNS Kemenag 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS Kemenag 2017-2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.