CPNS 2017-2018 | cpns.lipi.go.id ~ CPNS 2017, Ada lagi bukaan baru CPNS setelah Kemenkumham seperti yang dikabarkan oleh Tempo pada Kamis, 03 Agustus 2017 bahwa LIPI Buka Jalur Penyesuaian Pejabat Peneliti, bagaimana informasi lengkapnya? Simak di Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018.

pendaftaran cpns lipi

Apa itu LIPI???

Jakarta ~ LIPI merupakan singkatan yang bila diurai secara panjang berarti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dari wikipedia dapat diketahui mengenai LIPI secara lebih mendalam dan sebelum membahas mengenai bukaan jalur CPNS yang dibuka LIPI tentu tak salah bisa kita paham dulu apa itu LIPI.

Di awal pembentukannya yang terukir dalam sejarah LIPI berasal dari Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) yang telah ada sejak1956 dengan dasar pembentukan dan tugas pokok dari MIPI tercantum dalam UU No. 6 tahun 1956 yakni:

  •     Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  •     Memberi pertimbangan kepada pemerintah dalam hal kebijaksanaan ilmu pengetahuan.

Dalam karir perjalanannya kemudian setelah 6 tahun dari awal pembentukan MIPI yakni tahun 1962 pemerintah kala itu membuat sebuah Departemen Urusan Riset Nasional (DURENAS) dengan MIPI mendapatkan peran tambahan dalam tugasnya yaitu turut membangun dan mengasuh beberapa Lembaga Riset Nasional.

Kemudian 4 tahun kemudian tepatnya di tahun 1966 nama DURENAS pun berubah menjadi Lembaga Riset Nasional (LEMRENAS).

Pembentukan LIPI Pertama Kali

Setahun kemudian di bulan Agustus 1967 ada keputusan dari pemerintah yang isinya merupakan pembubaran LEMRENAS dan MIPI tercantum dalam SK Presiden RI no. 128 tahun 1967, ditambah lagi Keputusan MPRS no. 18/B/1967 sebagai penggantinya maka pemerintah membentuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan menanggung semua tugas LEMRENAS dan MIPI.

Adapun tugas pokok dari LEMRENAS dan MIPI yang harus dijalankan oleh LIPI adalah:

  1. Membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar di Indonesia agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya dan umat manusia pada umumnya.
  2. Mencari kebenaran ilmiah di mana kebebasan ilmiah, kebebasan penelitian serta kebebasan mimbar diakui dan dijamin, sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.
  3. Mempersiapkan pembentukan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (sejak 1991 tugas pokok ini selanjutnya ditangani oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi dengan Keppres no. 179 tahun 1991).


Seiring dengan waktu tidak hanya berfokus kepada tugas pokok melainkan dengan perkembangan iptek yang pesat maka oragnisasi seperti LIPI pun tumbuh dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman saat ini.
Oleh sebab itu dipandang perlu untuk mengadakan peninjauan dan penyesuaian tugas pokok dan fungsi serta susunan organisasi LIPI sesuai dengan tahap dan arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Keppres no. 128 tahun 1967, tanggal 23 Agustus 1967 diubah dengan Keppres no. 43 tahun 1985, dan dalam rangka penyempurnaan lebih lanjut, tanggal 13 Januari 1986 ditetapkan Keppres no. 1 tahun 1986 tentang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan terakhir dengan Keppres no. 103 tahun 2001

Jalur Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018

Di bulan Agustus ini ada kabar terbaru mengenai bukaan CPNS dari jalur LIPI tahun 2017, formasi apa ya yang dibuka? Adalah jalur "inpassing" (penyesuaian) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi pejabat fungsional peneliti.

Artinya bukan bukaan CPNS baru untuk LIPI tahun 2017 ini melainkan PNS yang ingin melakukan atau bertindak sebagai pejabat di lingkungan LIPI tepatnya untuk jabatan fungsional peneliti dibuka di tahun ini.

Info peluang bagi PNS ini tertuang dalam Perka LIPI No.5 Tahun 2017 yakni pada poin penting didalamnya adalah memberikan kesempatan bagi yang memang punya kompetensi dalam hal penelitian dapat bertindak sebagai peneliti dari berbagai lembaga pemerintah.

"Regulasi ini diharapkan mampu menambah jumlah peneliti di Indonesia yang masih rendah saat ini," kata Wakil Kepala LIPI Bambang subiyanto di Jakarta, Rabu.

Salah satu penyebab rendahnya jumlah peneliti ini adalah Peraturan Pemerintah (PP) No.11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS, yakni regulasi terbaru yang mengatur tentang penurunan usia pensiun dari 65 tahun menjadi 60 tahun.

Seharusnya peneliti baru akan pensiun di usia 65 tahun namun ternyata pensiun lebih dini yakni 60 tahun dan banyak pada usia ini peneliti itu masih berstatus peneliti Madya yang sebenarnya masih bisa menggunakan kemampuannya sebelum pensiun.

Langkah pun diambil dan dalam waktu dekat untuk mengantisipasi kekurangan peneliti sehingga Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018 untuk jabatan fungsional peneliti dibuka dan ada seleksi untuk itu.

Sedangkan untuk jangka panjang nantinya LIPI menyusun kembali aturan Jabatan Fungsional Peneliti (JFP) yang baru bersama KemenPAN-RB.

Jabatan Fungsional Peneliti LIPI  2017-2018

Terbanyak saat ini yang berstatus sebagai peneliti sebagian besar merupakan dosen dari perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia baik itu negeri maupun swasta dengan jumlahnya hanya sekitar 4% dari total jumlah SDM iptek Indonesia.

Dengan persentase yang kecil itu namun para peneliti sangat mendedikasikan penelitiannya tanpa terganggu dengan tugas dan kewajiban lainnya selain meneliti.

Peran ini sangat kursial mengingat penelitian modern khususnya di bidang "hard and engineering sciences", di era ini menyaratkan berbagai infrastruktur penelitan yang canggih dan harus dikelola secara profesional dan penuh waktu oleh ahli di bidangnya.

Berminat ikut Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018??? Silahkan cek situs resmi LIPI di lipi.go.id
Description
: Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018 di cpns.lipi.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pendaftaran CPNS LIPI 2017-2018 di cpns.lipi.go.id

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.