Lowongan Kerja 2017/2018 PT PLN Indonesia

Rekrutmen.pln.co.id ~ Lowongan Kerja 2017/2018 PT PLN Indonesia | Dulu sebelum teknologi internet menjadi konsumsi umum, memang mencari informasi loker atau lowongan kerja sangat sulit. Biasanya para pencari kerja harus berlangganan koran, kemudian setiap hari membaca dengan teliti iklan lowongan kerja satu demi satu, untuk mencari yang sesuai dengan keinginan dan keahlian mereka.

Lowongan Kerja 2017/2018 PT PLN Indonesia

Tapi sekarang, berkat adanya internet, siapapun dapat mencari informasi lowongan kerja dengan mudah dan cepat. Tidak hanya lowongan di perusahaan-perusahaan swasta, tapi juga di BUMN besar seperti PLN. Berbicara soal PLN, memang dari dulu lowongan di perusahaan tersebut sangat banyak peminatnya. Dan di sisi lain, memang hampir setiap bulan PLN menerima pegawai baru, baik itu dari SMA/SMK, D-III, S1/D-IV, ataupun S2. Jadi, setiap bulannya, selalu ada kesempatan bagi lulusan jenjang-jenjang pendidikan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan di PLN.

Berburu Lowongan Kerja 2017/2018 PLN Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Ada banyak alasan kenapa Lowongan Kerja PLN selalu banyak yang mencari. Salah satunya karena PLN merupakan salah satu BUMN terbesar. Dan seperti yang kita ketahui, menjadi pegawai BUMN adalah impian dari jutaan orang di Indonesia.

Ini tentunya tidak lepas dari soal kesejahteraan. Dengan menjadi pegawai BUMN sekelas PLN, kesejahteraan relatif terjamin. Karena memang, standar gaji pegawai di atas rata-rata. Contohnya, untuk pemegang ijazah D3 yang baru lulus, gajinya berkisar antara 2 sampai dengan 3 juta rupiah per bulan.

Sedangkan untuk strata pendidikan yang lebih tinggi, misalnya S1, gaji yang ditawarkan berkisar antara 3 juta sampai dengan 6 juta rupiah untuk fresh graduate. Standar gaji tadi tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan gaji di sebagian besar perusahaan-perusahaan kecil dan menengah milik swasta.

Persyaratan Umum Untuk Melamar Kerja di PLN Tahun 2017/2018

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum untuk bisa mendaftarkan diri di loker PLN:
- Masih berstatus lajang atau belum menikah, dan setuju untuk tidak menikah dulu selama masih dalam proses Diklat Prajabatan
- Tinggi badan untuk pria minimal 155 cm, tinggi badan untuk wanita minimal 150 cm.
- Tidak buta warna, tidak bertindik (untuk pria), dan tidak bertato.

Persyaratan-persyaratan di atas merupakan persyaratan umum. Sedangkan persyaratan lainnya tentu saja menyesuaikan dengan posisi yang ditawarkan.

Tahap-tahap Seleksi PLN Tahun 2017/2018

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum bisa diterima bekerja di PLN:
1. Seleksi secara administrasi
2. Mengikuti tes intelegensi
3. Mengikuti tes bidang akademis serta Bahasa Inggris
4. Mengikuti tes psikologi
5. Mengikuti tes kesehatan
6. Mengikuti tes wawancara
7. Mengikuti Diklat Prajabatan

Tahap-tahap di atas terkadang urutannya berubah, sesuai dengan kebijakan pihak rekrutmen PLN.
Tahapan yang harus dilalui memang sangat banyak. Selain itu, karena peminat Lowongan Kerja PLN juga banyak, otomatis persaingan sangat ketat. Lowongan yang dibuka setiap bulan kemungkinan hanya untuk ratusan orang, sedangkan yang tertarik lalu mendaftarkan diri ada puluhan ribu orang. Jadi, setiap orang yang dapat diterima untuk bekerja di PLN setidaknya harus menyingkirkan ratusan pesaing.

Untungnya, PLN memang hampir setiap bulan membuka lowongan bagi para pencari kerja yang berminat untuk bekerja di BUMN tersebut. Jadi, para pencari kerja yang gagal mendapatkan posisi dalam lowongan bulan ini dapat mencoba kembali di bulan-bulan berikutnya. Memang, sama sekali tidak ada jaminan bahwa di salah satu bulan berikutnya mereka akan berhasil diterima untuk bekerja di PLN. Tapi, dengan lebih banyak mencoba, kemungkinan untuk berhasil tentunya lebih besar. Selain itu, berdasarkan fakta, memang banyak pegawai PLN yang dulu sudah mencoba melamar berkali-kali sebelum akhirnya mereka diterima.

Bagi para pencari kerja yang gagal dalam salah satu rekrutmen kemudian mencoba kembali di rekrutmen berikutnya, sebaiknya mereka mencoba pilihan posisi yang berbeda. Contohnya, bagi lulusan SMA IPA atau SMK yang sudah pernah melamar untuk posisi Pemeliharaan Distribusi lalu gagal, sebaiknya saat melamar kembali mencoba posisi lainnya yang masih relevan dengan jurusan mereka, contohnya di bagian Pemeliharaan Pembangkitan, Operasi Distribusi, atau Pemeliharaan Transmisi dan Gardu Induk. Memang job description nya pasti berbeda antara satu posisi dengan posisi lainnya.

Tapi pada kenyataannya, untuk lulusan SMA atau SMK mendapatkan posisi yang benar-benar sesuai dengan keinginan bukan hal yang mudah, karena ketatnya persaingan. Jadi pada prakteknya memang sebagian besar para pelamar tidak terlalu ambil pusing dengan posisi apa yang akan mereka dapatkan. Bagi mereka, yang penting mereka bisa diterima untuk bekerja di PLN.

Persiapan Sebelum Mengikuti Tes PLN Tahun 2017/2018

Sebagian besar pencari kerja yang mendaftarkan diri di PLN mempersiapkan diri dengan berbagai materi yang hubungannya dengan bidang pengetahuan sesuai dengan jurusan mereka. Padahal bukan itu saja yang penting. Dalam rangkaian tes untuk mendapatkan pekerjaan di PLN, tahap tes kesehatan juga sangat penting. Buktinya, banyak pelamar yang gagal mendapatkan pekerjaan karena tidak lolos tes tersebut.

Jadi ada baiknya jika para pelamar kerja di PLN mempersiapkan kondisi kesehatan mereka sejak jauh hari. Ini bisa dilakukan dengan olahraga teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan, seperti merokok, minuman beralkohol, dan yang lainnya. Toh menjaga kesehatan dengan olahraga, makanan sehat, dan menghindari hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan sama sekali tidak ada ruginya.

Sebenarnya ketatnya tahap tes kesehatan di PLN bukan tanpa alasan, dan juga bukan dengan tujuan untuk mempersulit para pelamar kerja. Menurut salah satu sumber, tes kesehatan sangat ketat karena PLN juga menyediakan tunjangan kesehatan yang besar untuk para pegawainya. Jadi, dapat dimaklumi jika sebelum menerima pegawai baru perusahaan tersebut ingin memastikan bahwa yang bersangkutan memang kondisi kesehatannya sangat bagus.

Lokasi Tes Loker PLN Tahun 2017/2018

Biasanya PLN membuka lowongan kerja dengan lokasi tes yang berbeda-beda, yang tentunya di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Dan di situs resmi PLN yang dapat diakses di https://rekrutmen.pln.co.id/, daftar lowongan kerja dapat disortir berdasarkan lokasi tes, untuk memudahkan para pencari kerja menemukan lokasi tes yang terdekat dengan tempat tinggal mereka. Tapi, mendapatkan pekerjaan di PLN memang membutuhkan banyak usaha dan kerja keras.

Jadi biasanya orang yang mencari Lowongan Kerja PLN tidak terlalu ambil pusing dengan lokasi tes. Mereka bersedia untuk mengikuti tes di manapun juga. Memang, untuk mengikuti tes di luar kota, biasanya biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak. Tapi bagaimanapun juga itu sepadan dengan hasil yang bisa mereka dapatkan jika diterima bekerja di PLN.

Besarnya Peluang Kerja di PLN Tahun 2017/2018

Selain secara rutin membuka lowongan melalui berbagai media, tidak jarang PLN juga membuka lowongan dengan membuat booth di berbagai event lowongan kerja. Contohnya, pada bulan April 2017, PLN hadir di Bursa Karir ITS, dan Titian Karir ITB. Menurut salah satu sumber, hal tersebut dilakukan oleh PLN agar targetnya untuk merekrut sebanyak sekitar 6000 orang di tahun 2017 dapat terpenuhi. Melihat fakta ini, jelas bahwa peluang untuk bekerja di BUMN tersebut terbuka lebar karena perusahaan yang bersangkutan sampai menerapkan sistem jemput bola.

Description
: Lowongan Kerja 2017/2018 PT PLN Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Lowongan Kerja 2017/2018 PT PLN Indonesia

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.