CPNS 2017-2018 | sscn.bkn.go.id ~ Salah satu tahap wajib bagi pelamar CPNS adalah Pengisian Formulir Pendaftaran Online bagi yang memang ingin ikut seleksi CPNS 2017 dan pengisian formulir tersebut hanya dapat dilakukan di sscn.bkn.go.id selengkapnya berikut mengenai Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id.

Kendala dalam Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id

Apakah anda mengalami suatu kendala dalam pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id? Mari kita simak mekanisme lengkap pengisian formulir ini

Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS

Pada awal bulan ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan Mahkamah Agung telah membuka pendaftaran CPNS periode yang ke I. Jika anda tertarik dan berniat untuk mengikuti seleksi, hal yang pertama anda harus lakukan adalah melakukan pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id.

Formulir tersebut merupakan langkah paling awal jika anda ingin mengikuti seleksi administrasi dan seleksi lainnya. Pada saat melakukan pendaftaran, anda akan melakukan pendaftaran diri untuk mendapatkan akun agar dapat masuk ke aplikasi sscn.bkn.go.id, pendaftaran kedua adalah anda mendaftarkan diri menjadi salah satu pelamar CPNS, dan pendaftaran ketiga dilakukan untuk mendapatkan kartu ujian dalam mengikuti seleksi-seleksi CPNS selanjutnya. Untuk memahami lebih lanjut, kami akan memberi informasi terkait formulir online ini dengan lengkap.

Cara Melakukan Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id

Cara untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id
Situs resmi CPNS di sscn.bkn.go.id yang telah dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Situs resmi tersebut sangatlah memudahakn para calon pegawai negeri sipil baik untuk anda.

Pengisian formulir online CPNS di sscn.bkn.go.id memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi pegawai negeri sipil di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung. Anda tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri anda, karena kesempatan terbuka sangat luas dengan syarat anda harus lulus dalam kualifikasi persyaratan diseleksi administrasi ini. Agar anda lulus seleksi administrasi, mari simak hal yang sangat anda butuhkan untuk mengisi formulir online tersebut.

1. Pilih terlebih dahulu portal situs resmi pendaftaran CPNS di ssc.bkn.go.id

Sebelum anda melakukan pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id , anda harus memasuki situs resmi ini terlebih dahulu. Situs resmi menjadi tahap bagi anda untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS. Dalam beranda situs resmi CPNS 2017 ini, anda akan melihat berbagai tampilan yang merujuk kepada berbagai informasi yang anda butuhkan. Anda harus memasuki situs resmi tersebut. Jangan terkecoh dengan beberapa situs yang hampir menyerupai situs resmi pendaftaran CPNS. Karena jika anda tidak masuk ke dalam situs resmi, data anda tidak akan ada di database panitia.

2. Melakukan pendaftaran diri agar mendapatkan akun di aplikasisscn.bkn.go.id

Setelah Anda membuka situs resmi pendaftaran, Anda bisa memilih tampilan pendaftaran yang digambarkan dengan tampilan tubuh dan tanda tambah di depan laman yang tersedia untuk melanjutkan pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id

3. Tahapan ketika melakukan pengisian formulir

Setelah Anda mengklik pendaftaran, tampilan halaman selanjutnya merupakan tahap awal dalam pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id. Halaman yang Anda pilih tersebut akan meminta mengisi Nomor Induk Kependuduka (NIK), No Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga, dan terakhir adalah kode captcha. Anda tidak bisa memasukkan data yang salah. Ketika Anda memasukkan NIK atau KK dengan data yang salah, anda tidak akan dapat mengikuti langkah selanjutnya. Namun, jika anda sudah benar melakukan pendataan awal, maka anda hanya perlu negklik daftar dan mengikuti langkah sleanjutnya.

4. Tahapan ketika melakukan pengisian password

Untuk melanjutkan pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id, anda perlu melakukan pengisian data yang mencakup nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, password, konfirmasi password, pertanyaan pengaman 1, pertanyaan pengaman 2, jawaban pengaman serta kode captcha. Data yang Anda isikan ada dua jenis, pertama yang disesuaikan dengan ktp asli dan kedua disesuaikan dengan ijazah. Pada saat pengisian nama di ijazah, Anda tidak perlu mencantumkan gelar yang Anda raih.  Jika Anda telah selesai melakukan pengisian data, Anda dapat mengklik daftar untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

5. Notifikasi berhasil pendaftaran

Setelah menyelesaikan pengisian data diri dan berhasil terdaftar, menandakan bahwa data anda telah masuk ke database panitia. Lalu anda akan mendapatkan akun yang berisi NIK dan password yang digunakan untuk log in di portal resmi CPNS tersebut. Pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id anda telah selesai pada tahap pendaftaran di portal atau situs resmi CPNS ini.


6. Melakukan login pertama kali

Setelah anda selesai dengan pengisian data diri, anda dapat melakukan log in dengan mengisi nama dan password yang telah anda daftarkan selanjutnya. Anda hanya perlu masuk ke sscn.bkn.go.id atau anda dapat mengklik beranda dan memilih login yang terletak di pojok kiri atas.

7. Isi form biodata pelamar

Setelah anda login, halam selanjutnya akan menampilan pengisian form biodata pelamar. Dihalaman tersebut anda harus mengisi beberapa data seperti alamat domisili, provinsi, tinggi badan, Kab/ kota, status kawin, nomor handphone dan code captcha. Langkah selanjutnya, setelah anda yakin bahwa data yang telah disikan asli dan benar apa adanya, anda hanya perlu mengklik simpan dan beralih ke halaman selanjutnya untuk melakukan pengisian data lainnya yang dibutuhkan.

8. Memilih jenis formasi dan instansi sesuai dengan kualifikasi

Setelah Anda menyimpan data Anda yang telah diisi secara lengkap, langkah selanjutnya adalah memilih jenis formasi dan instansi yang telah membuka pendaftaran CPNS. Setelah itu, akan ada notifikasi bahwa anda telah memilih instansi. Dalam pemilihan instansi, anda hanya dapat memilih satu instansi. Pengisian jenis formasi dan instansi menjadi elemen terpenting pada saat pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id  Mengingat pemilihan instansi dan jenis formasi sangat penting, kami sarankan anda untuk lebih teliti dan berhati-hati saat melakukan pemilihan tersebut. Hal ini dikarenakan, anda tidak dpaat mengubah instansi yang sudah anda pilih dan anda daftarkan.

9. Mengisi form pendaftaran sscn

Setelah anda memilih instansi, anda harus melakukan proses selanjutnya yaitu form pendaftaran sscn. Form pendaftaran sscn harus disesuaikan dengan ijazah yang anda miliki. Beberapa data yang harus Anda isi adalah pendidikan, jabatan, lokasi kerja, akreditasi perguruan tinggi, akreditasi program studi, ipk / nilai, nomor ijazah, nama sekolah / perguruan tinggi, tanggal ijazah dan tahun lulus, serta yang terakhir adalah pengisian kode captcha. Setelah anda yakin dengan data yang anda isi adalah asli dan benar adanya, maka anda hanya perlu klif dafta untuk melakukan proses yang selanjutnya.

10. Cetak kartu pendaftaran

Jika anda sudah menyelesaikan data diri anda di pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id, langkah selanjutnya adalah pencetakan kartu ujian. Anda wajib mencetak kartu ujian sebagai bukti anda telah menyelesaikan seleksi administrasi tahap awal. Anda juga akan mendapatkan nomor pendaftaran setelah menyelesaikan formulir dan mencetak formulir tersebut.

11. Langkah akhir Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id

Langkah akhir pada seleksi administrasi berbasis online ini, anda perlu mengupload dokumen seperti surat lamaran dan sebuah foto yang dibutuhkan sesuai kebutuhan instansi. File dokumen harus berbentuk pdf dengan ukuran maksimal 300 kb, dan foto harus berbentuk jpg, jpeg dan gnp dengan menginput maksimal deskripsi diri anda 200 kata. Untuk pencetakan kartu ujian, kartu ujian hanya dapat dicetak ketika anda lulus verifikasi dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya.

Bagaimana pengisian formulir pendaftaran online CPNS di sscn.bkn.go.id bagi anda? Tentu langkah-langkah tersebut sangat mudah bukan. Sekarang, setelah anda menyelesaikan tahapan pengisian formulir, yang harus anda lakukan adalah berdoa dan setelah anda lulus seleksi administrasi, anda harus menyiapkan diri anda untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Selamat berjuang dan semoga lancar ya.

Description
: Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Pengisian Formulir Pendaftaran CPNS 2017 Online di sscn.bkn.go.id

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.