CPNS 2017-2018 | Sscn.bkn.go.id ~ Sudah masuk hari kedua pendaftaran CPNS setelah sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi mempublikasikan pengumuman pendaftaran CPNS Kemenkumham tahun 2017 secara online bagi peserta seleksi nasional Calon Pegawaian Negeri Sipil (CPNS) yang alamat resminya adalah https://sscn.bkn.go.id.


Sscn.bkn.go.id Situs Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan MA 2017-2018

Di pagi tanggal 1 Agustus lalu heboh kabar bukaan CPNS ini apalagi yang memang sudah menantikannya bertahun-tahun sejak diberlakukannya kebijakan moratorium.

Tidak heran sejak pagi pukul 06.00 WIB lonjakan pengunjung website pendaftaran sudah mulai ramai namun situs resmi pendaftaran SSCN BKN masih belum aktif, ini juga membuat banyak orang bertanya-tanya kenapa proses registrasi di situs resmi masih belum bisa diakses.

Sebelum bukaan resmi ini dilakukan memang sebelumnya telah diadakan sosialisasi atau pengumuman tes seleksi CPNS dan penerimaan dari 1 Juli hingga 31 Juli 2017, di awal Agustus yakni mulai tanggal 1 Agustus ini pendaftaran peserta tes CPNS sudah bisa dilaksanakan.

Proses pendaftaran CPNS tersebut adalah dengan mengakses situs online CPNS hanya di portal resmi sscn.bkn.go.id kemudian pilih menu pendaftaran, proses ini akan terus berlangsung hingga 31 Agustus 2017.

Meskipun banyak situs resmi yang menjadi rujukan bagi calon peserta yang melakukan pendaftaran online CPNS haruslah berfokus hanya dengan satu url resmi BKN. Sebelumnya Public Relation Officer BKN, Diah Eka Palupi secara tegas urusan pendaftaran online hanya dapat dilakukan https://sscn.bkn.go.id. Selain dari web tersebut meskipun web pemerintah juga turut memuat info pendaftaran maka tidak melayani sistem pendaftaran online.

"Jadi kami tegaskan, pendaftaran online wajib dilakukan di portal http://sscn.bkn.go.id," kata Public Relation Officer BKN, Diah Eka Palupi.

Dengan hebohnya kabar bukaan CPNS tersebut maka telah ada banyak situs atau portal abal-abal yang juga turut menyajikan halaman pendaftaran online namun itu tetap saja info resmi pendaftaran CPNS 2017 hanya di http://sscn.bkn.go.id

Pihak BKN secara tegas telah mengultimatum kepada website yang diduga merugikan masyarakat dalam proses seleksi CPNS 2017 ini baik itu langkah hukum kepada pihak kepolisian maupun permintaan blokir website ke Kominfo bila memang terbukti portal berita ada yang meresahkan atau merugikan masyarakat.

"Ada beberapa portal/website yang selama ini dikeluhkan masyarakat dan terbukti melakukan tindakan merugikan calon pendaftar CPNS, kami sudah melaporkan ke Kominfo untuk di-banned," tegasnya.

Diah juga mengingatkan portal https://sscn.bkn.go.id saat ini dalam proses pengembangan dan penyiapan infrastruktur dan baru bisa live mulai 1 Agustus 2017.

"Jadi kalau sekarang ini belum bisa diakses, nanti pas 1 Agustus sudah live".

Dalam pengumuman yang berlangsung di tanggal 1 Agustus kemarin memang baru ada 2 instnasi pemerintah yang resmi melakukan perekrutan CPNS yaitu Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM dengan total kebutuhan pegawai berjumlah 19.210 orang.

Nah dari jumlah itu terbagi lagi dalam 2 bagian yang tidak sama besar yakni untuk Kemenkumham adalah 17.962 orang sedangkan bukaan CPNS MA 2017 sebanyak 1.684 orang.

Sebagai web resmi maka sejak diumumkan pertama kali tepatnya di pagi hari tanggal 1 Agustus 2017 Link https://sscn.bkn.go.id/ pendaftaran Online untuk seleksi CPNS 2017 menjadi paling banyak diburu netizen dan puncaknya adalah pukul 10.00 WIB.

Tak perlu menunggu waktu lama, situs resmi pendaftaran yakni sscn.bkn.go.id langsung menjadi topic terhangat di mesin pencari google saat itu.

Pemerintah membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id.

Sesuai dengan PermenPANRB No.20 Tahun 2017, di dalam aturan tersebut jumlah pilihan sangat terbatas yakni 1 pilihan bagi 1 orang pendaftar CPNS 2017 baik Kemenkumham maupun Mahkamah Agung.

Pendaftaran hanya boleh pada 1 (satu) instansi, serta pada 1 (satu) jabatan dan 1 (satu) jenis formasi (salah satu di antara Formasi Umum, Formasi Cumlaude, Formasi Disabilitas, atau Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat).

"Para calon pelamar CPNS agar mencermati betul jabatan dan formasi yang akan dipilih. Pastikan sesuai dengan minat serta kualifikasi yang dimiliki oleh calon pelamar," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Selasa (1/8/2017) seperti dilansir pada situs www.menpan.go.id.

Lonjakan pencarian CPNS terlebih sscn.bkn.go.id di awal bukaan pendaftaran CPNS 2017 merupakan gambaran dari tingginya animo masyarakat yang masih menganggap bahwa bukaan CPNS merupakan primadona lowongan kerja.

Berdasarkan laporan dari BKN bahwa di hari yang sama itu jumlah pengunjung situs BKN jauh lebih banyak daripada keadaan normal hingga tembus 500.514 kali, berdasarkan data google analytics sejak 30 Juli 2017 hingga beberapa jam jelang dimulainya pendaftaran online CPNS 2017, maka tampak sangat tingginya minat masyarakat terhadap peluang menjadi PNS.

Sebanyak 84,49% dari jumlah kunjungan tersebut adalah pengunjung yang mencari tahu informasi pendaftaran CPNS tahun 2017.

"Maka dapat ditarik kesimpulan, dengan tingginya angka yang berkunjung ke website BKN itu, profesi PNS masih menjadi primadona," kata Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat BKN, Herman, kepada Bisnis, Selasa (1/8/2017).

Pada hari ini, sub domain www.bkn.go.id yakni https://sscn.bkn.go.id, yang menjadi saluran resmi pendaftaran online CPNS 2017, mendunia di jagat maya dengan menempati puncak topik terpopuler di mesin pencarian Google.

Pemerintah mengumumkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga yakni Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM dengan formasi yang tersedia sebanyak 19.210 orang.

Adapun formasi untuk kedua lembaga tersebut yakni Kemenkumham 17.962 orang dan MA 1.684 orang. Dari kuota CPNS untuk Kemenkumham sebanyak 17.962 kursi,14.000 di antaranya untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir dan 2.278 analis keimigrasian.

Herman mengimbau kepada para pelamar untuk mengakses https://sscn.bkn.go.id, tidak di waktu-waktu padat, seperti pada hari pertama pendaftaran, Selasa 1 Agustus 2017.

"Masih ada waktu sebulan ke depan untuk melakukan pendaftaran online. Tidak perlu buru-buru di minggu pertama Agustus," ujarnya.

Selain itu, Herman mengingatkan bagi masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon PNS, agar membaca pengumuman secara saksama dan menghindari oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Kami memastikan pemerintah melalui BKN menjamin penerimaan CPNS yang transparan dan bebas Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN)," tegasnya.

Dalam waktu 4 jam ke depan, tepatnya mulai pukul 10.00 WIB, portal resmi pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Mahkamah Agung, https://sscn.bkn.go.id, akan diaktifkan.

Pendaftaran online ini berlangsung hingga 26 Agustus pukul 23.59 WIB untuk Mahkamah Agung (MA) dan 31 Agustus pukul 23.59 WIB untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kemenkumham dan MA, menyatakan kesiapannya menerima pendaftaran pelamar CPNS selama masa pendaftaran online terhitung 1 Agustus hingga 31 Agustus mendatang.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan secara umum seluruh infrastruktur, aplikasi dan jaringan web Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) sampai sejauh ini sudah dinyatakan siap.

"Kami berharap pelaksanaan registrasi online ini dapat berjalan lancar, on track sesuai yang telah dipersiapkan dan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat karena jarak tidak lagi jadi penghalang untuk melakukan registrasi CPNS," katanya.

Dia mengimbau kepada publik untuk untuk dalam menerima informasi penerimaan CPNS 2017 dan informasi resmi hanya dikeluarkan oleh website instansi pemerintah berdomain go.id.

"Jangan mempercayai jalur lain dalam penerimaan CPNS 2017 selain dari mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi yang dikeluarkan oleh pemerintah," katanya.

Pemerintah mengumumkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga yakni Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM dengan formasi yang tersedia sebanyak 19.210 orang.

Adapun formasi yang dibuka di tahun 2017 ini adalah 17.962 kursi, 14.000 diperuntukkan bagi lowongan di bidang penjaga Lapas atau sipir dan 2.278 analis keimigrasian yang merupakan bukaan seleksi Kemenkumham dan yang lainnya adalah MA 1.684 orang.
Saat Pendaftaran CPNS 2017 di situs resmi sscn.bkn.go.id resmi dibuka maka ada beberapa langkah yang harus diikuti dalam rangka pemenuhan prosedur pendaftaran CPNS 2017, beberapa rincian detailnya adalah sebagai berikut.

1. Klik https://sscn.bkn.go.id


2. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS melalui Portal SSCN.

Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu Pendaftaran.


Pelamar mengisikan : NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
Langkah awal yang perlu dibagian ini adalah Pelamar wajib mengisikan dengan benar yakni alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.

Pelamar cetak KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2017

3. Pelamar Pelamar Login ke portal SSCN menggunakan NIK dan PASSWORD yang telah didaftarkan


4. Pelamar melengkapi biodata

Nah ini bagian yang banyak membuat peserta menjadi galau yakni pada saat memilih instansi atau dalam menentukan formasi pilihan. (Khusus instansi yang menggunakan melampirkan copy KARTU PENDAFTARAN aplikasi mandiri/non-SSCN, pelamar akan diarahkan alamat aplikasi pendaftaran mandiri instansi.)

Pelamar memilih jenis formasi sesuai instansi, selanjutnya mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi.

Pelamar cetak KARTU PENDAFTARAN SSCN 2017

Pelamar melakukan pemberkasan yang telah didaftarkan. berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi.Peserta Wajib: melampirkan copy KARTU PENDAFTARAN SSCN untuk proses verifikasi

5. Tim Verifikator Instansi

Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.

Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi mencetak KARTU PESERTA UJIAN CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan CAT (Computer Assisted Test) BKN.

Bila ditinjau dari segi teknis seleksi maka pada saat pendaftaran di https://sscn.bkn.go.id maka setiap peserta hanya diberi satu pilihan formasi dalam satu kesempatan mendaftar, oleh karenanya pergunakan kesempatan agar bisa menjadi CPNS ini dengan baik.

Di tahap awal ada seleksi administrasi yang harus dilalui oleh masing-masing peserta sehingga untuk memenuhi seleksi itu wajib melengkapi proses pendaftaran terutama registrasi online di situs resmi pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

Calon pelamar melakukan registrasi online pada 1 Agustus 2017 melalui situs https://sscn.bkn.go.id dengan mengisi form yang telah tersedia menggunakan data kependudukan yang valid yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK.

Diusahakan, apapun yang bersangkutan dengan identitas diri dapat diinput dengan data yang sama, seperti nama, tempat tanggal lahir maupun jenis kelamin sesuai dengan akte kelahiran.

Di saat proses pendaftaran online terkadang ada yang mengalami masalah sekitaran NIK maka solusi dari permasalahan ini ialah wajib melakukan pembaruan data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Saat melakukan pendaftaran melalui sistem online dan melakukan registrasi online serta mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi online, untuk pelamar pada lingkungan MA harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan beberapa berkas, diantaranya dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online, lalu surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,- yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, surat keterangan akreditasi dari BAN PT, serta pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.

Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop coklat dan disudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. Selanjutnya dikirim kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim MA RI melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat 26 Agustus 2017 cap pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017.

Pada dasarnya bukaan CPNS Kemenkumham maupun MA dapat melakukan proses pendaftaran di situs resmi yang sama yakni sscn.bkn.go.id hanya saja pada saat pilihan formasi barulah dapat menentukan instansi dan formasi mana yang dipilih.

Pelamar dengan kualifikasi pendidikan D-III dan SLTA, wajib menyampaikan surat lamaran yang diketik menggunakan komputer ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam dengan format surat lamaran yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id, fotokopi KTP, fotokopi ijazah/STTB, fotokopi ijazah SD, ijazah SLTP dan ijazah SLTA, surat pernyataan bermaterai Rp 6. 000,-, pas foto 3x4 sebanyak 4 lembar bagi kualifikasi Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat, dan lembar bukti pendaftaran.

Berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju. Daftar alamat PO BOX bisa dilihat dilaman www.menpan.go.id dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 dan poin Kementerian Hukum dan HAM RI.

Sedangkan untuk pelamar Dokter Spesialis, Dokter Umum, dan Sarjana/S-1 di Kementerian Hukum dan HAM, tidak perlu mengirimkan dokumen karena cukup menggunggah dokumen yang diperlukan melalui situs https://sscn.bkn.go.id.

Sebelum melakukan proses pendaftaran maka ada hal-hal kecil yang tak boleh terlewatkan misalnya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), formasi yang sesuai dengan jurusan, serta batas usia yang diperbolehkan mendaftar menjadi CPNS.

Agar proses pendaftaran online berjalan lancar maka yang perlu dipersiapkan adalah alamat email aktif yang nantinya sebagai tempat penerimaan konfirmasi username dan password untuk login di situs sscn.bkn.go.id dan jika dalam pelaksanaannya masih mengalami kendala maka ada kontak call center instansi tersebut. Call center Kementerian Hukum dan HAM yakni (021) 5253004 (ext 310) dan Mahkamah Agung pada nomor 082110891729.

Akhirnya masa yang dinantikan telah tiba dimana secara resmi Kemenkumham dan MA telah mengawali proses bukaan CPNS tahun 2017 ini, sedangkan instansi lain tengah dalam proses persetujuan dari Menpan untuk membuka seleksi CPNS 2017.

Apabila di Kementerian Hukum dan HAM telah mendaftar pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama, tidak boleh mendaftar di jabatan lain seperti jabatan Analis Hukum. Selanjutnya apabila pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama telah mendaftar pada jenis Formasi Cumlaude, tidak boleh mendaftar pada jenis Formasi Umum, Formasi Disabilitas, dan Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Secara resmi tercatat sebagai calon pelamar maka harus melalui beberapa tahapan, yakni:

  1. Lolos seleksi administrasi dan memenuhi persyaratan, 
  2. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian 
  3. Terus berlatih dan belajar sebelum tes dilakukan di waktu mendatang. 
  4. Tes tersebut merupakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilakukan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Soal-soal yang diuji meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Membludaknya peminat seleksi CPNS 2017 menjadikan situs resmi diserbu oleh ribuan orang maka untuk menghindari penumpukan pelamar pihak panselnas menghimbau tak terburu-buru dalam melakukan pendaftaran online CPNS sehingga pengunjung masih dalam mengakses situs resmi dengan lancar.
Description
: Sscn.bkn.go.id Situs Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan MA 2017-2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Sscn.bkn.go.id Situs Pendaftaran CPNS Kemenkumham dan MA 2017-2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.