www.cpns2016.com | Panduan Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar dan lengkap, Pendaftaran online CPNS secara online akan segera berakhir di bulan Agustus ini. Kesempatan anda sebagai CPNS bisa di raih terutama bagi yang masih bekerja secara honorer, maupun fresh graduate atau bagi siapapun yang berminat untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Seleksi CPNS menjadi langkah awal bagi anda agar dapat menjadi bagian karyawan pemerintahan secara resmi. Untuk memulainya, anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri anda terlebih dahulu. Jika anda belum mengetahui bagaimana Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar, maka kami disini akan membantu anda untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Berikut adalah panduan yang kami berikan dengan lengkap

1. Masuk terlebih dahulu ke portal pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id

Sebagai pengantar, situs resmi tersebut akan menuntun anda kepada berbagai informasi yang anda butuhkan dalam proses pendaftaran CPNS. Beranda situs resmi tersebut juga akan langsung menampilkan berbagai fitur lengkap yang anda perlukan seperti pengumuman, jadwal dan persyaratan, alur pendaftaran, helpdesk dan pengaduan, Frequently Asked Question (FAQ) dan fitur lain yang anda butuhkan di beranda situs resmi CPNS tersebut.


2. Ketahuilah dengan lengkap Menu Login Yang Ada

Cara login di sscn.bkn.go.id terdapat di tampilan beranda. Letak fitur login berada di pojok kanan atas jika anda membuka situs resmi tersebut di computer atau laptop. Jika anda menggunakan handphone, anda dapat mengklik gambar yang menampilkan tiga garis yang bertumpuk disebelah pojok kanan atas. Lalu setelah anda klik, Letak login berada di bawah fitur call center. Baik di computer atau handphone, isi dari situs resmi tersebut tidak ada yang beda. Yang membedakan hanya tata letak fitur – fitur tersebut.

3. Mengisi data diri sebelum proses log in

Cara login di sscn.bkn.go.id akan diawali dengan mendaftarkan diri anda dihalaman pendaftaran. Anda tidak dapat melakukan proses log in, jika sebelumnya anda belum mendaftarkan diri anda. Di halaman beranda, anda bisa memilih menu pendaftaran. Halaman selanjutnya akan meminta anda untuk mengisi data diri. Di tahap ini, anda hanya mengisi data diri yang diperlukan agar anda mendapatkan akun yang kemudian bisa anda gunakan untuk memasuki aplikasi pendaftaran CPNS tersebut.
4. Melakukan Log in pertama kali

Jika anda sudah menyelesaikan mengisi data diri anda di halaman sebelumnya, maka anda sudah berhasil mendapatkan akun yang mencakup NIK dan password. Anda telah tercatat menjadi salah satu CPNS yang akan mengikuti seleksi administrasi. Setelah itu anda akan diarahkan ke pengisian form biodata peserta dan data lainnya menjadi tanda bahwa anda sudah terdaftar di database panitia untuk mengikuti pendaftaran CPNS. Jika anda tidak bisa melakukan proses log in, maka anda dapat mencocokkan kembali data diri anda yang berisi NIK dan password anda.

5. Pengisian form biodata peserta tahapan yang dilakukan setelah log in

Pada tahap ini, form biodata ini hadir untuk mengupload data diri anda sebagai pelamar CPNS. Anda harus megisi biodata diri anda dengan benar dan asli. Data diri pada tahap ini menampilkan nama, tempat dan tanggal lahir, email, dan lain sebagainya disesuaikan dengan data diri yang terpajang di ijazah dan ktp. Setelah itu, anda dapat meng klik tombol simpan untuk menyimpan data yang telah anda lengkapi sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah klik daftar.


Pengisian biodata pada saat pendaftaran, memang terlihat seperti berulang-ulang. Namun, jika anda lebih memahami dan teliti, data tersebut memiliki isi yang berbeda-beda. Data yang sebelumnya anda isi ditujukan ke alamat yang berbeda. Data sebelumnya akan dikirimkan kepada panitia penyelenggara CPNS. Namun, data biodata pelamar ini akan langsung dikirimkan ke instansi yang anda tuju. Instansi ini pun akan meminta data yang berbeda sesuai dengan yang dibutuhkan instansi tersebut. Silahkan Akses Formulir Pendaftaran Online CPNS 2017.

6. Memilih instansi yang terkait

Pemilihan instansi merupakan cara anda untuk memilih instansi mana yang anda minati ketika akan menjai CPNS. Instansi menjadi pilihan yang penting karena harus disesuaikan dengan minat dan keinginan anda. Dan perlu diingat oleh anda, anda dapat memilih instansi yang sudah membuka pendaftaran dan kesempatan memilih instansi hanya 1 kali dalam satu periode. Maka, jika anda ingin memilih instansi yang berbeda, anda dapat memilih instansi di periode yang berbeda. Setelah itu, akan ada notifikasi yang memberi tahu pada anda, bahwa anda dapat melanjutkan ke halaman portal selanjutnya. Jika anda mengalami kesalahan pada saat pengisian instansi, anda tidak bisa memperbaiki instansi mana yang anda minati.

7. Masuk ke halaman riwayat

Pada tahap ini, log in kembali dengan memasukkan NIK dan password seperti sebelumnya. Lalu, anda masuk ke halaman riwayat. Di halaman riwayat, anda akan diminta untuk mengupload dokumen dan foto diri anda. Kartu ujian hanya bisa dicetak jika anda telah dinyatakan lulus dengan verifikasi data anda serta menjadi tanda bahwa anda telah menyelesaikan tahap-tahap yang dilalui.

8. Terakhir adalah Cetak Kartu

Jika anda telah menyelesaikan form pendaftaran SSCN dengan benar, anda akan melanjutkan proses ke bagian cetak kartu. Tetapi jika anda belum menyelesaikan pengisian formulir, sebaiknya anda menunda terlebih dahulu untuk mencetak kartu yang akan digunakan di seleksi selanjutnya. Kartu yang akan anda cetak adalah salah satu bukti bahwa anda telah menyelesaikan berbagai tahapan administrasi yang diminta di situs sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran diri dan melakukan cara login di sscn.bkn.go.id menjadi langkah sangat penting sebagai CPNS dan menjadi langkah awal dalam mengikuti seleksi administrasi. Jika di suatu saat, ketika anda log in anda memiliki kendala atau hambatan seperti NIK tidak ditemukan, atau NIK tidak sesuai maka sebelum anda melakukan pengaduan, langkah yang lebih tepat adalah anda menelusuri di Frequentlys Asked Question. Dalam FAQ, biasanya memberikan informasi seperti kendala-kendala yang dihadapi pelamar saat melakukan pendaftaran atau log in. Tetapi jika anda tidak bisa menemukan jawaban, anda bisa melakukan pengaduan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga info yang kami berikan dapat membantu anda melakukan pendaftaran CPNS dengan lancar. Selamat berjuang ditahap selanjutnya dan semangat terus ya.

Cara Pengaduan NIK Bermasalah saat Mendaftar di sscn.bkn.go.id

Intro : Sudah daftar menjadi salah satu CPNS melalui perndaftaran online tapi anda terhadap NIK? lihat cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id

Bekerja di bagian pemerintahan dan ikut berkontribusi memberikan jasa untuk masyarakat menjadi tujuan bagi masyarakat Indonesia. Pada saat ini, sedang diberlangsungkan pendaftaran CPNS berbasis online hingga akhir agustus 2017 mendatang. Jika anda telah mendaftarakan diri anda di situs resmi pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id. Namun, suatu ketika anda sadar bahwa anda melakukan kesalahan karena tidak terlalu teliti atau tidak terlalu berhati-hati, sehingga menyebabkan kendala pada pengisian data terutama NIK, anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id. Anda dapat langsung bertanya atau melakukan pengaduan terkait kendala yang sedang Anda hadapi dengan sesegera mungkin.

Mekanisme lengkap  untuk cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id
Untuk melakukan langkah pengaduan NIK anda yang bermasalah tidaklah begitu sesulit yang anda bayangkan. Anda diharuskan mengikuti beberapa langkah administrasi ulang secara urut seperti ketika anda pertama kali melakukan pengisian formulir pendaftaran. Walaupun langkah yang harus disesuaikan tergolong cukup banyak, namun hal ini harus anda lakukan karena untuk mengkonfirmasikan kevalidan data yang anda input sebelum nantinya test CPNS ini akan berlangsung.

Mari cek secara seksama langkah-langkah berikut yang sudah kami siapkan untuk panduannya.

1. Buka terlebih dahulu website sscn.bkn.go.id 

Anda dapat membuka website resmi terlebih dahulu sebelum melakukan aduan karena terdapat kesalahan pada saat anda mendaftarkan diri. Lalu, website tersebut akan menampilkan beranda dan menampilkan fitur yang dibutuhkan oleh anda.

Jika anda sudah pernah masuk ke beranda, dan tidak bisa daftar atau log in, anda lebih baik memilih fitur Frequently Asekd Questions (FAQ). Namun, jika anda belum pernah mendaftarkan diri sebelumnya anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu.

2. Pilih menu Pendaftaran atau log in

Langkah kedua yang anda perlukan adalah masuk ke halaman pendaftaran atau log in. Jika anda memasuki halaman pendaftaran, anda akan langsung ditujukan kepada pengisian NIK, KK dan code captcha. Jadi anda log in dan harus memasukan NIK dan password anda yang telah didaftarkan sebelumnya.

Berbeda saat anda memilih log in. Jika anda memilih log in, halaman browser anda akan menampilkan permintaan data diri anda untuk mendapatkan akun agar bisa masuk ke aplikasi sscn.bkn.go.id. Anda tidak perlu khawatir jika anda sudah bisa log in menggunakan NIK dan password yang anda miliki. Biasanya, kendala permasalahan NIK atau KK yang tidak sesuai berada pada tahap awal atau pada saat pendaftaran.

3. Pengisian pada data awal

Tahap ini memang awal untuk dilakukan ketika anda belum mendapatkan akun. Biasanya pengaduan seperti ketidak cocokan NIK atau KK sering sekali terjadi pada saat para pelamar melakukan pendaftaran diri di awal. Anda harus melakukan pengisian data dengan benar, asli apa adanya dan dapat dipertanggung jawabkan. NIK, dan KK yang anda masukkan, akan disesuaikan dengan database kependudukan atau database catatan sipil Republik Indonesia. Jika ada pelamar diketahui telah melakukan kecurangan atau tidak mengisi dengan benar, maka akan dinyatakan gugur dalam tahap seleksi administrasi ini. Jadi pesan kami untuk anda ketika melakukan pengisian data haruslah yang kedua kami ini sudah benar dan sesuai dengan data anda.

4. Permasalahan Penyesuaian NIK atau KK yang tidak ditemukan

Saat anda melakukan pendaftaran namun terjadi kendala pada penyesuai NIK, maka anda harus mengecek ulang karena tidak bisa Nomor Induk dan KK tidak ditemukan didatabase yang dimiliki oleh panitia. Jika telah terjadi hal ini, cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id adalah memilih helpdesk dan bantuan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu anda dapat memilih tabel yang menunjukan adanya kendala seperti NIK atau KK tidak ditemukan atau data tidak sesuai.

Setelah anda memasuki halaman ini yang berasal dari fitur helpdesk dan pengaduan, dan juga anda telah memlih tables NIK atau KK tidak ditemukan, selanjutnya anda akan ditampilkan dengan memasukan kembali data diri yang diperlukan seperti Nomor induk kependudukan, Nama tempat tanggal lahir, nomor kartu keluarga yang sesuai dengan KTP anda saat ini. Dan terakhir adalah kode captcha.

5. Jika sudah berhasil dalam mengatasi kendala yang berhubungan dengan NIK atau KK

Setelah anda mengisi data – data yang sesuai di hepdesk, halaman browser anda akan menampilkan proses seleksi selanjutnya. Proses seleksi selanjutnya tidak berbeda dengan yang lainnya seperti mengisi data diri pelamar dan formulir pendaftaran sscn. Dalam tahap ini, kendala yang anda hadapi terkait NIK dan KK telah selesai di hadapi.

6. Kendala pada log in

Jika anda juga memiliki kendala pada saat login, hal yang dapat anda lakukan adalah mengecek ulang kartu informasi yang telah anda cetak dan berisi tentang info data diri anda di sscn. Anda akan melihat adanya perbedaan dari username tidak sesuai dengan username  yang berada didalam kartu ujian. Maka, anda harus mengisi data diri anda dengan benar sesuai dengan data diri yang telah anda daftarkan sebelumnya.

7. Menggali Lebih Jauh Frequently Asked Questions (FAQ)

Alangkah lebih baiknya anda lebih jauh lagi menggali menu FAQ yang sudah disediakan, anda dapat melihat berbagai pertanyaan dan jawaban yang biasanya dialami oleh para pelamar. Jika anda mengalami kendala, selain kendala NIK atau KK tidak ditemukan, atau kendala pada log in, anda dapat mencari pertanyaan dan jawaban sesuai dengan kendala yang anda alami seperti anda telah salah memilih instansi, atau anda ingin memperbaiki data yang sebelumnya anda daftarkan. Dalam FAQ ini semua jawaban terhadap kendala yang anda hadapi akan anda dapatkan.

8. Hubungi Call center jika kendala anda belum juga teratasi

Jika anda telah melakukan pengisian data kembali namun tetap halaman website tersebut menyatkaan bahwa NIK dan KK tidak ditemukan, maka anda dapat menghungi call center yang telah ditampilkan pada halaman call center. Situs tersebut menampilkan call center yang akan membantu anda menyelesaikan kendala jika anda tidak dapat menemukan jawaban yang ada dalam FAQ. Anda dapat menelponnya atau melakukan pengaduan melalui media sosial, whatsapp ataupun sms. Cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id bisa segera anda atasi dengan langkah ini.

Info Tambahan, bisa cek Alur Pendaftaran CPNS 2017

Lebih lanjut Berikut langkah-langkah lengkap pendaftaran di portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran:

Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS Melalui Portal SSCN
Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Dokumen tersebut terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Ketentuan yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar CPNS di Portal SSCN

  1. Pelamar harus masuk ke portal SSCN 2017: https://sscn.bkn.go.id
  2. Klik "Pengumuman" untuk mencari informasi terkait instansi yang dibuka
  3. Pilih instansi yang akan dilihat. Instansi yang terlampir adalah instansi yang terlampir adalah instansi yang sudah atau akan dibuka pendaftarannya.
  4. Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum atau Formasi Khusus Lulusan Terbaik (cum-laude) atau Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat atau Formasi Khusus Disabilitas) di 1 (satu) instansi pada periode yang sama. Dan  pelamar dapat melamar di instansi yang berbeda pada periode yang berbeda.
  5. Klik "Jadwal dan Persyaratan" untuk melihat jadwal 
  6. Klik "Helpdesk & Pengaduan" untuk bantuan dan pengaduan
  7. Klik "FAQ" untuk mencari permasalahan
  8. Klik "Call Center" untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran

1. Cara Pendaftaran di Portal SSCN

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :
1. Klik "Pendaftaran" dan akan tampil halaman pengisian Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).
2. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
3. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive
5. Setelah data di atas dimasukkan, klik "Lanjutkan" untuk proses selanjutnya.
6. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama tanpa gelar, Tempat dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.
7. Data lain yang perlu diisi terdiri dari data:
  • a) E-mail. Masukan e-mail aktif dan valid
  • b) Password. Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
  • c) Pertanyaan Pengaman 1. Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • d) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pili
  • e) Pertanyaan Pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • f) Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
  • g) Captcha. Masukan kode captcha yang tampil di layar
8. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.
9. Selanjutnya klik "Daftar"
10. Proses selanjutnya, Anda masuk halaman pemberitahuan bahwa  pendaftaran  ke  portal  SSCN  2017 berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar ke portal SSCN 2017. Simpan kartu tersebut dengan baik.
11. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

2. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata

  1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://sscn.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas
  2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
  3. Masuk ke Form Biodata Pelamar. Pada form ini dilengkapi Alamat Domisili, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Kawin dan Nomor HP.
  4. Klik "Simpan" apabila data sudah lengkap.
  5. Setelah pelamar mengisi biodata, klik "Daftar" untuk melanjutkan proses pendaftaran instansi yang dituju.

3. Daftar Instansi

  1. Masuk halaman Form Pendaftaran SSCN. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di Pengumuman Instansi
  2. Pilih instansi yang dituju
  3. Klik "Cek" dan akan tampil form Pendaftaran. Apabila pelamar ingin mengganti Jenis Formasi dan Instansi yang dituju, klik "Daftar" kembali untuk mereset bagi instansi yang menggunakan SSCN. Sedangkan instansi yang tidak menggunakan SSCN, hanya dapat sekali klik tombol  "Cek", data akan tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak dapat merubah instansi tersebut.
  4. Instansi yang tampil adalah instansi yang sudah buka pendaftarannya sesuai dengan Pengumuman dari instansi tersebut.
  5. Setelah yakin memilih instansi akan keluar notifikasi, klik OK untuk melanjutkan
  6. Masuk Form Pendaftaran
  7. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
  8. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
  9. Pilih Lokasi Kerja apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Kerja
  10. Pilih Lokasi Test apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Test
  11. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah.
  12. Isi Tanggal Ijazah dan Tahun Lulus sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
  13. Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih "Lainnya"
  14. Isi nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat.
  15. Isi Nomor Ijazah
  16. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil
  17. Sebelum klik "Daftar", pastikan bahwa Anda sudah yakin akan melamar di Instansi tersebut karena pelamar hanya dapat mendaftar di satu jabatan pada satu instansi dan satu periode. Pendaftar dapat mendaftar di instansi lain dengan periode (batch) yang berbeda
  18. Klik tanda "Kotak" dan klik "Daftar"
  19. Data pelamar akan masuk ke database SSCN 2017
  20. Bagi pelamar non SSCN 2017 (instansi yang tidak menggunakan SSCN 2017, atau menggunakan portal pendaftaran sendiri), setelah memilih instansi non SSCN akan dirujuk ke alamat portal instansi tersebut untuk menyelesaikan proses pendaftaran
  21. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu. 

4. Riwayat Pelamaran SSCN

1. Setiap pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dapat dilihat dan dicek statusnya di menu Riwayat berdasarkan:
  • a) Instansi: Instansi yang dilamar
  • b) Jenis Formasi: Jenis formasi sesuai dengan yang dipilih
  • c) Tanggal Daftar: tanggal daftar ketika pelamar mendaftar
  • d) Batch: periode yang dilamar
  • e) SSCN: keterangan apakah instansi menggunakan SSCN atau Non SSCN
  • f)  Status Administrasi: status proses administrasi pelamar
  • g) Registrasi: tombol untuk cetak Kartu Registrasi
  • h) Ujian: tombol untuk cetak Kartu Ujian apabila lulus verifikasi dan berhak mengikuti ujian CAT
  • i) Dokumen: tombol untuk mengunggah (upload) dokumen sebagai persyaratan pendaftaran sesuai dengan Pengumuman Instansi.
2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik "Cetak" pada kolom Registrasi.
3. Untuk melakukan upload dokumen, klik "Dokumen", kemudian akan tampil Form Upload Dokumen
  • a) Jenis dokumen akan tampil sesuai dengan keperluan instansi
  • b) Pilih dokumen yang akan di unggah (upload) pada komputer Anda klik "Choose File"
  • c) Dokumen yang diunggah harus berupa image (.jpg/.jpeg.png) atau berupa .pdf dengan maksimal 200 kilobyte
  • d) Nama dokumen akan tampil setelah dipilih
  • e) Klik "Upload" untuk menyimpan dan system akan memvalidasi dokumen tersebut
  • f) Setelah berhasil divalidasi dokumen akan tersimpan di sistem
  • g) Untuk membatalkan, klik "Kembali"

5. Kartu Ujian

Untuk mencetak Kartu Ujian, pilih kolomnya kemudian klik "Cetak" pada kolom Ujian. Kartu Ujian dapat dicetak bagi pelamar yang lulus verifikasi sebagai bukti untuk melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.
Tentunya cara pengaduan NIK bermasalah saat mendaftar di sscn.bkn.go.id tidak sulit untuk dilakukan bukan? Pastinya terdapat berbagai cara untuk anda, jika anda mengalami kendala dalam NIK online CPNS 2017 di sscn.bkn.go.id. Mengingat pentingnya pendaftaran cpns akan segera berakhir di bulan Agustus 2017, maka anda harus secara semaksimal mungkin dalam melakukan pendaftaran diri. Jadi, jika anda mengalami kendala, anda bisa langsung bertanya dan melakukan pengaduan kepada panitia CPNS. Semoga berhasil dan lancer dalam seleksi administrasi tersebut dan sukses untuk anda.

Description
: Panduan Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar dan lengkap
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Panduan Cara login di sscn.bkn.go.id dengan benar dan lengkap

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.