www.cpns2016.com | Indonesia ~ Kabar baik bagi yang punya cita-cita menjadi CPNS atau abdi negara di tahun 2018 sebab belum masuk awal tahun ini pemerintah telah memastikan bahwa ada bukaan CPNS di tahun 2018, lalu apa saja formasi CPNS 2018 yang dibuka? Ada sekitar 100 ribu lowongan CPNS 2018 tersebut dan berikut Rincian Formasi 100.000 Lowongan CPNS Tahun 2018.

formasi cpns 2018
formasi cpns 2018

Dibandingkan tahun 2017 lalu maka di tahun 2018 ini pemerintah membuka lebih banyak peluang CPNS karena tidak hanya dari kementerian saja melainkan ada lowongan CPNS 2018 Guru dan juga CPNS Kesehatan yang jumlahnya paling banyak, kemudian sistem bukaan tidak hanya berlangsung di pemerintah pusat melainkan akan berlangsung juga di daerah yang telah ditentukan oleh Menpan.

Lalu daerah apa saja yang akan membuka lowongan CPNS 2018 ini? Setidak ada 11 Kabupaten yang telah memastikan diri membuka rekrutmen CPNS 2018, bisa lihat di Pendaftaran CPNS 2018 11 Kabupaten.

Banyaknya lowongan yang dibuka pada tahun 2018 tidak lepas dari hitung-hitungan hasil analisan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terhadap jumlah pegawai yang pensiun, pensiun artinya berkurang maka untuk memenuhi itu harus ada pegawai baru yang menggantikan namun jumlah pendaftar yang nantinya diterima dalam bukaan CPNS 2018 tidak sebanyak jumlah yang pensiun mengingat APBD masing-masing daerah yang berbeda dan jumlah penerimaan CPNS tahun 2018 adalah 50 persen atau setengah dari total jumlah pegawai negeri yang pensiun di seluruh Indonesia.

Diketahui bahwa jumah pegawai pensiun tersebut kurang lebih 200.000 ribu orang, artinya 50% dari jumlah tersebut adalah 100.000, dan jumlah inilah yang akan masuk dalam formasi CPNS 2018 yang terdiri dari CPNS Kementerian, CPNS Pusat dan daerah.

Lalu lowongan apa saja di 100 ribu formasi tersebut? Mengenai hal ini Menteri Asman belum mengungkapkan detail formasi hanya saja beliau pernah mengungkapkan salah satu dari banyak formasi tersebut adalah untuk memenuhi kekurangan kuota dalam formasi CPNS sebelumnya baik itu CPNS gelombang 1 yang dibuka pada September 2017 dan juga Gelombang 2 yang baru saja berakhit.

Dan untuk daerah tidak semua provinsi, kota dan kabupaten dapat melakukan perekrutan CPNS 2018 meskipun di daerah tersebut banyak pegawai yang pensiun, harus ada APBD untuk membackup anggaran belanja pegawai di daerah tersebut dengan status minus growth.

Simak informasi tentang rincian formasi CPNS 2018 tersebut di SSCN BKN 2018.

Jumlah CPNS 2018 sebanyak 100 ribu itu menurut Menpan merupakan jumlah minimal yang akan diterima untuk menggantikan PNS yang pensiun, ini berarti bisa lebih dari itu bahkan bisa saja kurang karena ada beberapa faktor yang harus dipenuhi oleh daerah sebelum merekrut CPNS baru.

"Kami berharap tahun 2018 akan menerima minimum 50 persennya, artinya lebih kurang 100 ribu lebih akan kami terima jadi PNS, termasuk Pemerintah Daerah," kata Asman usai memberikan pengarahan di Musrenbang RPJMD DKI Jakarta 2017-2022, Rabu (27/12).

Sebagai contoh, di ibukota negara misalnya, Pemprov DKI agar membuka formasi CPNS 2018 hanya di lowongan yang benar-benar dibutuhkan saat ini, sehingga ditemukan posisi prioritas dalam bukaan CPNS 2018 DKI Jakarta adalah di tenaga kesehatan, seperti dokter dan bidan, serta tenaga pendidik ditambah dengan rekrutmen khusus untuk formasi yang dapat mendukung program kerja Gubernur Anies Baswedan.

"Misalnya di bidang infrastruktur, bidang pengairan, kita butuh betul-betul pegawai yang sesuai dengan program kerja yang akan diluncurkan Pak Gubernur," kata Asman.

Asman kemudian menegaskan bahwa di lowongan CPNS kali ini proses seleksi akan berlangsung sanagt ketat dengan mengutamakan kriteria kualitas agar dapat memperoleh pegawai baru yang benar-benar kompeten, tidak akan ada sistem 'orang dalam' dalam rekrutmen CPNS 2018 dan penerimaan berbasis nepotisme sangat dilarang dalam seleksi CPNS tahun 2018.

"Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes. Untuk itu saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini, bahwa sistem rekrutmen harus kami perbaiki dan ini sudah kami mulai dari tahun 2017 kemarin," kata Asman.

Sistem CPNS 2018 yang anti nepotisme ini diharapkan membuka peluang untuk unjuk kelebihan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh masing-masing peserta CPNS, dan juga sistem yang transparan ini akan membuka peluang yang sebesar-besarnya bagi semua masyarakat tanpa memandang latar belakang keluarga pelamar, semua bisa bersaing agar lulus CPNS 2018.

Di tahun sebelumnya Kemenpan-RB telah membuka formasi sekitar 37 ribu untuk lebih dari 60 kementerian dan lembaga dengan rincian sebagian dari 37 ribu merupakan lowongan CPNS khusus yakni bagi lulusan cumlaude.

Ternyata tidak semua lowongan itu terpenuhi karena yang lulus merupakan yang memenuhi standar passing grade CPNS, padahal jumlah pendaftar tidak tanggung-tanggung yakni 2,6 juta orang.

Hal ini menggambarkan bahwa seleksi CPNS setiap tahunnya berlangsung ketat dan dengan standar yang tinggi, lihat saja dari 2,6 juta orang masih belum cukup memenuhi kuota 37 orang, artinya jutaan orang tidak mampu mencapai passing grade yang telah ditetapkan, untuk penjelasan mengenai passing grade, bisa cek informasinya di Passing Grade CPNS.

Description
: Rincian Formasi 100.000 Lowongan CPNS Tahun 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Rincian Formasi 100.000 Lowongan CPNS Tahun 2018

Kirim Berita CPNS Terbaru ke Email:

  • Cek Email
  • Klik Link Verifikasi

Info CPNS 2017

Info CPNS 2017
Perhatian!!! CPNS2016.Com tidak terkait dengan Pemerintah, Instansi Menpan maupun Panitia CPNS, untuk informasi resmi CPNS 2017 silahkan cek www.menpan.go.id atau Reg.Panselnas.id, terima kasih.